Ide Bisnis Kreatif

11 Likes Comment
ide bisnis kreatif

Faktor penting saat membangun bisnis adalah ide kreatif. Kreatifitas akan menentukan pembeda bisnis Kita dengan yang lainnya. Ide juga akan menentukan arah bisnis kedepan. Itulah kenapa ide harus kreatif.

Bicara soal bisnis, Anda yang memiliki keahlian kreasi tertentu yang unik akan membuat mu memiliki keunggulan tersendiri.

Bagi Anda yang ingin sekali mencoba sebuah usaha pada bidang seni kreatif namun tidak tahu ide untuk mengimplementasikan apa yang ada dalam pikiran Anda? Atau Anda sendiri sama sekali belum menemukan ide bisnis kreatif mu yang cocok dengan passion Anda?

Berikut ini ada beberapa ide bisnis yang bisa coba Anda renungi dan tekuni terlebih jika ada salah satu ada beberapa yang sesuai dengan passion Anda.

Ide Bisnis Kreatif yang Unik dan Jarang Ada

Setidaknya akan Saya uraikan 23 jenis usaha yang bisa jadi ide bisnis untuk Anda, terutama yang sama sekali belum menemukan ide tentang bisnis apa yang tepat untuk Anda mulai.

Namun, sebelum Anda memulai bisnis tersebut Anda harus tahu terlebih dulu bagaimana cara memulai bisnis. Simak ulasan singkatnya di artikel lain tentang cara memulai bisnis.

Langsung saja, dibawah ini adalah jenis usaha atau bisnis kreatif yang bisa jadi referensimu.

1. Tas Rotan

Anda yang memiliki keterampilan tangan, bisa membuat tas dari rotan. Apalagi saat ini tas rotan sangat amat terkenal hingga ke luar negeri.

Tas  yang terbuat dari rotan ini menjadi bisnis kreatif di dunia karena menarik minat banyak turis mancanegara. Jadi kalau memang Anda memiliki bakat pada bidang ini, mengapa tidak untuk menggelutinya?

2. Desain Undangan

Anda yang bisa bisa menggunakan software Photoshop atau Corel dan bisa membuat desain undangan pernikahan, Anda bisa menjadikannya bisnis yang menjanjikan.

Cobalah desain undangan yang anti mainstream supaya menarik banyak orang-orang yang ada di sekitar Anda.

3. Sewa Dekorasi Photobooth

Bisnis kreatif satu ini cocok bagi Anda yang jago sekali mendekorasi mengingat saat ini banyak orang-orang yang membutuhkan dekorasi photo booth untuk event ataupun untuk acara tunangan.

4. Cemilan Unik

Kalau Anda memang memiliki hobi memasak dan suka bereksperimen, Anda bisa membuka bisnis camilan unik. Banyak orang yang menyukai makanan-makanan yang menarik.

Jadi, cobalah untuk berkreasi sebisa mungkin dengan pengetahuan dan pengalaman Anda pada bidang kuliner.

5. Produk Olahan Organik

Saat ini banyak sekali orang yang ingin menerapkan hidup sehat dan Anda bisa memanfaatkan peluang ini menjadi ide bisnis yang menguntungkan dengan membuat produk olahan makanan berbahan organik.

Seperti smothies dari sayur dan buah organik, salad dari bahan organik atau makanan bayi dari bahan organik.

6. Tote Bag Dari Sampah Daur Ulang

Apabila Anda memiliki banyak bungkus plastik dalam lingkungan Anda baik itu bekas deterjen, makanan ringan ataupun sampah plastik lainnya.

Anda bisa membuat kreasi tote bag dari sampah plastik yang tidak digunakan. Bisnis kreatif yang go green ini banyak ditekuni oleh ibu rumah tangga.

Selain menciptakan kerajikan yang unik, Anda juga berkontribusi dalam pengolahan sampah di lingkungan mu.

7. Jasa  Pembuat Konten

Bagi Anda yang memiliki banyak ide yang kreatif dan inovatif, Anda bisa membuat jasa pembuatan konten mengingat banyak orang yang membutuhkan layanan ini.

Bisnis terbaru di era millenial ini menawarkan layanan berupa video, audio, gambar atau bisa juga melalui tulisan.

Salah satu sasaran yang potensial adalah para pemilik bisnis yang promosinya melalui media sosial dan tidak sempat atau kurang baik dalam membuat konten.

8. Kartu Undangan Digital

ide bisnis kreatif

Nah, bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang paham seni dan teknologi. Mengingat saat ini banyak sekali yang membutuhkan undangan pernikahan digital.

Anda bisa memanfaatkan bakat yang Anda miliki menjadi sebuah ide bisnis kreatif berbasis teknologi yang menguntungkan.

9. Kalender Custom Made

Bagi Anda yang jago desain, Anda juga bisa menjual kalender dengan desain unik atau bisa juga kalender custom dengan foto-foto customer yang ingin memesan kalender buatan. Usaha ini cukup banyak diminati oleh orang-orang

10. Bisnis Scrapframe

Scrap-frame adalah sebuah figura yang nantinya akan dihias dengan beberapa potongan gambar bisa juga foto ataupun tulisan tangan dengan tampilan yang 3D.

Figura ini sangat banyak peminatnya, sebagai hadiah wisuda bisa juga orang gunakan sebagai hadiah pernikahan. Mahasiswa sangat cocok menjalankan bisnis scrapframe ini.

11. Jual Barang Antik

Menjual barang-barang antik dan kuno juga bisa menjadi ide bisnis yang bisa Anda geluti karena barang antik ini ibarat sebuah permata yang banyak orang – orang cari.

Barang antik ini memiliki nilai seni yang tinggi dan apabila Anda bisa menjualnya kepada orang yang tepat, Anda bisa mendapatkan untung yang tinggi. Banyak pebisnis yang sukses dengan ide usaha ini.

12. Produk Daur Ulang

Banyak sampah plastik di sekitar Anda yang tidak bisa digunakan lagi? Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar Anda menjadi sebuah kerajinan tangan baik itu sandal atau alat rumah tangga lainnya.

Banyak sekali barang-barang peralatan rumah tangga yang dibuat dari bahan daur ulang. Bisnis modal kecil ini hanya memerlukan barang-barang yang bisa didaur ulang

13. Sayuran Siap Masak

Apabila Anda seorang wanita rumahan yang memiliki passion di bidang memasak, Anda bisa menjual sayuran yang siap dimasak.

Jadi Anda bisa mengasah kreativitas pada bidang kuliner dengan membuat sayuran dengan bumbu dan Anda bekukan kemudian Anda jual dalam bentuk beku dan bisa Anda panaskan dalam waktu 10 menit. Bisnis baru ini cukup menguntungkan.

14. Fotografer

Fotografer adalah bisnis yang tepat untuk Anda yang memang memiliki jiwa kreatif dan memiliki bakat pada bidang seni.

Anda bisa menjadi fotografer pernikahan wisuda, foto produk perusahaan dan sebagainya. Coba ajukan proposal ke beberapa perusahaan advertising untuk mengajukan kerjasama.

15. Videografer

ide bisnis kreatif

Bisnis kreatif selanjutnya yakni videografer yang bidangnya hampir sama dengan fotografer namun lebih ke video. Jadi Anda bisa merekam video pernikahan, prewedding, lamaran, maupun event-event lainnya.

16. Jasa Ilustrasi

Anda yang memiliki passion pada bidang seni dan bisa bisa membuat gambar ilustrasi, Anda bisa membuat bisnis jasa ilustrator. Anda bisa memasarkan melalui sosial media bagi siapa saja yang membutuhkan jasa Anda.

Selain membukan jasa ilustrator, bagi Anda yang kompeten dalam bidang ini bisa menciptakan banyak desain untuk dimasukan dalam microstock seperti ShutterStock ataupun Creative Fabrica.

17. Food Truck

Usaha food truck juga banyak peminatnya terutama oleh anak muda. Bisnis kreatif satu ini cukup mudah Anda jalankan karena Anda hanya perlu menjual makanan melalui truk. Anda bisa menjual makanan siap saji yang mudah.

18. Sewa Wardrobe

Anda memiliki koleksi gaun yang indah atau dress yang mewah tapi jarang sekali digunakan? Maka Anda bisa membuka bisnis penyewaan wardrobe.

Jadi, daripada dress atau pakaian bagus Anda hanya tersimpan pada lemari, mengapa tidak untuk kamu sewakan?

19. Bucket Bunga

ide bisnis kreatif

Buat Anda yang suka sekali dengan kerajinan dan memiliki tangan yang tampil, Anda juga bisa mencoba bisnis buket bunga.

Anda bisa menjual dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 100.000 tergantung dengan isian bunganya.

20. Bucket Snack

Selain  buket bunga, ide bisnis kreatif mahasiswa satu ini juga cukup populer.

Apabila Anda memiliki keterampilan merangkai, bisa mencoba bisnis bucket snack.

Karena bucket yang berisi jajanan ini banyak dicari oleh orang-orang yang ingin memberikan hadiah wisuda namun dengan harga yang minimalis.

21. Kreasi Mahar

Kalau Anda memiliki keterampilan dalam menyusun atau merancang sebuah item barang, Anda bisa mencoba bisnis kreasi mahar, kotak lamaran atau bisa kotak hantaran.

Contoh ide bisnis kreasi mahar dan juga kotak hantaran ini belum banyak orang lain geluti sehingga Anda bisa berkreasi sebagus mungkin.

22. Jasa Henna

Anda yang memiliki hobi menggambar atau melukis bisa sekali mencoba bisnis jasa henna.

Mengingat  banyak sekali wanita yang ingin menggelar resepsi dengan menghenna kedua tangannya Bisnis tanpa modal ini bisa Anda manfaatkan dengan sebaik mungkin.

23. Make Up Artist (MUA)

Memiliki bakat untuk merias? Bisa sekali Anda manfaatkan bakat Anda ini menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan, apalagi modal yang Anda miliki juga tidak begitu banyak asal Anda bisa merias dengan indah. Anda bisa memasarkan jasa dan layanan Anda untuk acara-acara seperti wisuda atau prewedding.

Banyak  sekali di desa-desa yang sudah memberdayakan ibu rumah tangga untuk memanfaatkan sampah plastik yang ada di sekitarnya.

Bagaimana? Apakah Anda masih bingung bagaimana cara menemukan ide- ide bisnis kreatif dan inovatif yang sekiranya bisa Anda tekuni?.

Jika salah satu dari 23 hal di atas ada yang sesuai dengan passion sekaligus keahlian Anda, tidak ada yang salah untuk mencoba memulainya.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *