Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

7 Likes Comment
publikasi jurnal gratis

Membuat jurnal ilmiah biasanya dilakukan oleh kalangan akademisi seperti dosen, mahasiswa dan peneliti. Jurnal ilmiah tersebut berasal dari penelitian atau karya ilmiah yang bisa di publikasi secara gratis.

Terdapat banyak tempat untuk publikasi jurnal yang biasa disebut sebagai publisher atau penerbit. Pada jurnal tertentu kita diharuskan mebayar biaya publikasi tapi banyak juga jurnal yang menawarkan publikasi tanpa biaya alias gratis.

Pada umumnya jurnal nasional yang sudah bereputasi meminta sejumlah biaya publikasi. Dalam arti jurnal yang terakreditasi atau terindeks Sinta serta memiliki indexing berkualitas seperti DOAJ. Diluar jurnal jenis tersebut kita bisa submit jurnal tanpa biaya.

Sebagai informasi bahwa ada kategori jurnal nasional dan internasional. Artikel ini akan membahasa publikasi gratis di jurnal nasional, untuk publikasi gratis pada jurnal internasional scopus baca artikel lainnya disini.

Langsung saja, berikut ini ada cara atau tips serta tempat dimana kita dapat upload atau submit jurnal secara gratis.

Apa Itu Jurnal Nasional

Jurnal nasional adalah terbitan berkala mempublikasikan karya ilmiah berbentuk artikel ilmiah yang dikompilasi dalam format jurnal yang berskala nasional. Kemudian memiliki penulis dan reviewer hanya dari dalam negeri. Yang umumnya berbahasa Indonesia.

Tidak semua jurnal yang berasal dari Indonesia disebut jurnal nasional. Karena jurnal ilmiah yang berasal dari Indonesia juga ada yang berstatus Jurnal Internasional. Sebagai contohnya berikut adalah jurnal indonesia sebagai jurnal internasional dan terindeks scopus.

Cara Publikasi Jurnal Secara Gratis

Siapapu dapat menerbitkan jurnal tau tulisannya dalam jurnal. Selama mengerti dan tahu cara melakukannya. Untuk dapat diterima dan lolos pada jurnal skala nasional secara gratis. Bisa ikuti sejumlah tips dan langkah berikut ini.

1. Karya ilmiah yang Orisinil, bukan Plagiat

Orisinil berarti karya milik sendiri. Untuk dapat menerbitkan karya pada jurnal maka keaslian karya menjadi penting. Pastikan tulisan ilmiah kita bebas dari kemiripan dengan karya orang lain atau bahkan sama dengan karya orang lain. Itu jelas plagiat.

Untuk memastikan bahwa tulisan kita tidak plagiat, maka bisa gunakan beberapa tools cek plagiasi seperti turnitin atau plagiarism checker. Standar plagiasi setiap jurnal berbeda, ada yang 20% juga ada yang 30%. Cek lebih lebih dulu dengan aturan masing – masing jurnal.

Perlu di ingat, cek plagiasi ini penting. Karena jika karya kita terbukti secara sah plagiat, maka ada sejumlah konsekuensi negatif.

2. Ikuti Aturan Penerbit Jurnal

Beberapa aturan yang harus diikuti author saat akan submit jurnal biasanya adalah sebagai berikut:

  • Kesesuaian Template Jurnal
  • Aturan Kutipan
  • Ketentuan Bibliografi
  • Ikuti publications ethic
  • Lolos plagiasi
  • Focus dan Scope

Dengan mengikuti beberapa aturan publikasi di atas, maka akan lebih memudahkan editor untuk melakukan verifikasi. Supaya submission kita diterima.

3. Submit Sesuai Bidang Ilmu

Pada point 2 di atas saya singgung tentang focus dan scope, ya kira – kira intinya sama. Bahwa kita saat menerbitkan naskah ilmiah pada penerbit jurnal harus sesuai bidang ilmu.

Misal ilmu manajemen, maka submit pada jurnal bidang tersebut. Atau bisa juga pilih jurnal dengan rumpun ilmu sosial.

4. Topik Jurnal Terkini atau Update

Akan lebih mudah dipilih oleh penerbit jurnal jika tulisan kita terbaru atau mengikuti isu dan perkembangan ilmu terkini. Karena yang jadi pembahasan sejalan dengan perubahan yang terjadi.

Selain itu topik yang segar lebih menarik untuk menjadi referensi banyak tulisan lainnya, daripada pembahasan yang basi atau sudang kadaluarsa.

Tempat Publikasi Jurnal Gratis

Menerbitkan jurnal secara gratis cukup mudah, meskipun sudah banyak jurnal berbayar. Untuk dapat menemukannya, mari kita coba sejumlah tips berikut ini.

1. Ikut dalam Asosiasi (Apapun)

Dalam dunia akademis saat banyak asosiasi, baik itu profesi maupun asosiasi kelembagaan. Nah, dalam asosiasi itu banyak orang sebagai anggota dari berbabagai institusi (termasuk pengelola jurnal).

Dari kegiatan tersebut pasti akan muncul dan kurun waktu tertentu ada permintaan untuk saling tukar tempat publikasi ilmiah.

2. Gabung Grup Telegram

Kiini telah banyak grup komunikasi dengan jumlah peserta hingga ribuan di telegram. Yaitu grup berkumpulnya dosen seluruh Indonesia. Didalamnya selalu ada informasi undangan untuk menulis jurnal. Seringnya menulis jurnal secara gratis.

3. Melalui Open Jurnal System Secara Langsung

Anda bisa mencari alamat website jurnalnya atau disebut OJS, tentu dengan keilmuan yang relevan. Kemudian kita bisa kontak pengelolanya atau melihat info detail dari web, lalu melakukan submit jurnal secara online.

4. Menulis Pada Jurnal Internal

Setiap lembaga pendidikan tinggi pasti memiliki jurnal ilmiah internal (sendiri). Nah, ini adalah langkah paling mudah untuk mendapatkan tempat publikasi jurnal gratis. Bisa dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa.

5. Kenal dengan Pengelola Jurnal

Ini juga termasuk cara yang paling mudah untuk menerbitkan jurnal gratis. Tidak hanya itu tapi kecenderungannya tulisan kita pasti dipublikasi tanpa proses yang ribet. Kan namanya juga kenal.

6. Melalui Forum yang Relevan

Saya pastikan terdapat dapat forum diluar sana, melalui platform apapun. Dari forum yang relevan seperti yang dibentuk oleh Relawan Jurnal Indonesia selalu ada info publikasi.

7. Tips Tambahan

Untuk mengetahui apakah penerbit jurnal bisa publikasi secara gratis adalah:

  • Lihat ada Apa Ada Info Tarif di Website OJS nya
  • Pengelola jurnal dari kampus swasta (Klaster Rendah)
  • Jurnal yang Tidak terakreditasi (Cek data ISSN di Lipi)
  • Jurnal reputasi rendah (indexing biasa saja)
  • Jurnal terakreditasi tertentu (Butuh penelusuran)
  • Jurnal reputasi baik tertentu (Butuh penelusuran)

Tempat Publikasi Jurnal Cepat Terbit

Untuk mendapatkan jurnal yang cepat terbit cukup susah. Setidaknya kita butuh waktu paling cepat 4 bulan hingga satu tahun. Karena jurnal secara umum terbit berkala dalam kurun waktu 3 bulanan, 4 bulanan, 6 bulanan dan tahunan.

Supaya cepat terbit maka kita butuh penerbit yang jurnalnya terbit setiap bulan, ya perbulan. Tapi sangat jarang. Bisa jadi susah ditemukan. Tapi saya berikan bocoran ada banyak jurnal yang terbit bulanan. Pasti cepat kan.

Silahkan komen dikolom komentar untuk tahu apa saja jurnal yang terbit bulanan. Karena ada banyak penerbit yang jarang diketahui.


Demikianlah informasi tentang publikasi jurnal nasional secara gratis dan cepat. Semoga bisa menjadi referensi tambahan bagi yang membutuhkan. Ikuti terus informasi lainnya yang bermanfaat dari abduweb.com, Terimakasih.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *