Bisnis Jajanan Anak SD Modal Kecil dan Menguntungkan

9 Likes Comment
bisnis jajanan anak sd

Coba ingat makanan-makanan anak SD apa yang paling Kamu sukai? Pasti ada banyak sekali bukan?. Ya, jajanan anak SD belakangan juga mulai kembali menjadi makanan favorit untuk anak-anak muda, bahkan saat ini jajanan anak SD bisa jadi peluang bisnis.

Peluang bisnis jajanan anak SD tersebut tidak hanya bisa dijual untuk anak-anak yang berada di Sekolah Dasar tapi juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak remaja bahkan dewasa.

Selain mudah, untuk memulai bisnis ini tergolong membutuhkan modal yang kecil. Tapi dengan potensi yang menguntungkan.

Namun, tetap ada hal yang harus ditekankan bahwa setiap usaha atau bisnis butuh proses untuk berkembang hingga menjadi besar.

Untuk  Anda yang ingin sekali berbisnis jajanan anak SD, di bawah ini ada beberapa peluang jajanan anak SD dengan omset yang mencapai puluhan juta perbulannya, dengan tetap memerlukan proses.

Untukmu jika kamu mahasiswa, bisa memiliki bisnis sendiri tanpa harus jualan jajanan SD. Ada banyak ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa kamu coba sambil kuliah.

Beberapa peluang dibawah ini termasuk diantaranya jajanan anak SD dengan modal kecil namun menguntungkan, apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini.

Peluang Bisnis Jajanan Anak SD

Terdapat 17 list ide jajanan anak SD yang bisa jadi peluang bisnis untuk temen – temen. Mungkin salah satunya cocok untuk mulai bisnismu.

1. Telur Gulung (Darlung)

bisnis jajanan anak sd
Sumber: Grid.id

Pertama, ada telur gulung. Pasti  Anda tidak bisa melupakan jajanan anak SD satu inikarena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Cara membuat telur gulung juga cukup mudah, Anda hanya membutuhkan telur gulung, sedikit air atau juga susu, garam kemudian kocok.

Tips  untuk bisa membuat telur tergulung adalah tuangkan banyak sekali minyak ke dalam wajan, tunggu hingga sedikit panas kemudian gunakan sendok dan tuangkantelur gulung ke dalam wajan dan gulung segera telurnya.

2. Sosis telur (Sostel)

Jajanan yang kedua ini Anda juga bisa mengkombinasikan sosis dengan telur gulung. Jadi Anda bisa menjual sosis yang bisa digulung dengan telur kalau ingin menjual sostel.

Anda bisa menjualnya dengan harga yang jauh lebih mahal dari telur gulung. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini sekitar 700.000an. Masih termasuk modal yang kecil untuk memiliki sebuah bisnis.

3. Mie Lidi

Siapa sih yang tidak mengenal mie lidi? Jenis jajanan anak SD satu ini sangat populer pada masanya bahkan hingga saat ini juga masih populer, bukan hanya untuk anak SD namun anak-anak remaja dan dewasa juga sering membeli makanan mie lidi.

Nah, Anda bisa menjual mie lidi dengan harga Rp 500 hingga 1000 per bungkusnya, bisa kamu mulai hanya dengan bermodalkan yang tidak sampai Rp 500.000.

4. Makaroni Kering

Sama halnya mie lidi, Anda juga memulai usaha jajanan anak SD modal kecil dengan makaroni kering. Modal yang Anda butuhkan cukup sekitar Rp 500.000 saja.

Anda bisa membeli makaroni kering online langsung 1 kg. Kemudian Anda bungkus di plastik kecil-kecil dan dijual dengan harga Rp1.000 atau 500-an.

5. Sosis Goreng

Sejak kehadirannya belasan tahun yang lalu, sosis goreng ini menjadi jajanan favorit anak SD Karena harganya yang murah dan rasanya yang enak Anda bisa menjual sosis goreng dengan harga 500 rupiah atau 2.000 dapat 3. Jika Anda ingin meraih omset yang besar maka Anda perlu menemukan supplier sosis ayam atau sapi yang menawarkan harga murah.

6. Tempura Goreng

Selain sosis goreng Anda juga bisa menjual tempura goreng yang bisa Anda jual sekitar Rp500 atau sama seperti harga sosis yakni 2000 dapat 3. Modal yang Anda butuhkan tidaklah banyak mungkin hanya butuh sekitar Rp700.000 untuk membeli perlengkapan seperti kompor dan wajan minyak goreng kemudian tempura.

7. Nugget Goreng

Bisnis Jajanan Anak SD

Selain tempura dan sosis ada juga makanan-makanan lainnya yang bisa dijual untuk anak SD seperti nugget. Carilah nugget dengan harga yang cukup terjangkau dan Anda bisa jual per bijinya kepada anak-anak SD.

Nugger yang bisa kamu jual seperti nugget ayam, nugget sapi dan lainnya. Untuk nugget temen – temen tak perlu repot karena bisa beli dan dijual kembali yang sudah di goreang. Atau bagi yang kreatif bisa buat sendiri, tentu akan jauh lebih hemat.

8. Scallop Goreng

Scallop goreng juga bisa menjadi ide bisnis yang bisa Anda geluti. Modal yang dibutuhkan juga tidak begitu besar dan pastikan Anda bisa menemukan scallop dengan harga yang terajngkau sehingga bisa menghasilkan untung besar.

9. Bakso Bakar

Siapa sih yang tidak menyukai makanan bernama bakso ini? Anda yang ingin memiliki usaha jajanan anak SD bisa menjual bakso bakar. Modal yang dibutuhkan mungkin sekitar 1 juta karena Anda membutuhkan alat panggang, kompor, bahan-bahan dan tidak lupa margarin serta alat-alat lainnya untuk membakar bakso.  

bisnis jajanan anak sd
Sumber: Nibble.id

Carilah bakso dengan ukuran yang kecil-kecil saja karena jika Anda menjual bakso ukuran  kecil, 1 tusuk baksonya bisa memuat empat hingga lima bakso, anak-anak lebih menyukai 1 tusuk bakso dengan jumlah yang banyak namun harganya murah daripada 1 tusuk bakso isinya sedikit.

Bagi yang punya keahlian, akan lebih hemat jika membuat bakso sendiri. Tapi tentu lebih repot. Namun dengan membuat sendiri,untung akan lebih besar.

10. Bakso Telur

Bagi yang favorit banget denga bakso, rasanya bakso apa saja pasti enak. Selain bakso bakar, Anda juga bisa menjual bakso telur. Jadi bakso yang digoreng bisa dicampur dengan telur yang digulung.

Pastikan  Anda temukan supplier bakso dengan ukuran kecil dan harga yang terjangkau agar banyak anak SD yang berminat membeli bakso telur Anda.

11. Cilok

bisnis jajanan anak sd
Sumber: Cookpad.com

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Sunda satu ini? jajanan yang mudah didapat. Makanan yang terbuat dari tepung aci atau tapioka ini juga banyak digemari oleh anak-anak SD. Untuk cilok, makanan ini terbuat dari aci yang direbus.

Modal yang Anda butuhkan tidak banyak, mungkin sekitar Rp 750.000. Cara membuat cilok cukup mudah yakni campurkan terigu dan  tapioka, daun bawang, bawang putih dan garam serta penyedap rasa jika diperlukan. Lalu tuangkan sedikit air panas dan bentuk hingga kalis kemudian rebus hingga matang.

12. Cimol

Cimol ini juga makanan khas Sunda yang paling laris, namun berbeda dengan cilok karena cimol lebih digoreng. Hanya saja, cara membuatnya ini hampir sama dengan cilok namun tidak direbus terlebih dahulu.

Jadi apabila campuran tepung tapioka dan tepung terigu tadi sudah dibuat hingga kalis maka Anda bisa menggoreng langsung di atas wajan.

13. Cilor (Aci Telor)

Cilor adalah jajanan anak SD yang terkenal saat ini. Cilok yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng di sebuah wadah dan dicampur dengan telur kemudian diaduk dan diberi bumbu.

Untuk bumbu yang digunakan cilor ini berbeda ya dengan cilok karena bumbu yang digunakan adalah bumbu tabur. Anda bisa memilih bumbu tabur pedas asin, barbeque atau balado.

Modal yang Anda perlukan juga tidak banyak yakni sekitar 750 ribuan. Anda bisa menjual cimol Ini dengan harga Rp 2.000 per bungkusnya.

14. Kue Leker

Makanan kue leker ini dari dahulu selalu banyak diminati anak-anak. Kue leker ini sebenarnya hampir seperti crepes namun dijual dengan harga yang murah dan memang segmentasinya adalah untuk anak-anak SD.

Modal yang dibutuhkan yakni hanya sekitar Rp 500.000 dengan membeli alat-alatnya kemudian bahan-bahannya seperti terigu, coklat meses kemudian isian selai pisang dan sebagainya. Anda bisa menjual kue leker ini dengan harga 1000 hingga Rp5.000 tergantung dengan varian rasa yang dipilih.

15. Es Lilin

Es  lilin adalah usaha jajanan anak SD harga 1000 yang paling populer. Jadi es lilin adalah es yang dibungkus dengan ukuran kecil bisa berisi teh, kacang hijau atau  rujak yang dibekukan. Modal yang dibutuhkan tidak sampai Rp 500.000. Hanya saja Anda perlu memiliki freezer karena memang es lilin ini dijual dalam keadaan beku.

16. Papeda

Makanan khas Papua ini belakangan juga menjadi jajanan favorit anak-anak SD. Jadi papeda ini adalah makanan yang terbuat dari telur puyuh atau telur biasa Kemudian dicampur dengan tepung sagu. Anda bisa menjualnya dengan harga 1000 hingga Rp 3.000.

17. Bakso Kuah Pentol

Bisnis jajanan anak SD yang menguntungkan  adalah bakso kuah atau pentol. Berbeda dengan bakso kuah yang dijual di warung-warung, bakso kuah ini dijual dengan bungkusan plastik Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis bakso kuah ini memang cukup besar yakni sekitar Rp 2.000.000 karena Anda setidaknya membutuhkan gerobak gerobak dan juga bahan-bahan untuk membuat bakso.


Bagaimana informasi tentang peluang bisnis jajanan anak SD di atas sudah menarik dan membuka wawasan kamu yang bingung ingin berbisnis apa?.

Ini bisa jadi referensi buat mu yang masih bingung mau bisnis apa, atau sudah mau bisnis tapi jajanan yang mana. Setidaknya dengan informasi ini kamu dapat gambaran, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *