Pengertian Daily Active Users

PENGERTIAN DAILY ACTIVE USERS

Bagi kamu yang sedang mencari infromasi mengenai pengertian daily active users & monthly active users beserta cara meningkatkannya, kamu bisa baca artikel berikut ini!

Daily active users atau sering kita sebut sebagai DAU merupakan salah satu matriks terpenting bagi perusahaan yang berberak di bidang website atau sejenisnya.

Sedangkan untuk monthly active users atau sering disebut sebagai MAU merupakan penjumlahan semua visitor baru yang masuk selama 1 bulan kebelakang. Misalnya ada satu visitor baru yang melakukan kunjungan sebanyak 1x di website, maka visitor tersebut sudah menyumbang 1 monthly active useres pada bulan tersebut.

Nah, semakin banyaknya DAU & MAU yang masuk, maka akan semakin bagus pula perusahaan tersebut dalam mengembangkan produknya. Inilah alasan mengapa saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan DAU & MAU dalam jumlah besar.

Pengertian Daily Active User

Pada dasarnya, daily active users atau DAU adalah jumlah total visitor yang mengunjungi website atau aplikasi dalam satu hari.

Sebagian besar perusahaan SaaS atau software as a service menggunakan parameter daily active users untuk mengukur tingkat keberhasilannya.

Kata active users yang sedang kami bahas disini mengacu pada seorang pengguna (visitor) unik yang datang berkujung.

Penganggapan active users ini berbeda-beda sesuai dengan industri apa dan produk apa yang dikeluarkan.

Nah, berikut ini beberapa contohnya :

  • Blog : Berkunjung dan membuka setidaknya 1 halaman artikel atau beranda
  • Aplikasi Game : Bermain game atau membuat akun game
  • Aplikasi Keuangan : Melihat laporan keuangan, membuka akun dan menyusun budget

Sebenariya, daily active users sendiri memiliki berbagai macam arti. Bisa menjelaskan tentang keberhasilan merketing, penjelasan produk hingga prilaku dari pengguna.

Dilansir dari situs Adjust, daily active users berbanding lurus dengan pendapatan. Maksudnya, semakin banyaknya pengguna yang aktif, maka pendapatan perusahaan tersebut akan semakin banyak.

Meskipun demikian, beberapa perusahaan belakangan ini salah untuk mengartikan daily active users. Mereka bersikukuh memperbanyak daily active users tanpa memahami tujuan sebenarnya.

Padahal, daily active users harus dimanfaatkan sebagai ukuran dalam meraih tujuan yang dimiliki perusahaan.

Makna Di Balik Angka Daily Active User

Perlu kamu ketahui bahwa setiap perusahaan berhak untuk menentukan berapa targetan daily active users yang ingin dicapai. Jadi, semua itu bisa kamu sesuaikan dengan tujuan dan perkembangan produk yang kamu miliki.

Seiring berlajannya waktu, targetan akan daily active users juga bisa berubah. Jika kamu sedang meluncurkan produk baru, kamu bisa memilih targetan daily active users yang rendah terlebih dahulu.

Jika sudah berjalan dalam periode tertentu, kamu bisa menaikkan targetan daily active users nya.

1. Tinggi

Sebagai contoh, kamu sedang menargetkan daily active users untuk produk aplikasi barumu sebesar 260. Dan pada hari tertentu, ada 320 daily active users yang login di aplikasimu.

Ini menunjukkan bahwasannya angka daily active users berada dalam batas yang wajar.

Tapi dengan seperti itu, apakah ada maknanya bagi perusahaanmu? Tentu saja ada!

Dari angka tersebut, berarti perkembangan produk yang kamu miliki cukup baik. Dan kamu juga sudah berhasil untuk membuat keterikatan antara audiens dengan aplikasimu.

2. Rendah

Jika target daily active users mu lebih rendah dari target yang sudah kamu tentukan, itu artinya kamu sedang mengalami churn.

Ini bisa terjadi karena sedikitnya pengguna atau active  users yang login dan tidak melakukan tindakan satupun pada aplikasi yang kamu miliki.

Kalau sudah seperti ini, kamu harus mencari tau apa yang menjadi penyebab ini semua.

Apakah aplikasi yang kamu miliki benar-benar dibutuhkan? Apakah aplikasimu mudah ditemukan? Atau, apakah pemasaran aplikasimu sudah maksimal?

Cara Meningkatkan DAU & MAU

Setelah kamu mengetahui betapa pentingnya daily active users ini dalam perkembangan bisnis, pasti kamu ingin mengetahui tentang cara meningkatkannya bukan?

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu beberapa cara meningkatkan daily active users dan monthly active users.

1. Maksimalkan upaya customer success

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, daily active users yang rendah bisa saja terjadi karena adanya churn. Nah, masalah ini bisa kamu selesaikan dengan teknik customer success.

Apa maksudnya? Itu adalah upaya yang harus kamu lakukan untuk memastikan para pelanggan berhasil memenuhi kebutuhannya saat menggunakan aplikasimu dan layananmu.

Langkah pertama, kamu harus bisa menemukan tujuan apa yang sedang di kejar oleh pelanggan. Kemudian, temukan solusi terbaik untuk membantunya.

2. Buat pengguna kembali menggunakan bisnismu

Perlu kamu ketahui bahwa mencari pengguna baru bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk mencari pengguna baru, kamu harus melakukan upaya yang bersar dan berkali-kali lipat.

Maka dari itu kamu harus bisa mempertahankan pengguna lama. Jika kamu ingin mereka terus menggunakan jasamu, maka maksimalkanlah produk yang kamu miliki.

Ini akan meningkatkan daily active users secara jangka panjang.

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan kami mengenai pengertian daily active users & monthly active users beserta cara meningkatkannya.

Dengan adanya artikel ini, kami harap kamu sudah mengetahui dan mengerti akan pentingnya daily active users pada perkembangan bisnis kamu.

Terimakasih!

Terus kunjungi abduweb untuk mendapatkan informasi seputar bisnis.

Aldo Faisal Umam
I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.