Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

13 Likes Comment
bisnis-untuk-mahasiswa

Apakah Anda mahasiswa yang sedang kebingungan mencari cara untuk memmperoleh penghasilan sambil melanjutkan pendidikan tinggi? Jika iya maka salah satunya pilihannya adalah dengan nyambi bisnis. Untuk itu sangat banyak opsi bisnis untuk mahasiswa yang bisa dipilih.

Karena jika bisnis mahasiswa bisa atur waktu lebih fleksibel ketimbang memilih bekerja pada orang lain (misal buruh).

Kampus memang bukan hanya tentang pertumbuhan akademik mahasiswanya saja. Tapi juga bisa jadi ruang bagi mahasiswa kreatif mulai merintis Bisnisnya.

Saat masih mahasiswa, saya termasuk mahasiswa yang memilih kuliah sambil berbisnis. Mulai dari bisnis dengan hasil yang tak jelas maupun hingga bisnis yang menguntungkan.

Kenapa bisnis harus dirintis sejak mahasiswa?

Karena saat lulus kuliah, walaupun kita belum memiliki pekerjaan yang baik, maka kita bisa gunakan rintisan bisnis yang sudah kita mulai untuk menjadikanya pekerjaan.

Melalui artikel ini saya akan memberikan informasi tentang bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Yang bisa dilakukan oleh siapapun. Termasuk sebagian diantaranya sudah pernah saya alami.

Mengingat ide bisnis untuk mahasiswa ini tidak ada bisnis makanan. Maka bagi yang berminat bisnis kuliner atau jajanan, bisa baca artikel tentang bisnis jajanan anak SD, yang mungkin jadi inspirasi bagi temen – temen.

Kira-kira info apa ya yang cocok digeluti mahasiswa agar menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan? Simak informasinya baik – baik ya.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Untuk membantu temen – temen sebagai mahasiswa yang ingin memulai usaha serta bisnisnya, berikut adalah referensi ide bisnis sederhana untuk temen – temen . Kira-Kira apa ya yang cocok untuk buat temen – temen?

1. Manajemen Media Sosial

Mahasiswa dapat memanfaatkan pengalamannya dan pemahaman tentang sosial media seperti contoh Instagram, Twitter dan Facebook dengan menyediakan layanan manajemen media sosial untuk bisnis lokal.

Bisnis untuk mahasiswa tanpa modal ini dapat melibatkan pengaturan dan posting konten yang relevan pada produk yang ada, seperti pembaruan, promosi penjualan, dan tanggapan terhadap ulasan atau pertanyaan pelanggan.

Mengelola media sosial atau menjadi admin akun media sosial sangat mudah dilakukan oleh mahasiswa, yang bisa dijalankan disela – sela waktu perkualiahan.

2. Freelance Writer

bisnis untuk mahasiswa

Untuk mahasiswa sastra, bahasa dan linguistik, menulis adalah pilihan bisnis yang bagus, terutama di dunia digital di mana permintaan akan konten yang unik dan fresh sangat besar.

Oleh karena itu, bisnis yang menguntungkan ini bisa dicoba dengan menawarkan layanan kontributor artikel untuk berbagai situs web dan publikasi cetak, dengan fokus pada topik yang relevan.

3. Desain Grafis

Bagi Anda yang memiliki tangan kreatif, freelance desain grafis dapat menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan. Buat agar orang membayar Anda melalui jasa desain yang sangat dibutuhkan saat ini.

Cara bisnis di bidang ini sangat mudah karena banyak organisasi membutuhkan pekerjaan desain untuk membuat selebaran promosi, spanduk, iklan, desain kemasan, dan lainnya.

4. Event Organizer (EO)

Peluang bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan memanfaatkan skill komunikasi dan jaringan kontak untuk mencoba bisnis EO. Mahasiswa bisa membentuk kelompok (team) untuk menjalankannya.

Seperti umumnya area dengan populasi mahasiswa, banyak restoran, cafe, mall yang akan sering menyelenggarakan acara yang dirancang khusus. Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan layanan Anda.

5. Bimbingan Belajar (Bimbel)

bisnis untuk mahasiswa

Bisnis untuk mahasiswa pemula yang sering diminati adalah menjadi tutor bimbel. Anda dapat mengiklankan layanan Anda di bidang mata pelajaran yang dikuasai dan membimbing anak-anak dalam mempelajari materi.

Paruh waktu Anda para mahasiswa menjadi jauh lebih bermanfaat, karena digunakan untuk menjadi tutor bimbel sekaligus bisa mendapatkan penghasilan dari aktifitas bimbel.

6. Reseller Online

Dengan beragam pasar online yang sekarang mengisi industri ini, ada banyak opsi bagi Anda untuk bergabung dengan platform sebagai penjual, mencari barang-barang unik dan menjualnya secara daring untuk mendapatkan keuntungan.

Barang-barang untuk dijual kembali dapat ditemukan secara offline juga. Bisnis ini sangat populer di tahun 2020 ini.

Perlu diingat untuk menjadi reseller ini Anda butuh modal, karena harus membeli barang terlebih dulu. Solusi bagi yang belum memiliki modal cukup maka bisa mulai dengan menjadi dropshiper.

7. Content  Creator

Blogging, vlogging, podcasting adalah pembuatan konten yang telah berkembang secara signifikan di abad milenium, dan permintaan konsumsinya terus meningkat.

Dengan popularitas semacam itu, muncul peluang monetisasi, termasuk iklan tentang konten video, kolaborasi merek, sponsor perusahaan, dan pemasaran afiliasi. Bisnis modal kecil ini bisa Anda coba.

Termasuk yang saat ini sangat digandrungi adalah menghasilkan uang dari Youtube melalui pembuatan konten video.

8. Influencer

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang cara menarik pengikut media sosial, kemampuan untuk membuat konten yang unik dan wawasan tentang teknik pemasaran digital, maka Anda bisa memulai bisnis sebagai influencer.

Jika Anda memiliki pengikut Instagram yang banyak, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menghasilkan uang dari sosial media?. Salah satu contoh penghasilannya adalah dari endors produk mitra (sponsor).

9. Membuat Situs Web (Blog)

Membuat sebuah situs web juga bisa menjadi ide bisnis yang menarik. Anda bisa menulis apapun yang Anda suka baik itu tentang farmasi, hukum, pertanian, makanan dan sebagainya.

Pilih saja yang Anda mau dan daftarkan adsense. Dengan menjadi publisher adsense maka Anda bisa menghasilkan uang dari konten yang ditulis dalam blog atau website.

10. Jual Jasa Desain Web

Saya pernah membuat banyak website saat jadi mahasiswa, walaupun bukan mahasiswa ilmu komputer. Bagi mahasiswa yang punya keahlian desain website ini bisa jadi peluang.

Saat ini sangat marak orang beralih untuk bisnis dari offline ke online, yang salah satunya adalah butuh webiste. Seperti landing page, toko online maupun web profile.

Bisnis ini sangat bisa berjalan walau tanpa modal, selama punya keahlian dalam mendesain web.

11. Jual Pakaian di Marketplace

Menjual pakaian adalah ide bisnis yang sering dilakukan oleh mahasiswa karena cara memulai bisnis ini sangatlah mudah. Anda bisa membeli baju dengan model terbaru dan menjualnya secara daring untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Tapi bisa juga berjualan pakaian di marketplace ini dengan tanpa modal atau tanpa harus membeli barang dulu. Yaitu dengan menjadi dropshiper dari para supplier di marketplace.

12. Terbitkan Buku

Selalu punya ide untuk bercerita? Mengapa tidak mencoba untuk menerbitkan buku sendiri dan memasarkannya sendiri? Bahkan, jika Anda tidak suka menulis novel, Anda masih dapat menghasilkan uang dari menulis.

Buatlah tulisan yang mudah viral dan menarik kemudian pasarkan dengan manajemen strategi yang bagus. Atau memanfaatkan platform yang ada, seperti google play book.

Karena dari situ buku Anda bisa dijual dan dipasarkan melalui platform yang terpercaya.

13. Jual Karya Asli di Berbagai Situs Jual Karya Seni

Anda yang memiliki bakat di bidang seni, maka cobalah untuk menjual karya seni Anda ke situs online, tempat untuk menjual karya asli Anda.

Baik itu kaos, perhiasan, alat tulis atau apapun, bisa Anda jual karya-karya Anda. Bisnis ini bagus digeluti oleh mahasiswa seni pemula, bisa juga untuk mahasiswa seni tingkat akhir.

14. Jual Versi Audio Atau Ebook Dari Karya yang Tidak Memiliki Hak Cipta

Bisnis satu ini pasti tidak terpikirkan bukan? Inspirasi bisnis ini bisa Anda coba untuk memproduksi buku audio dengan karya beberapa dekade yang lalu di mana hak ciptanya sudah hilang.

Tips bisnis ini adalah carilah karya-karya yang lebih sulit ditemukan, seperti literatur abad pertengahan atau buku tebal tentang sains dan kedokteran abad ke-18 karena akan ada lebih banyak permintaan untuk salinan yang dapat diakses secara online.

15. Menjadi Model Foto

Mahasiswa akuntansi atau ekonomi pada umumnya memiliki postur tubuh yang tinggi dan ideal karena kebanyakan setelah baru lulus mereka ingin menjadi seorang bankir. Apakah Anda memiliki wajah yang fotogenic dan postur tubuh ideal?

Anda bisa mencoba untuk berbisnis menjadi seorang freelance model. Sebarkan layanan Anda dan promosikan melalui berbagai sosial media agar banyak fotografer yang mengkontak Anda.

16. Bisnis Esai atau Penyuntingan Skripsi

Agar laptop mahasiswa lebih memiliki manfaat, bisa gunakan untuk membantu membuat esain atau membantu mahasiswa lain yang kesulitan dalam edit skripsi.

Bisnis Esai atau Penyuntingan Skripsi adalah peluang yang bagus karena Anda tidak hanya bisa mengoreksi karya orang lain tetapi juga belajar memahami tentang bagaimana seharusnya menyusun karya ilmiah.

17. Jual Perlengkapan OSPEK

Mahasiswa baru selalu dituntut untuk membawa aneka perlengkapan yang harus dibawa dan digunakan selama OSPEK dan tidak jarang barang-barang itu sulit ditemukan seperti caping, tas karung dan sebagainya.

Anda bisa menjadikan kebutuhan mahasiswa baru ini sebagai peluang bisnis. Tentu Anda butuh modal untuk memulai ide ini, tapi bisa mulai dengan yang murah dan sederhana.

18. Menawarkan Desain CV

bisnis untuk mahasiswa

Bagi mahasiswa yang memiliki skill mengolah komputer termasuk diantaranya desain. Maka bisa mencoba untuk membuat desain CV yang menarik.

Sebagian besar orang merasa sedikit tidak nyaman dengan CV, terutama ketika hendak digunakan untuk melamar kerja dan CV digunakan sebagai pertama kalinya untuk melamar kerja. Jika Anda kemudian menawarkan layanan Anda sebagai resensi resume.

19. Freelance MUA

MUA atau Make-Up Artist, maksudnya adalah menjadi orang yang mahir dalam make up. Menyediakan layanan make-up untuk acara-acara khusus seperti wisuda bisa dicoba bagi Anda yang memiliki bakat rias.

Mulailah dengan menawarkan layanan gratis kepada teman-teman Anda. Katakan pada mereka untuk mempromosikannya ketika mereka menyukai hasilnya.

20. Freelance Fotografer

Selama liburan dan akhir pekan, Anda dapat bekerja sebagai fotografer jika menguasai bidang ini. Buat portofolio Anda sehingga orang dapat melihat hasil foto Anda.

bisnis untuk mahasiswa

Salah satu media atau platform yang bisa dijadikan tempat menyimpan portofolio tersebut agar diketahui banyak orang adalah Instagram. Selain itu Facebook dan bisa juga situs pribadi.

Anda juga dapat mengambil gambar kemudian menjual ke situs web yang membeli gambar berbagai objek seperti SutterStock.

21. Jual Nama Domain

Membeli dan menjual nama domain bisa menjadi bisnis yang sangat bagus untuk anak Teknik Informatika. Banyak perusahaan baru mencari nama domain yang sesuai untuk situs web baru, jadilah proaktif dan pikirkan domain mana yang mungkin diminati di masa depan dan beli.

Pada titik tertentu, sebuah perusahaan akan muncul dan bersedia membayar Anda uang untuk domain itu


Demikianlah 20 ide bisnis yang bisa jadi inspirasi untuk para mahasiswa atau mungkin bahkan pelajar pada umumnya. Dengan menggeluti usaha sampingan, mahasiswa bukan hanya menghasilkan pendapatan yang sangat dibutuhkan, namun juga pengalaman

Selain itu juga dapat membantu mengembangkan keterampilan dan karakteristik utama yang dapat menguntungkan karir mahasiswa dalam jangka panjang, serta kualitas wirausaha yang penting seperti disiplin, kreativitas, dan dedikasi.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *