Meningkatkan Penjualan di Konter Kasir

konter kasir

Usai menggunakan pilihan aplikasi kasir terbaik tugas Anda sebagai pemilik usaha ritel tak berhenti disitu saja. Meja kasir adalah area yang cukup tricky untuk meningkatkan penjualan di toko Anda.

Coba perhatikan pada minimarket atau supermarket manapun, pada checkout counter pasti ada banyak produk yang didisplay. Fungsi dari display produk bukan sekedar memenuhi area kasir saja tetapi juga pendukung penjualan.

Bagaimana cara Anda bisa memaksimalkan penjualan yang terdapat di konter kasir? Simak tips lengkapnya di sini.

Tips untuk Memaksimalkan Penjualan di Konter Kasir

konter kasir

Produk yang didisplay pada konter kasir sebenarnya bisa didapatkan oleh konsumen pada rak display dalam toko. Konter yang menjadi interaksi terakhir konsumen dengan toko.

Tak heran jika konter kasir adalah celah yang bisa pebisnis manfaatkan. Supaya hasilnya maksimal, ada beberapa trik khusus yang harus Anda lakukan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa menarik pengunjung untuk membeli.

1. Desain konter harus menarik

Hal pertama yang wajib adalah apakah desain konter menarik perhatian pengunjung. Anda mungkin berencana untuk meletakkan banyak barang tetapi ingat semuanya perlu tersusun secara rapi.

Kebersihan dan kerapian akan menjadi nilai plus di mata pengunjung. Saat terjadi transaksi juga lebih nyaman dan berikan produk-produk yang hendak di upsalle pada konter.

Perhatikan penggantian display Anda bisa melakukannya lebih sering untuk menarik perhatian.

2. Memberikan penawaran khusus

Semua produk di konter kasir akan lebih baik jika memiliki penawaran khusus. Diskon, promo, bundling dan penawaran lainnya harus dijelaskan dalam bentuk tanda.

Sehingga ketika sedang terjadi transaksi konsumen bisa membaca dan tertarik. Penawaran ini cukup strategis apalagi jika Anda sudah mengemasnya dalam paket.

Pengunjung yang awalnya tidak tertarik dengan produk tersebut akan membelinya karena ada penawaran harga secara khusus. Buatlah informasi yang detail dan mudah dibaca.

Tambahkan gambar agar konsumen tidak bingung dengan promo yang ditawarkan. Berikan font dan tulisan yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Baca Juga : “Rekomendasi Jualan Yang Laris Masa Kini”

3. Mewajibkan kasir mengingatkan program promo

Berikan informasi kepada petugas kasir mengenai promo yang tersedia. Jika terdapat promo yang tidak tercantum dalam teks atau tulisan di sekitar kasir, maka petugas kasir wajib mengingatkan.

Ingatkan konsumen sebelum transaksi selesai sehingga mereka tertarik. Informasi yang disampaikan secara verbal akan menarik perhatian konsumen yang tidak sempat membaca. Pastikan penyampaiannya jelas.

4. Sesuaikan barang dengan event

Satu tips lagi yang bisa Anda terapkan pada toko, yaitu menyediakan barang sesuai dengan event yang sedang berlangsung.

Misalnya saja menjelang hari raya, Anda mungkin akan menyediakan parcel atau makanan ringan dalam bentuk paket.

5. Sistem POS harus terus diperbaharui

Jangan lupa untuk memperbaharui sistem POS yang tersedia. Alasannya untuk mengingatkan kasir bahwa terdapat promo. Selain itu juga akan mempermudah transaksi dan pencatatan.

Proses transaksi nantinya akan terjadi lebih singkat tanpa kasir harus mencatat lagi atas transaksi promo. Lakukan edukasi terhadap kasir agar mereka ingat dan mudah melakukan transaksi.

Petugas kasir harus paham akan promosi dari produk konter yang berlaku.

6. Sertakan katalog atau brosur

Cara lain untuk mengingatkan penjualan adalah dengan memberikan katalog produk atau brosur. Sertakan selebaran promosi ini pada setiap kantong belanja konsumen.

Sehingga mereka akan tertarik untuk berbelanja lagi ke toko. Buat katalog atau brosur yang menarik dan jelaskan promosi dengan benar.

Apakah promo tersebut hanya untuk jenis pembayaran khusus. Sertakan juga tanggal promo berlaku agar konsumen tidak ketinggalan.

ARTIKEL TERKAIT : “Contoh Desain Brosur Kekinian untuk Berbagai Jenis Bisnis”

7. Pilih merchandise yang sesuai

Anda juga bisa menambahkan merchandise pada konter. Pilihlah merchandise yang menarik dan pastikan sesuai dengan promo.

Misalnya saja pembelian mie instan 5 bungkus mendapatkan merchandise piring atau gelas. Buat merchandise semenarik mungkin untuk menarik perhatian.

Paling mudah adalah mainan anak-anak atau peralatan rumah tangga. Jangan lupa juga hitung harga merchandise dan produk sehingga tidak mengurangi untung.

Akhir Kata

Demikianlah Tips Mudah Meningkatkan Penjualan di Checkout Counter yang bisa Anda coba.

Melalui strategi yang tepat, Anda bisa meningkatkan penjualan di konter kasir dengan pesat. Sortir kembali produk apa yang rencananya akan didisplay sehingga menarik perhatian.

Aldo Faisal Umam
I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.