Situs Jurnal Internasional Online Terbaik

30 Likes Comment
Situs Jurnal Internasional

Kebutuhan referensi dalam penulisan ilmiah salah satunya adalah jurnal. Sebagai sumber yang merupakan hasil penelitian menjadi lebih kredibel dibandingkan sumber lain dalam bentuk buku atau sejenisnya.

Untuk mendapatkan jurnal saat ini banyak situs yang menyediakan jurnal secara online. Persoalanya jurnal tersebut tidak semua bisa kita ambil secara gratis. Sebagian situs memberikan jurnalnya secara  gratis seperti google scholar atau website jurnal yang berlogo Open Access.

Namun banyak situs atau website jurnal yang terpercaya lainnya yang menghasruskan kita untuk subscribe atau berlangganan dengan cara membayar dalam jangka waktu tertentu atau membayar untuk hanya satu jurnal yang kita pilih.

Terus, supaya kita bisa mendapatkan jurnal internasional secara gratis?. Anda bisa ikuti caranya di artikel lainya yaitu, cara download jurnal internasional secara gratis.

Untuk bisa mendownload tentu Anda harus tahu situs dan website penyedia jurnal internasional tersebut. Walaupun sebenarnya Anda  bisa saja melakukan pencarian di Google secara langsung jurnal dengan topik yang sedang anda cari. Akan tetapi menemui langsung situsnya membuat kita berada pada tempat yang sesuai dengan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kualitas jurnal tersebut. Berikut ini adalaf daftar situs penyedia jurnal internasional online, Anda bisa akses kapanpun dan dimanapun.

1. Google Scholar

Google Sholar atau juga disebut dengan Google Cendekia adalah salah satu layanan google yang secara khusus menyediakan sumber daya tulisan yang bersifat ilmiah. Anda tidak akan menemui tulisan sampah dalam situs ini. Semua artikel didalamnya adalah bersumber dari jurnal atau tulisan akademik. Anda bisa mendapatkan banyak jurnal internasional didalamnya secara gratis.

Situs Jurnal Internasional
Google Scholar diambil dari scholar.google.co.id

Sistem yang diluncurkan sejak 2004 ini hanya menyediakan sumber referensi yang dipublikasi secara ilmiah dan untuk kebutuhan akademik.

2. Emerald Insight

Emerald Publishing didirikan pada tahun 1967 untuk memperjuangkan ide-ide baru yang akan memajukan penelitian dan praktik bisnis dan manajemen.

Emerald memelihara pemikiran segar dalam bidang terapan di mana Emerald membuat perbedaan nyata, sekarang juga termasuk bidang ilmu perawatan kesehatan dan sosial, pendidikan dan teknik.

Situs Jurnal Internasional
Tampilan Emerald Insight diambil dari www.emerald.com

Emerald mengelola portofolio lebih dari 300 jurnal, lebih dari 2.500 buku dan lebih dari 1.500 kasus pengajaran. Anda akan lebih sering menemukan artikel di Emerald yang berbayar.

3. Science Direct

Temukan lebih dari 2.500 jurnal ilmiah, termasuk lebih dari 250 publikasi Akses Terbuka sepenuhnya dan 39.000 buku referensi, rekomendasi yang dipersonalisasi dan Halaman Topik membuatnya mudah untuk menemukan penelitian interdisipliner berkualitas tinggi dan paling relevan dalam waktu yang lebih singkat.

Situs Jurnal Internasional
Halaman ScienceDirect dari sciencedirect.com

Abstrak artikel tersedia secara gratis, tetapi akses teks lengkapnya dalam bentuk PDF maupun HTML memerlukan akun berlangganan dan berbayar pada setiap unduhannya.

4. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah situs web yang mencantumkan daftar jurnal akses terbuka, dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA). Pada 25 Februari 2018, basis datanya kini berisi sekitar 11.210 jurnal. Semua layanan DOAJ gratis, termasuk diindeks di DOAJ.

Situs Jurnal Internasional
Gambar DOAJ dari doaj.org

Semua data tersedia secara bebas. Untuk menemukan full text nya Anda akan langsung diarahkan pada homepage pengelola jurnalnya.

5. ResearchGate

sebuah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Situs yang sudah diluncurkan dari 2008 ini telah mengumpulkan lebih dari 1,4 juga peneliti, akademisi maupun ilmuan untuk berbagai sumber ilmu dalam tulisan ilmiah.

Situs Jurnal Internasional
Gambar diambil dari researchgate.net

Dalam reseachgate Anda akan menemukan banyak tulisan pelajar, dosen, dan ilmuan dalam bentuk buku, jurnal, tugas dan lain sebagainya.

6. Ebsco

Ebsco merupakan database elektronik jurnal yang mengharuskan kita berlangganan untuk dapat mengakses e-journal, e-book, teks lengkap dan database sekunder lainnya. Database lengkap Ebsco memungkinkan tersedianya informasi yang lengkap bagi para peneliti, pengajar dan mahasiswa dalam berbagai bidang ilmu.

Situs Jurnal Internasional Ebsco
Tampilan Ebsco diambir dari ebsco.com

8. ProQuest

ProQuest berkomitmen untuk memberdayakan para peneliti dan pustakawan di seluruh dunia. Kini koleksinya sumber ilmu sudah sangat banyak mencakup 90.000 sumber otoritatif, 6 miliar halaman digital, termasuk jurnal, disertasi dan tesis, dan lebih dari 450.000 ebook.

Situs Jurnal Internasional
Situs ProQuest diambil dari proquest.com

ProQuest sampai saat ini salalu menyediakan solusi dan aplikasi serta produk perpustakaan. Sumber daya di dalamnya mendukung penelitian dan pembelajaran serta penerbitan dan penyebaran informasi.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *