Publikasi Jurnal Internasional Scopus Gratis

7 Likes Comment
publikasi jurnal internasional gratis

Sebagian orang ada yang bertanya, dimana ya tempat publikasi jurnal internasional yang murah?. Kalau ada publikasi jurnal internasional yang gratis kenapa milih yang murah. Iya kan, betul kan.

Tidak hanya gratis, diartikel ini akan diberikan dafta atau list jurnal – jurnal internasional yang sudah terindeks scopus. Mantap kan. Sudah gratis, scopus pula.

Secara keumuman, untuk masuk dalam daftar judul yang bisa terbit dijurnal internasioal yang index scopus sangat sulit dan berbiaya tinggi. Meskipun sebagian diantaranya ada yang berbiaya murah. Tapi tetap saja bayar.

Sebelum dilanjutkan, Anda bisa baca dulu artikel lainnya. Mungkin saja sesuai dengan yang Anda cari. Yaitu, cara publikasi jurnal nasional gratis.

Oke mari kita lanjut. Nah, pertanyaanya bagaimana cara agar tulisan dapat terbit di jurnal internasional teridex scopus secara gratis?. Maka baca terus artikel ini sampai tuntas.

Apa Itu Jurnal Internasional Terindeks Scopus

publikasi jurnal internasional gratis

Sebelum ke scopus, kita ke jurnal internasional dulu. Jurnal internasional adalah terbitan berkala mempublikasikan karya ilmiah berbentuk artikel ilmiah yang dalam format jurnal berskala internasional.

Selain itu, penulisnya lintas negara atau lebih dari satu negara. Kemudian harus menggunakan bahasa internasional seperti inggris, arab, mandarin. Kemudian apa itu scopus?.

Scopus merupakan pangkalan data pustaka yang diantaranya mengandung abstrak dan sitiran artikel jurnal akademik. Scopus selalu diidentikan dengan ukuran sebuah reputasi jurnal internasional. Telah diakui diseluruh dunia bahwa jurnal yang masuk dalam daftar scopus adalah bereputasi tinggi secara internasional.

Cara Publikasi Jurnal Internasional Secara Gratis

Syarat dapat dipublikasikanya artikel ilmiah dalam jurnal internasional adalah karena telah lolos verifikasi dan sejumlah prosedur publikasi. Seperti review, proofreading, focus and scope nya sesuai dan lain sebagainya. Tentu ada banyak faktor, yang setiap jurnal bisa berbeda.

Secara sederdana kita memiliki tulisan ilmiah dalam bahasa inggris dengan kaidah bahasa yang benar itu sudah lumayan. Berikutnya menyesuaikan ketentuan dalam penulisan, seperti penulisan sitasi, ketentuan bibliografi dan lain – lain.

Jurnal Internasional Terindex Scopus yang Gratis

Nah, ini adalah sejumlah penerbit jurnal yang memberikan publikasi secara gratis. Bisa dipastikan juga bahwa jurnal berikut ini telah terindeks scopus. Untuk tahu cara cek jurnal scopus baca artikel cara cek jurnal terindeks scopus.

Berikut ini jurnal internasional terindex scopus gratis biaya publikasi, dengan bidang ilmu yang beragam.

1. The International Review Research in Open and Distributed Learning (IRRODI)

Jurnal dengan singkatan Irrodi ini diterbitkan oleh Athabasca University. Anda bisa cek lebih apa ini masuk dalam index scopus atau tidak. Setelah saya cek ini masuk dalam indeks scopus dan jurnalnya open access.

Jurnal ini memiliki fokus pada bidang sosial sains dan spesifik pada bidang pendidikan. Irrodi merupakan jurnal Scopus Q1 dengan terbitan berkala dalam satu tahun 4 kali terbit. Untuk terbit di Irrodi tidak ada biaya publikasi.

Bisa kunjungi website melalui link homepage Irrodi.

2. International Journal of Mathematical, Engineering, and Management Science (IJMEMS)

Jurnal yang sudah ada di Scopus sejak tahun 2016 ini memiliki singkatan Ijmems. Yang juga merupakan jurnal dengan open access. Jurnal ini memiliki subjek area atau bidang keilmuan pada matematika, teknik, Manajemen Bisnis dan Akuntansi serta Komputer.

Ijmems termasuk jurnal Scopus Q2 yang mempublikasikan 6 kali terbitan dalam satu tahun. Tapi yang pasti publication fee dari jurnal ini adalah free alias gratis.

Bisa kunjungi website melalui link homepage Ijmems.

3. International Journal of Management Science and Engineering Management

Jurnal yang diterbitkan oleh Taylor & Francis Online (Tandfonline) ini memiliki indeks scopus sejak tahun 2006 hingga sekarang. Jurnal ini telah terindex scopus Q1.

Beberapa yang menjadi subjek area dari jurnal ini adalah manajemen bisnis, sistem informasi, Teknik, Matematika dan Akuntansi. Untuk menerbitkan dijunal ini bisa secara gratis namun untuk tiap terbitan atau Issue terbatas hanya 4 judul atau author. Jurnal ini terbit 4 kali setahun.

Bisa kunjungi website melalui link homepage Tandfonline.

4. Walailak Journal of Science and Technology (WJST)

Dipublikasikan oleh Walailak University, jurnal ini memiliki singkatan WJST. Sudah berada di Scopus sejak tahun 2012 hingga saat ini. Jurnal WJST merupakan jurnal open access yang dapat didownload secara gratis.

WJST masuk dalam jurnal Scopus Q4 yang menerbitkan dalam kurun waktu bulanan. Ya 12 kali dalam setahun yang setiap terbitan maksimal 10 artikel saja. Dapat menerbitkan semua rumpun ilmu dengan biaya publikasi gratis.

Bisa kunjungi website melalui link homepage WJST.

5. Journal of Information and Communication Technology (JICT)

JICT diterbitkan dan dipublikasikan oleh Universiti Utara Malaysia Press, yang sudah berada di Scopus sejak 2011 sampai sekarang. Subjek area jurnal ini adalah mathematic dan computer science.

JICT merupakan jurnal Scopus Q3 yang terbit setiap 4 kali dalam setahun dengan maksimal 7 artikel perterbitan. Seperti 4 jurnal sebelumnya JICT juga merupakan jurnal dengan biaya publikasi gratis.

Bisa kunjungi website melalui link homepage JICT.

Tips Tambahan Publikasi Jurnal Scopus

Supaya bisa masuk atau lolo publikasi dijurna scopus ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Walaupun gratis beberapa jurnal diatas tetap menuntuk kualitas terlebih yag scopus Q1. Simak tips tambahan berikut ini.

  1. Perbanyak Referensi
  2. Pahami semua informasi penting dalam jurnal tersebut
  3. Artikel minimal 5000 – 7000 kata
  4. Novelty artikel harus jelas
  5. Translate artikel dengan baik dan benar
  6. Lebih dari 1 author (beda kampus, beda negara lebih baik)
  7. Rekam jejak author dalam publikasi penting
  8. Hindari plagiasi maksimal 10%
  9. Kerja keras sampai diterima di Scopus

Saya kira sudah lengkap pembahasan tentang cara publikasi jurnal internasional scopus secara gratis dalam artikel ini. Mulai dari jurnal dengan publication free gratis sampai tips masuk jurnal internasional. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *