Tools Marketing Yang Bisa Menghemat Biaya Pemasaran Bisnismu

17 Likes Comment
Tools Markteing Gratis

Salah satu pengeluaran besar dalam bisnis adalah biaya pemasaran. Sayangnya tidak semua orang mengganggarkan secara khusus untuk proses marketing di usahanya. Banyak alternatif yang bisa gunakan untuk mengatasi hal tersebut seperti menggunakan tools marketing gratis.

Tolls tersebut bisa kita manfaatkan untuk promosi dan pemasaran produk agar menekan biaya promosi dan lebih menghemat.

Kadangkala kita punya rencana besar untuk bisnis kecil yang sedang dirintis, tetapi anggaran  pemasaran kecil bahkan tidak ada. Hal tersebut banyak terjadi dan khususnya pada usaha – usaha kecil atau yang sedang berkambang. Menurut laporan Wasp Barcode Small Business Report, 42% dari usaha kecil menginvestasikan 3% atau kurang dari pendapatan mereka ke pemasaran.

Tapi mungkin saja itu bukan masalah besar. Dengan alat pemasaran ini, Anda bisa mempromosikan bisnis Anda secara gratis. Dengan begitu Anda tetap bisa menjalankan bisnis dengan tanpa memikirkan biaya pemasaran yang besar. Anda juga bisa menghemat biaya pemasarandengan bantuan tools email marketing

Beberapa tools marketing gratis ini direkomendasikan oleh Brian Sutter dan bisa jadi sesuai bagi kebutuhan marketing Anda. Berikut ini adalah alat pemasaran gratis yang bisa menghemat anggaran usaha Anda.

1. Buffer

Image: Buffer.com

Tools ini memang tidak gratis sepenuhnya, namun Anda bisa mencobanya saat masa trial untuk membantu proses marketing. Buffer memungkinkan Anda menjadwalkan posting media sosial. Paket gratis mereka berfungsi hingga tiga akun media sosial. Anda dapat menjadwalkan hingga sepuluh pos untuk setiap akun.

2. HootSuite

Image: Hootsuite.com

HootSuite adalah alat penjadwalan media sosial populer lainnya. Anda tidak perlu menggunakan Buffer dan HootSuite sekaligus, tetapi pintar untuk mencoba keduanya dan melihat mana yang paling Anda sukai. Hampir sama dengan tools marketing sebelumnya, karena HootSuite juga berbayar. Anda dapat memanfaatkannya pada masa trial.

3. Chatfuel

Image: Chatfuel.com

Sebagai web penjualan maka webiste Anda membutuhkan chat otomatis atau chatbot. Chatfuel mungkin bisa membantu Anda. Tidak perlu keahlian pemrograman untuk membangun chatbot. Meskipun ada banyak alat gratis untuk membuat chatbots, Chatfuel adalah salah satu yang lebih baik.

4. Gifmaker

Salah satu alat marketing adalah visual yang menarik, termasuk gambar bergerak atau Gif yang menerangkan sebuah produk Anda. Dengan menggunakan Gifmaker Anda bisa membuat gambar Gif secara gratis dan cepat bahkan kurang dari lima menit.

5. Imgflip

Tentu kita membutuhkan gambar menarik untuk postingan di medsos kita, salah satu yang ramai adalah gambar meme. Imgflip memabntu Anda membuat meme dengan cepat karena tersedia puluhan alat yang bisa Anda pilih.

6. Loom

Buatlah video dukungan pelanggan dengan merekamnya secara gratis melalui Loom. Tentu ini akan lebih menarik bagi konsumen. Dengan Loom merekam dan membuat video menjadi lebih mudah.

7. Shortstack

Tools Marketing Gratis
Image: Shortstack.com

Jadikan mengeloa Fanspage Facebok lebih menarik. Dapatkan Lebih Banyak Petunjuk dari Kampanye Pemasaran Anda baik itu kontes, hadiah, halaman arahan, maupun kuis. Buat dalam beberapa menit yang tampak luar biasa dan berfungsi dengan sempurna.

Mungkin tidak semua alat bantu pemasaran online di atas dapat Anda gunakan semuanya, maka pilihlah yang paling bisa Anda gunakan dan sesuai dengan usaha Anda. Tapi, jika bisa semua Anda gunakan apa salahnya dicoba satu persatu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *