Inilah 3 Aplikasi Untuk Investasi Emas Dan Perbandingan Harganya

13 Likes Comment
aplikasi-jual-beli-emas

Salah satu cara investasi emas logam mulia yang sangat populer adalah dengan melakukan pembelian emas secara langsung. Namun, ada cara yang ternyata lebih mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi jual beli emas. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk memiliki emas dengan dana yang sangat kecil.

Berdasarkan hasil riset bahwa investasi emas atau logam mulia masih menjadi yang paling diminati ketimbang investasi lainnya seperti deposito maupun reksadana. Selain itu kenaikan harga emas yang terus meningkat sepanjang tahun turut menjadi faktor yang mempengaruhi, ditambah dengan tingkat resiko yang sangat kecil.

Seperti yang sudah diulas pada artikel sebelumnya bahwa ada tiga cara investasi emas, yang secara konvensional adalah melalui pembelian langsung baik ke pegadaian (galeri 24) atau ke butik emas dan toko emas. Namun kini jual beli emas bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi.

Sebelum anda membeli melalui aplikasi, disarankan untuk cek terlebih dahulu baik dari segi harga maupun kemudahan dan fitur yang ditawarkan. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan temen – temen.

Daftar Aplikasi Jual Beli Emas Secara Online

Sebelum kita menuju ke aplikasi, ketahui dulu soal harga. Saat membeli emas pastikan mendapat harga termurah, dan saat jual emas pastikan dapat harga termahalnya.

Nah, untuk membantu memudahkan temen – temen mengecek beberapa aplikasi untuk investasi emas online tersebut kita uraikan dalam review dan perbandingan harga antar aplikasi jual beli emas berikut ini:

1. Aplikasi Pegadaian Digital

Aplikasi ini jelas terpercaya, karena ini adalah perusahaan BUMN. Tidak usah terlalu lama mengecek keamanan untuk menggunakan aplikasi ini. Mari kita cek harga dan layanan yang ada didalamnya.

Fiturnya tidak hanya emas, tapi kita fokus hanya bahas soal emasnya aja. Di aplikasi pegadaian produknya adalah:

Pertama adalah nabung emas, yang isinya adalah beli, jual, gadai, cetak dan transfer emas. Kedua adalah pembiayaan logam mulia yaitu kita bisa nyicil emas dengan pilihan mulai dari 1 gram sampai 25 gram.

aplikasi jual beli emas pegadaian
Sumber: Pegadaian Digital (Aplikasi)

Harga pembelian emas melalui aplikasi pegadaian per 1 gramnya adalah Rp. 716.000,- dengan harga jualnya sebesar Rp. 694.000,- (harga pertanggal 12/10/2019). Jika dibandingan aplikasi indogold harga beli di Pegadaian ini lebih mahal namun harga jualnya bagus.

Sebagai informasi bahwa aplikasi di Pegadaian ini untuk dapat membuat tabungan kita harus memiliki rekening terlebih dahulu yang dibuat di kantor Pegadaian terdekat. Agak ribet dibanding aplikasi lainnya.

2. Aplikasi Indogold

Secara pribadi saya saat ini masih punya tabungan emas di Indogold ini. Hal yang membuat tertarik adalah promo dan voucer yang terus diberikan. Misalnya untuk pengguna baru kita bisa dapat potongan 50 ribu. Atau di bulan – bulan tertentu kita bisa dapat potongan 50 hingga 100 ribu.

Sudah ada sekitar 4 kali saya transaksi di Indogold dan semunya dapat potongan 50 rb dan 100 rb.

Tidak hanya soal di atas. Aplikasi ini juga memberikan harga yang lebih murah di banding emas dari aplikasi lainnya. Bisa temen temen cek sendiri harganya.

aplikasi emas indogold
Sumber: Aplikasi Indogold

Pertanggal 12/10/2019 harga 1 gramnya adalah Rp. 703.274,- dan harga jualnya adalah Rp. 674.500. Menurut saya ini lebih murah di banding Pegadaian atau BukaEmas maupun Tamasia. Tapi memang kekurangan nya pada harga jual yang juga terlalu murah dibanding aplikasi lain.

3. Aplikasi Bukalapak BukaEmas

Siapa yang tidak tahu Bukalapak. sepertinya kebanyakan kita sudah tahu. Nah, di Bukalapak ini ada fitur untuk investasi emas yaitu BukaEmas. Aplikasi ini kita tidak perlu melakukan registrasi lagi jika kita sudah punya akun Bukalapak. Tinggal mulai saja transaksi nabung emas atau nyicil emas.

Bukalapak membuka layanan investasi emas ini bekerjasama dengan Indogold sebagai perusahaan penyedia emasnya. Tapi, walaupun emasnya berasal dari Indogold di BukaEmas harganya berbeda dengan indogold. Mari kita cek.

aplikasi bukaemas
Sumber: Aplikasi Bukalapak

Untuk pembelian 1 gram emasnya dihargai Rp. 728.318,- dan untuk harga jualnya sebesar Rp. 692.265,- (harga pertanggal 12/10/2019).

Jika di bandingkan dengan aplikasi Indogoldnya langsung harga belinya lebih mahal di BukaEmas padahal sumbernya sama. Pasti kebanyakan orang memilih beli di Indogold yang ada selisih sekitar 25 ribuan. Sebagai informasi saya juga memiliki tabungan di BukaEmas tapi sudah saya jual semua.

Beberapa aplikasi diatas sudah saya gunakan sebelumnya. Artinya sudah saya coba sendiri. Harga yang disajikan adalah yang sesuai dengan tanggalnya. Setiap harinya bahkan jamnya akan ada perubahan harga. Selamat mencoba dan pastikan beli dan jual dengan harga terbaik.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *