Pengertian Dan Contoh Display Advertising

PENGERTIAN DISPLAY ADVERTISING

Apakah kamu sedang mencari informasi seputar display advertising? Jika iya, pada kali ini kami kami akan membahas mengenai pengertian dan contoh display advertising. Yuk kita simak!

Mungkin, sebagian besar orang disana sudah pernah mendengar istilah tentang display advertising. Tapi, banyak dari mereka biasanya hanya tau istilahnya saja tanpa mengetahui lebih dalam tentang display advertising.

Perlu kamu ketahui bahwa display advertising merupakan sebuah iklan yang sering kita temukan di internet. Munkin kamu sudah pernah melihatnya.

Nah, seiring berkembangnya teknologi, iklan jenis display advertising ini sangat penting sekali untuk mengembangkan bisnis.

Kali ini, kami akan memberikanmu sedikit pengertian tentang apa itu display advertising.

Apa Itu Display Advertising?

Dilansir dari Instapage, display advertising merupakan sebuah jenis iklan bergambar yang ada di internet dengan format visual baik video maupun gambar yang isinya mengiklankan suatu layanan jasa atau produk.

Untuk penyebutannya, display advertising sering dikenal sebagai display ads.

Biasanya, iklan jenis ini muncul di media sosial (instagram, facebook, tiktok, dll), situs website, Google dan lain sebagainya. Untuk peletakannya, bisa dibagian atas, samping ataupun bawah.

Nah, display advertising ini akan dipasang di website yang pembahasannya relevan (berhubungan) dengan produk yang dijual. Tampilannya bisa berupa video, gambar atau gif.

Buat kamu yang menggunakan smartphone, mungkin kamu sudah sering melihat ada sebuah iklan berbentuk video maupun gambar yang dipasang di sebuah situs website.

Nah, iklan tersebutlah yang dinamakan display advertising yang mana menjadi senjata pamungkas bagi para marketer.

Keuntungan Dari Display Ads

Display advertising sendiri memiliki berbagai macam keuntungan yang sangat berguna bagi kesuksesan penjualan produk.

Adapaun keuntungannya sebagai berikut :

1. Terlihat profesional

Tanpa disadari, pemasangan iklan berbentuk visual di internet akan membuat perspektif audiens bahwa iklan tersebut terlihat profesional.

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia yang sudah serba digital ini, banyak dari mereka lebih memperhatikan smartphone dibandingkan koran atau majalah.

Pemasangan display advertising juga tidak gratis. Itu akan menambah sisi profesionalitas iklan yang kamu pasang.

2. Lebih Cepat Dikenal Banyak Orang

Sudah tidak dapat dielak lagi, bahwa dengan memasang ikan di internet, maka iklan tersebut akan lebih cepat dikenal oleh banyak orang.

Walaupun banyak dari mereka tidak mengklik iklan yang dipasang, tapi setidaknya mereka sudah mengetahui bahwasannya ada sebuah produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

3. Meningkatkan Engagement

Perlu kamu ketahui bahwa display advertising ini merupakan iklan yang berbentuk konten media interaktif. Itu artinya, para audiens akan memberikan sebuah interaksi kepada iklan tersebut yang mana akan berdampak pada peningkatan engagement bisnis.

Kami kutip dari Sensis, iklan jenis display advertising ini bias meningkatkan interaksi pelanggan sebanyak lebih dari 60%.

Cukup besar bukan?

4. Bisa Membuat Target

Dengan menggunakan jenis layanan iklan display, kamu jadi bisa menargetkan target market kamu secara spesifik. Kamu bisa mengatur gender, umur, pekerjaan, domisini bahkan miant dari para target marketmu.

Jadi, kamu bisa dengan mudah untuk mengkategorikan pasar yang hendak kamu bangun.

Contoh Display Ads

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu beberapa contoh display advertising yang ada di internet. Berikut contohnya :

1. Airbnb

Jika diperhatikan, jenis iklan display advertising dari Airbnb ini cukup padat dan jelas.

Terutama pada kampanyenya #LiveThere yang membuat para audiens memiliki hasrat berkelana yang tinggi sehingga berpotensi untuk mengklik iklan tersebut.

2. McD

McD biasanya menggunakan display advertising untuk meningkatkan traffik pengunjung website resminya. Dengan banyaknya traffik yagn masuk, para pelanggan akan dengan mudah untuk menemukan berbagai macam produk yang ditawarkan oleh McD ini.

Belakangan ini McD sedang mengkampanyekan produk terbaru mereka yang bernama burger quarter pountder deluxe yang dikemas secara menarik.

3. Shopee

Dari kedua contoh di atas, hanya Shopee saja yang memiliki display advertising sederhana. Shopee hanya menawakan cashback untuk menarik perhatian para audiens untuk mengklik iklan.

Tipe Digital Advertising

Nah, perlu kamu ketahui juga bahwa ada berbagai macam tipe dalam display advertising.

Adapun tipe display advertising sebagai berikut :

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau biasa disebut sebagai SEM merupakan salah satu jenis Tipe Display Advertising yang memiliki sistem Pay Per Click (PPC).

Di sistem iklan PPC ini, kamu bisa membuat iklan khusus sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mengatur anggaran yang kamu mau dan melihat report saat iklan tersebut sudah aktif.

Iklan Bergambar (Display Ads)

Nah, tipe iklan bergambar atau display advertising ini adalah yang sedang kita bahas. Iklan jenis ini merupakan iklan yang sangat potensial karena kita bisa menargetkan para audiens secara tepat. Mulai dari umur, pekerjaan, gender dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan kita kali ini mengenai pengertian dan contoh display advertising.

Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat bagi perkembangan bisnis yang sedang kamu jalani.

Terus kunjungi abduweb untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar bisnis.


FAQ

Apa yg dimaksud Display Advertising?

Display advertising adalah sebuah iklan bergambar di internet dengan format visual

Bagaimana cara kerja display advertising?

Cukup sederhana, kamu hanya perlu membuat iklan yang anntinya akan ditampilkan pada website sesuai dengan target market

Aldo Faisal Umam
I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.