Cara Registrasi Kartu Indosat

16 Likes Comment
cara registrasi kartu indosat

Artikel sebelumnya sudah membahas tuntas cara transfer pulsa indosat. kali ini penulis masih membahas seputar provider indosat tapi soal bagaimana cara registrasi kartu indosat.

Bagi kamu yang merasa kesulitan tentang cara registrasinya, maka simak dan baca sampai akhir postingan ini.

Sesuai kebijakan yang berlaku, semua penduduk Indonesia wajib mendaftarkan ulang nomor teleponnya. Jika tidak mendaftar ulang maka nomor tersebut akan kena blokir sepenuhnya.

Kominfo memberlakukan Registrasi Nomor Seluler Prabayar menggunakan Nomor Induk Kependudukanm (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Baik untuk registrasi baru nomor perdana dan registrasi ulang nomor lama.

Melakukan Registrasi baru dan registrasi ulang yaitu dengan cara mengirimkan format SMS registrasi dan registrasi ulang yang sesuai aturan operator seluler.

Cara Registrasi Kartu Indosat Terbaru

cara registrasi kartu indosat

Proses registrasi kartu Indosat-mu gagal? Mengapa demikian? Banyak sekali laporan gagal registrasi yang penyebabnya adalah Nomor KK yang berubah karena penggantian Kartu Keluarga (faktor pernikahan, pecah anggota keluarga, dan lain sebagainya). 

Dalam beberapa kasus, pengguna diharuskan menghubungi Dinas Kependudukan setempat untuk mengurusnya. Jika semua sudah sesuai, berikut cara registrasi kartu Indosat yang cepat dan praktis.

1. Cara Registrasi Kartu Indosat via SMS

cara registrasi kartu indosat

Cara ini merupakan yang termudah dan paling umum, karena tidak membutuhkan akses internet. Mengirim SMS untuk melakukan registrasi sendiri tidak ada biaya alias gratis.

Jadi, pengguna yang membeli kartu baru tanpa pulsa tetap bisa melakukan pendaftaran.

  • Yang harus kamu siapkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor KK.
  • Kemudian kirim pesan ke 4444 dengan format NIK(tanda pagar)Nomor KK(tanda pagar).

Contoh: 1234567890123444#1234567890133456#. Setelah sukses mengirimnya, tunggu beberapa saat sampai kamu mendapat SMS balasan yang menyatakan proses telah berhasil. Mudah, kan?

Meski terlihat gampang, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, pastikan NIK dan Nomor KK yang kamu masukkan 16 digit. Pasalnya, proses akan gagal jika kamu kurang atau lebih memasukkan jumlah digit.

Baca juga : Cara Transfer Pulsa Indosat

2. Cara Registrasi Kartu Indosat Secara Online

registrasi kartu indosat

Cara kedua ini tergolong masih mudah, tapi kamu membutuhkan koneksi internet. Jika tidak memiliki akses, kamu bisa menggunakan cara pertama. Untuk melakukan registrasi online, kamu bisa menggunakan sarana ponsel maupun komputer.

Yang pertama, buka laman berikut ini, masukkan nomormu pada kolom yang tersedia, kemudian klik verifikasi.

Setelah itu, kamu akan mendapat SMS berisi kode untuk dimasukkan ke langkah selanjutnya.

Kalau sudah, Anda harus memasukkan Nomor NIK dan nomor KK. Sama seperti cara registrasi menggunakan SMS, pastikan kamu tidak salah memasukkan jumlah digitnya.

3. Cara Registrasi Kartu Indosat via Contact Center

cara registrasi kartu indosat

Cara berikutnya untuk registrasi kartu Indosat adalah dengan menghubungi Contact Center Indosat.

Kamu bisa melakukan panggilan ke 185, kemudian ikuti arahan dari petugas Indosat. Kamu akan diminta menyebutkan nama lengkap, alamat sesuai KTP, serta NIK dan Nomor KK.

Pastikan jangan keliru mengeja. Jika sudah selesai, tunggu beberapa saat sampai mendapat notifikasi yang menyebutkan bahwa registrasimu berhasil.

4. Cara Registrasi Kartu INDOSAT via Gerai Indosat

registrasi kartu indosat

Jika Anda gagal dalam melakukan registrasi dengan dua cara tersebut, satu-satunya jalan adalah mendatangi gerai Indosat.

Petugas gerai akan membantu Anda untuk menuntaskan registrasimu. Yang perlu kamu bawa adalah kartu Indosat-mu, KTP, dan Kartu Keluarga.

Khusus para WNA

kaskus.id

Khusus untuk Warga Negara Asing, satu-satunya cara untuk registrasi adalah dengan mendatangi gerai. Yang kamu harus siapkan adalah paspor/KITAS/KITAP (Kartu Izin Tinggal Terbatas/Tetap).

Petugas akan melakukan verifikasi dengan mencatat nama, nomor paspor, tempat dan tanggal lahir, serta status kewarganegaraan yang bersangkutan. Tidak perlu khawatir, tidak ada biaya yang dibebankan pada pendaftar.

Cek Status

Langkah ini tak kalah penting dengan beberapa cara registrasi di atas. Kamu perlu mengecek nomor kamu apakah sudah berhasil terdaftar atau belum. Kamu bisa menggunakan cara-cara  untuk mengecek status nomormu.

  • kirim SMS ke 4444 dengan format seperti ini : INFO(tanda pagar)nomor ponselmu. Contoh: INFO#085612345678. Setelah itu, kamu akan mendapat notifikasi apakah nomor kamu telah sukses terdaftar atau tidak. Jika belum terdaftar, kamu harus melakukan proses registrasi lagi.
  • masuk ke laman https://myIndosat.indosatooredoo.com/ceknomor/ dan ikuti langkah-langkahnya. Masukkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga pada kolom masing-masing, lalu klik periksa.
  • Menggunakan aplikasi MyINDOSAT yang bisa kamu download melalui nApp Store maupun Playstore. Pada pengaturan profil, tertera tulisan terdaftar jika kamu sudah berhasil dalam proses registrasi.

Nah, Demikianlah bagaimana cara registrasi kartu Indosat dengan mudah. Bagaimana? cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sebelum saya tutup, bagi pengguna smarfren bisa ikuti cara registrasi berikut ini.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *