Cara Mengatur Margin Di Word

17 Likes Comment
Cara Mengatur Margin Di Word

Apabila dari kalian ada yang sedang berkuliah pasti akan mendapati dengan yang namanya skripsi bukan? Nah, disini penulis akan menjelaskan bagaimana cara  mengatur margin pada skripsi kamu menjadi ukuran 4 4 3 3 pada Microsoft word.

Beberapa dari kalian mungkin akan menggunakan margin ini. Apabila kalian sedang bingung bagaimana caranya untuk mengganti margin skripsi yang berada di Microsoft word penulis akan menjelaskan dalam artikel ini.

Terkadang untuk mengatur margin juga membingungkan tetapi penulis akan menjelaskan secara singkat dan jelas juga secara detail supaya kamu memahami dan bisa mengikuti arahannya.

Langkah–langkah atau cara yang penulis berikan tidak terlalu rumit kamu hanya perlu mengatur sedikit pada tab page layout.

Apa itu Margin dan Cara Mengaturnya

Margin adalah jarak antar tepi kertas atau halaman yang ada pada Ms word. Ketika Kamu akan atau ingin membuat skripsi, pasti skripsi tersebut memiliki ukuran standar.

Apabila ingin mengatur ukuran margin maka Kamu harus mengatur margin sebelum membuat atau mengetik pada dokumen agar hasil terlihat baik.

Karena jika diatur pada akhir–akhir tulisan pada dokumen tersebut juga akan berpengaruh apabila kita mengganti ukuran margin.

Untuk ukuran kertas yang tepat pada saat akan membuat skripsi yaitu menggunakan ukuran kertas A4.

Pada umumnya skripsi itu sendiri memerlukan pengaturan margin khusus agar tidak disamakan dengan pembuat artikel atau makalah apalagi seperti membuat surat menyurat.

Ukuran kertas yang digunakan pun harus menggunakan A4 agar semua ukuran pada margin skripsi sama.

Ukuran margin yang biasa mahasiswa gunakan untuk membuat skripsi ini adalah dengan Top 4 cm, Left 4 cm, Bottom 3 cm, dan untuk Right 3 cm.

Skripsi juga memiliki aturannya sendiri yang membuat kebanyakan mahasiswa kewalahan dalam setiap menghadapi skripsi dan banyak yang juga selalu gagal.

Kamu bisa mengatur margin pada Microsoft word pada tab page layout lalu menuju pada pengaturan page setup.

Artikel ini sudah ada dengan gambar supaya menjelaskan lebih detail yang membuat Kamu menjadi tidak kebingungan pada saat mengikuti langkah–langkah yang ada.

Cara Mengatur Margin Di Word

Berikut ini merupakan step-step untuk mengatur margin skripsi 4 4 3 3 pada Microsoft Word. Ikuti langkah–langkah berikut ini dengan baik dan benar supaya menghasilkan hasil yang memuaskan.

1. Langkah Pertama

Buka dokumen baru pada Microsoft word, jika sudah membuka maka silahkan pilih menu tab page layout yang ada pada menu bar dan klik kotak kecil pada menu page setup yang berada pada pojok kanan bawah.

Kamu juga bisa klik pada margin dan pilih customize tetapi  penulis menggunakan cara cepat agar langsung membuka pengaturan page setup.

2. Langkah Kedua,

Nanti akan muncul pop up dari pengaturan page setup. Nah, yang pertama kali muncul adalah pengaturan margin.

Untuk mengatur margin ini Kamu hanya perlu memasukkan Angka untuk margin yang akan kamu ganti. Yaitu memasukkan angka seperti : Top 4 cm, Left 4 cm, Bottom 3 cm, dan untuk Right 3 cm.

Cara Mengatur Margin Di Word

3. Langkah Ketiga,

Jika kamu sudah mengatur margin pada halaman Microsoft word maka langkah selanjutnya yaitu mengatur ukuran kertas. Nah klik pada bagian paper, jika sudah klik maka pilih pada paper size ukuran A4 dan klik. Jika ingin isi angka.

Maka Kamu bisa mengisi ukuran tersebut dengan width : 21 cm, height : 29,7 cm. maka kertas akan menjadi ukuran A4.

Tetapi jika ingin lebih cepat maka langsung saja klik pada paper size dan pilih A4. Jika sudah mengatur semuanya maka langsung saja klik ok.

Baca Juga “Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word”

Cara Membuka Page Setup dengan cepat

Untuk membuka Page Setup dengan cepat, dan tidak harus mengklik Ribbon Page Layout > Margin dan pilih Custom Margin. Yaitu dengan cara double-klik pada ruler pada bagian samping kiri area kerja Microsoft Word.

Apabila pada bagian samping kiri belum ada penggaris-nya, silakan kamu ikuti tutorial pada artikel berikut untuk menampilkan ruler pada Word.

Akhir Kata

Nah, sekarang Kamu sudah mengetahui bukan ? bagaimana cara mengatur ukuran margin pada Microsoft word dan sedikit tips membuka page setup dengan cepat.

Mudah bukan, Kamu tidak perlu melakukan cara berbelit– belit hanya perlu mengganti angka saja dan mengatur ukuran kertas menjadi A4.

Tetapi ada juga Microsoft word yang sudah teratur pada ukuran kertas A4 jadi Microsoft word Kamu yang sudah begitu tidak perlu kamu atur kembali.

Kamu hanya perlu mengganti ukuran margin saja. Untuk selanjutnya ketika Kamu ingin mengatur margin pada skripsi.

Kamu tidak perlu bingung karena Kamu sudah menemukan solusinya dan Kamu juga sudah mengetahui bagaimana mengatur margin 4 4 3 3 yang ada pada Microsoft word.

Sekian artikel yang bisa penulis jelaskan apabila ada kurangnya dan juga salah kata atau penulisan yang tidak berkenan dalam hati Kamu kami memohon maaf sebesar–besarnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa berguna. Terima kasih juga Kamu telah mengunjungi website kami. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *