Contoh Bisnis Plan dan Cara Membuatnya

9 Likes Comment
contoh bisnis plan

Apakah Anda ingin sekali mendirikan sebuah bisnis tapi bingung bagaimana cara untuk memulainya? Anda harus memulainya dengan membuat sebuah bisnis plan. Banyak contoh bisnis plan yang bisa membantu Anda dan yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Bisnis plan atau business plan sering digambarkan sebagai dokumen yang menguraikan serangkaian tujuan bisnis, alasan yang diyakini dapat dicapai, dan rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Gampangnya bisa disebut sebagai perencanaan bisnis atau usaha.

Bisnis plan juga dapat dipahami sebagai garis besar ide bisnis Anda. Kemudian tujuan Anda atau apa yang ingin Anda capai dengan bisnis dan bagaimana Anda berencana untuk mencapai tujuan-tujuan ini.

Merumuskan sebuah rencana bisnis baik itu di bidang perusahaan jasa, laundry, klinik kesehatan, apotek dan sebagainya, ada baiknya tetap memiliki sebuah bisnis plan. Agar bisnis terencana.

Selain membuat bisnis plan, Anda juga harus memiliki strategi bisnis yang benar. Untuk ulasan tentang strategi bisnis bisa baca artikel lainnya, disini

Pengertian Bisnis Plan

Definisi bisnis plan adalah sebuah rencana tindakan untuk operasi bisnis yang memiliki tujuan menciptakan dan menumbuhkan laba. Bisnis plan baik itu di bidang makanan ringan, UKM, fashion, jasa pendidikan, semuanya diperlukan untuk setiap usaha.

contoh bisnis plan

Bisnis plan memiliki 3 tujuan utama yakni membentuk rencana strategis untuk inisiatif bisnis di masa depan, berfungsi sebagai tolak ukur dari keberhasilan bisnis dan rencana ekspansi, dan penjelasan bisnis untuk tujuan meningkatkan modal.

Bisnis plan dapat sangat bervariasi tergantung pada pencipta, industri, operasi, kebutuhan, fase dalam siklus bisnis, dan banyak lagi.

Pada akhirnya, istilah bisnis plan digunakan untuk menggambarkan segudang dokumen tertulis yang menjabarkan rencana yang dimiliki bisnis untuk masa depan.

Meskipun demikian, tujuannya tetap sama; menciptakan keuntungan bagi para pemegang saham perusahaan. Rencana bisnis yang baik adalah rencana yang akan berfungsi sebagai panduan atau referensi di sepanjang kehidupan bisnis Anda.

Bisnis plan arus berkembang atau mungkin berubah sepenuhnya, dan itu penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Jika Anda benar-benar ingin sukses dalam bisnis, perencanaan harus menjadi bagian dari semua yang Anda lakukan.

Mengapa Bisnis Plan Sangat Penting?

Sebelum Anda menulis bisnis plan Anda, penting untuk memahami tujuan menciptakannya. Ada tiga alasan utama mengapa Anda harus memiliki bisnis plan:

1. Menetapkan Fokus Bisnis

Tujuan utama dari bisnis plan adalah untuk menetapkan rencana Anda untuk masa depan entah Anda akan membuka clothing, barbershop, cafe kopi dan sebagainya, rencana ini harus mencakup tujuan atau panduan bersama langkah-langkah rinci tentang bagaimana bisnis akan mencapai setiap langkah.

Proses menciptakan peta jalan untuk tujuan Anda akan membantu Anda menentukan fokus bisnis dan mengejar pertumbuhan.

2. Membantu Anda Mendapatkan Dana

Salah satu hal pertama yang dicari oleh investor, bank atau pemberi pinjaman lain sebelum berinvestasi dalam bisnis adalah bisnis plan yang diteliti dengan baik.

Investor ingin tahu bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda, apa proyeksi pendapatan dan pengeluaran Anda, dan yang paling penting, bagaimana mereka akan menerima pengembalian investasi mereka.

3. Mengetahui Rencana Aset Bisnis

Dengan bisnis plan, maka itu sangat membantu Anda untuk memutuskan apa yang akan terjadi dalam jangka panjang, yang nantinya akan menjadi input penting mengenai aset bisnis yang harus Anda beli atau sewa.

Cara Membuat Bisnis Plan

Detail spesifik yang Anda masukkan dalam rencana bisnis sangat bergantung pada siapa yang melihat bisnis plan Anda.

contoh bisnis plan

Jika Anda mencoba mendapatkan pendanaan dari luar, memberikan gambaran lengkap tentang arus kas, pengeluaran, dan proyeksi Anda sangat penting. Contoh bisnis plan lengkap dibutuhkan untuk menarik para investor.

Jika audiens Anda ditujukan untuk karyawan, buat contoh bisnis plan jasa atau layanan dengan versi yang lebih pendek.

Berikut adalah cara membuat sebuah bisnis plan yang bisa digunakan untuk membuka bisnis pertanian, perumahan, fotografi, bahkan makanan unik atau warung bakso sekalipun:

1. Tulis Ringkasan Bisnis Plan

Pertama dan terutama, Anda  harus memberikan gambaran umum bagi pembaca mengenai ringkasan bisnis plan Anda.

2. Deskripsi Perusahaan

Bagian ini sangat penting ketika mengamankan pendanaan karena memberikan tinjauan tingkat tinggi tentang sejarah Anda, struktur hukum bisnis, produk / layanan Anda, mitra utama, dan ringkasan tujuan keuangan dan bisnis Anda.

3. Produk dan Layanan

Bisnis plan juga harus mencakup deskripsi terperinci tentang produk atau layanan bisnis yang diberikan. Bagian ini harus menggambarkan bagaimana produk bermanfaat bagi target pelanggan Anda.

4. Analisis Pasar

Di bagian ini, Anda benar-benar hanya perlu menjelaskan dua hal: yaitu kebutuhan pasar dan bagaimana produk dan layanan Anda memenuhi kebutuhan itu.

Termasuk segmen pelanggan yang ditargetkan, statistik industri, data pemasaran terkait, dan pemeriksaan menyeluruh tentang kekuatan dan kelemahan pesaing Anda.

5. Tim Manajemen

Sebelum ada orang yang berinvestasi di perusahaan Anda, investor pasti ingin tahu siapa yang menjalankan bisnis. Sertakan bagan organisasi dengan deskripsi dan informasi departemen mengenai pemilik, karyawan kunci, tim manajemen, anggota dewan, penasihat, dan lainnya.

6. Rencana Keuangan

Bagian terakhir dari rencana bisnis Anda harus dibuat dengan bantuan seorang akuntan profesional.

Sertakan laporan keuangan penting, seperti sejarah data keuangan dari tiga hingga lima tahun terakhir, prakiraan anggaran realistis selama lima tahun ke depan dan analisis semua data keuangan Anda.

Contoh Bisnis Plan Sederhana

Setidaknya dalam bagian ini dicontohkan dua contoh bisnis plan sederhana, yaitu bisnis plan makanan dan bisnis plan start up. Simka uraiannya berikut ini:

Pertama, Contoh Bisnis Plan Makanan

Berikut adalah contoh bisnis plan kewirausahaan dengan mendirikan sebuah bisnis frozen food yang sehat.

Contoh di bawah ini juga bisa digunakan untuk Anda yang ingin membuka bisnis restoran atau bisa juga bisnis minuman seperti kedai kopi.

1. Ringkasan Bisnis

Mami Frozen Food adalah perusahaan jasa makanan yangmenyediakan menu frozen food non MSG berdasarkan resep makanan yang dijamin enak tanpa MSG dengan berbagai macam produk makanan.

2. Pengelolaan

Kami percaya bahwa tim Manajemen Mami Frozen Food memiliki banyak pengalaman di segmen protein nabati dan hewani.

Kami berniat untuk bekerjasama dengan menambahkan kekuatan manajemen bersama tim (tulis nama investor).

3. Masalah Pelanggan

Pelanggan yang sadar akan kesehatan mencari alternatif makanan enak dengan harga terjangkau mudah disiapkan dan memiliki manfaat kesehatan yang besar.

4. Produk / Layanan

Mami Frozen Food membuat makanan enak menjadi sederhana dan mudah. Kami melayani makanan seperti bakso, telur, daging, roti, sosis, tempura dan sebagainya.

5. Sasaran pasar

  • Ibu rumah tangga
  • Karyawan
  • Mahasiswa

6. Strategi Penjualan

  • Mendorong ekspansi geografis.
  • Meningkatkan ukuran pesanan rata-rata dengan menambahkan item bahan makanan.
  • Mengekspor bisnis ke pasar baru.

Kedua, Contoh Bisnis Plan Startup

Berikut adalah contoh sederhana bisnis plan dengan mendirikan sebuah bisnis startup e-commerce:

1. Ringkasan Perusahaan

FireStarters adalah e-commerce yang populer untuk anak muda secara lokal yang  fokus pada pemasaran produk kepada target pelanggan di kota-kota kecil dengan populasi antara 100.000 dan 150.000 penduduk.

2. Produk

FireStarters menawarkan produk dan pakaian yang berorientasi pada kaum muda berikut:

  • Sepatu
  • Jaket
  • Kemeja
  • Celana
  • Tas
  • Topi
  • Kaos
  • Hijab

3. Ringkasan Analisis Pasar

Pakaian dan produk khusus anak muda telah tumbuh menjadi niche dalam industri pakaian. Popularitas Internet dengan kaum muda telah didokumentasikan dengan baik dan telah menghasilkan banyak keuntungan untuk bisnis online.

4. Strategi Penjualan

  • Meningkatkan jumlah visibilitas online shop dengan basis pelanggan target
  • Menggunakan bisnis lokal yang ada
  • Menambah banyak produk trendy

Demikian contoh sederhana pembuatan bisnis plan dan semua pemahaman tentang pentingnya memiliki bisnis plan saat akan memulai bisnis. Apapun itu bisnisnya. Untuk tahu bagaimana cara memulai bisnis, baca artikel di link ini.

Bisnis plan yang Anda miliki adalah alat yang akan Anda gunakan untuk meyakinkan orang lain bahwa bekerja dengan Anda atau berinvestasi dalam bisnis Anda adalah keputusan yang cerdas.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *