Teruntuk para mahasiswa yang sedang berjuang dalam penulisan tugas akhir baik tesis maupun disertasi, Anda pasti tidak lepas dari bayang – bayar jurnal sebagai referensi yang wajib Anda cantumkan. Tulisan ini bisa akan sangat membantu bagi Anda yang kesulitan download jurnal internasional secara gratis.

Sebelum kita mengerti bagaimanna cara mengunduh jurnal internasional, Anda bisa lihat terlebih dahulu situs apa saja yang menyediakan jurnal internasional yang kredibel.

Tidak semua jurnal memberikan open access bagi para penggunanya, untuk mengatasi masalah akses tersebut maka ada cara untuk tetap dapat menunduh jurnal internasional walaupun terkunci karena akses berbayar.

Sebenarnya tindakan ini adalah bentuk tindakan yang ilegal, karena tindakan terbaik adalah berlangganan dengan cara mebayar. Namun dengan banyak keterbatasan dan tersedianya alternatif justru menjadi solusi untuk mendapatkan akses secara bebas.

Apabila Anda berhasil menemukan jurnal dengan artikel yang open access maka Anda secara legal dapat mengunduh semua tulisan didalanya. Nah, untuk mengatasi kesulitas dalam unduhan jurnal internasional yang berkualitas karena akses berbayar, maka cara – cara berikut bisa kita manfaatkan sebagai solusi untuk menyelesaikan tugas dan kebutuhan kita berkaitan dengan jurnal ilmiah.

Cara Download Jurnal Internasional dengan Bantuan SCI-HUB

Cara pertama yang saya rekomendasikan adalah melalui tools yang disediakan oleh SCI-HUB. Tools yang diberikan SCI-HUB ini berfungsi menghapus akses yang tertutup. Anda dapat mulai mendownload dengan cara klik link SCI-HUB. Kemudian ikuti langkah – langkah berikutnya.

Pertama, buka situs penyedia jurnal yang artikelnya ingin Anda download. Dalam hal ini saya misalkan mencari di Sciencedirect dengan kata kunci Business Succession.

Download Jurnal
Image: ScienceDirect

Kedua, Pilih salah satu artikel yang sesuai dengan tujuan pencarian Anda kemudian klik salah satu artikel tersebut.

Download Jurnal
Image: ScienceDirect

Ketiga, Lihat pada gambar di bawah tertulis Get Access (lingkaran merah) yang artinya artikel jurnal ini tidak bisa didownload secara langsung. Cara downloadnya adalah Anda copy kan kode atau alamat DOI nya. (Lihat gambar kotak kuning).

Download Jurnal
Image: ScienceDirect

Keempat, Buka alamat SCI-HUB untuk mulai mendownload jurnal yang sudah kita pilih sebelumnya. Tempelkan atau paste kode alamat DOI pada kolom search dihalaman SCI-HUB kemudian klik Open.

Download Jurnal
Image: Sci-Hub

Kelima, Hasilnya akan tampil preview full text pdf nya dan Anda bisa langsung download artikelnya setelah preview tampi secara penuh. Klik icon download dibagian kanan atas.

Download Jurnal
Image: Sci-Hub
Download Jurnal
Image: Sci-Hub