Cara Investasi Emas yang Tepat dan Menguntungkan Bagi Pemula

10 Likes Comment
cara investasi emas

Kapan waktu yang tepat untuk investasi? Sekarang juga dong bos. Tapi temen – temen kadang masih mikir, kan ivestasi juga harus ada modalnya. Tenang bos, saat ini banyak cara untuk investasi. Termasuk diantaranya investasi emas logam mulia yang bisa kita mulai hanya dengan uang Rp. 10.000 bahkan bisa juga mulai dengan Rp. 500. Karena sudah banyak platform digital atau aplikasi yang menawarkan cara investasi emas lebih mudah.

Saya termasuk orang pernah melakukan investasi emas dari tahun 2017, bahkan sampai hari ini. Pada waktu itu harga emas masih 500 ribuan dan sekrang sudah 700 ribuan. Kenapa memilih emas? Sebenarnya emas lebih aman aja. Kemudian dari trend nya cenderung menguntungkan, resikonya kecil, mudah untuk dijual dan masih banyak lagi. Tentang kenapa kita harus investasi emas coba baca artikel pada tautan ini.

Karena saya termasuk orang yang susah nabung dalam bentuk uang, maka saya paksakan untuk nabung dalam bentuk emas. Malah bukan nabung tapi nyicil emas. Tujuan utama adalah bukan cari keuntungan tapi bagaimana caranya agar punya dana untuk bisa dimanfaatkan dikemudian hari. Karena kalau mau untung cepat di emas ga bisa, maka pola nya adalah investasi.

Tips dan Cara Investasi Emas Yang Tepat Untuk Pemula

Catat, berapapun saat ini usia kita usahakan sudah mulai berinvestasi dan memiliki investasi dalam hal apapun. Apalagi masih muda. Berapapun kita punya uang selalu ada kebutuhan yang menyertainya atau gampangnya kebutuhan pasti ada terus. Maka cara investasi emas berikut ini bisa jadi opsi bagi temen – temen yang mau berinvestasi dan menyiapkan dana untuk jangka panjang.

Pertama, Investasi Dengan Cara Nabung Emas

Cara ini secara pribadi sudah saya lakukan, karena kemudahan yang diberikan platform digital dalam investasi emas. Kita bisa nabung mulai dari Rp. 10.000 seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Karena kalau jaman dulu kita harus beli emas dalam jumlah 0,5 atau 1 gram, sekarang bisa beli dalam jumlah yang sangat kecil yaitu 0,01 gram.  Jika lihat harga per tanggal 06 Oktober 2019 harga pada platform indogold untuk 0,01 gram adalah sekitar Rp. 7.114. Murah banget kan.

cara investasi emas
Sumber: Indogold.com

Maka pilihan untuk nabung emas ini sangat recomended untuk temen – temen yang pemula dalam investasi emas. Jika kita mampu menyisihkan gaji setiap bulanya (jumlahnya terserah), maka perlahan kita punya dana untuk jangka panjang.

Kedua, Investasi Dengan Cara Nyicil Emas

Tentang nyicil emas, saya punya pengalaman. 2017 lalu pernah punya 10 gram dengan cara nyicil emas. Baru dua bulan yang lalu saya coba lagi nyicil emas lewat pegadaian. Waktu itu harga untuk 10 gramnya sekitar Rp. 7.500.000. Harga tersebut belum termasuk DP yaitu Rp 400.000 jadi total harga sekitar 7,9 juta an lah. Dicicil 6 kali dan perbulanya 1,1 Jutaan. Lebih mahal memang.

investasi emas pegadaian
Sumebr: Pegadaian.co.id

Nah, kelemahan di nyicil emas ini adalah kita harus bayar lebih dari harga aslinya sebagai keuntungan bagi platform atau perusahaan tempat kita nyicil, ya sama lah kaya nyicil motor. Tapi keuntungan kita bisa beli dengan harga sekarang sekalipun harga emas 3 atau 6 bulan kedepan naik drastis (harapanya). Kemudian bagi temen – temen yang punya gaji lebih setiap bulanya maka dengan cara nyicil kita investasi jadi bisa lebih disiplin perbulannya. Karena dipaksa bayar cicilan.

Ketiga, Investasi Dengan Cara Beli Emas

Ingat, saya ulangi lagi ini emas yang dimaksud adalah logam mulia bukan perhiasan. Kalau logam mulai 99,9% emas atau emas murni. Kalau belum tahu soal logam mulia coba baca – baca dulu di google. Karena cara beli emas ini jangan sampe nanti temen – temen malah beli kalung. Jadi salah sambung dong.

Oke, untuk beli emas juga bisa jadi pilihan bagi yang berduit cukup. Karena pecahan emas logam mulia paling kecil adalah 0,5 gram atau harganya sekitar 350 ribuan. Cara ini kita bisa untung jika di julan di kemudian hari jangka satu atau dua tahun. Tapi jika tujuannya hanya untuk berjaga – jaga juga lebih aman, suatu saat butuh dana maka emas yang tadi kita punya bisa dijual dengan mudah.

Investasi logam mulia
Sumber: logammulia.com

Untuk bisa mendapatkan emas logam mulia bisa beli di Galeri 24, ada di setiap kota biasanya. Atau bisa di butik emas pulogadung. Lebih jelas anda bisa cek dulu di websitenya antam. Sebagai informasi harga emas di Galeri 24 per tanggal 04 Oktober 2019 untuk pecahan 0,5 gram adalah Rp. 415.000. Sedangkan di antam pecahan 0,5 gram pertanggal 06 Oktober 2019 harnganya Rp. 405.000.

Demikian cara dan tips investasi emas yang tepat dan menguntungkan. Ketiga cara diatas bisa teman – temen sesuaikan dengan kebutuhan maupun kemampuan secara keuangan. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *