Cara Cepat Membuat Desain Kartu Nama Elegan dalam 15 Menit

13 Likes Comment
cara membuat desain kartu nama

Setelah sekian lama akhirnya saya kembali nulis tentang desain. Terakhir kali bikin artikel desain september lalu, yaitu cara membuat desain cover. Kali ini saya hadir lagi untuk meramaikan dunia desain dengan artikel cara membuat desain kartu nama.

Bicara soal kartu nama, dulu seringkali kita mengandalkan percetakan untuk membuatnya dari desain sampai cetak. Saat ini kita juga tetap bisa mengandalkan jasa desain online untuk membuatkan kartu nama.

Bikin kartu nama juga bisa pake tools online seperti Canva, namun desain yang tersedia terbatas dan harus dikerjakan secara online.

Nah,dalam artikel ini saya berusaha menunjukan cara membuat desain kartu nama yang keren, elegan dan profesional tapi bisa dibuat dengan mudah bahkan cenderung cepat.

Sebelum saya sampaikan cara desain kartu nama, bagi yang butuh juga dengan teknik desain brosur keren baca artikelnya disini. Oke, mari kita simak cara desain kartu nama brikut ini:

Cara Membuat Desain Kartu Nama Keren dan Elegan

Saya uraikan dalam beberapa langkah dibawah ini, mulai dari menyiapkan aplikasi, sampai desain templateuntuk membuat kartu namanya.

1. Siapkan Aplikasi Desain

Seperti pada tutorial sebelumnya saya masih menyarankan untuk menggunakan adobe ilustrator. Jika belum punya softwarenya silahkan download dan install dulu versi portablenya di sini.

Setelah selesai install buka aplikasinya, tampilannya seperti gambar dibawah ini.

cara membuat desain kartu nama
Sumber: Abduweb.com

2. Siapkan Template Desain Kartu Nama

Seperti bisa kita gunakan freepik untuk mengambil template desain kartu nama. Kare di freepik tersedia banyak bahkan sangat banyak referensi desain kartu nama.

Berikut ini saya contoh sejumlah desain untuk membuat kartu nama yang bisa di ambil templatenya dari freepik.

cara membuat desain kartu nama
Contoh Kartu Nama 1, Sumber: Freepik.com

Nah, silahkan download salah satu desain kartu nama di freepik sesuai selera pastinya. Cari di freepik dengan kata kunci “name card”. Ingat gunakan kata kunci bahasa inggris. (Lihat gambar)

cara membuat desain kartu nama
Sumber: Freepik.com

Untuk cara downloadnya bisa ikuti pada artikel download vector freepik gratis. Kok suka banget pake freepik?. Ya, selagi freepik masih kasih gratis aku tetap menyukainya.

3. Lakukan Proses Editing

Ekstrak file hasil dowload dari freepik, kemudian buka aplikasi Adobe Ilustrator.

Buka atau Klik Open untuk mengambil file hasil ekstrak. Ingat file yang diambil adalah yang berekstensi .ai (adobe ilustrator) atau .eps (Encapsulated PostScript).

cara membuat desain kartu nama 4
Sumber: abduweb.com

Gambar diatas menunjukan file desain kartu nama yang sudah saya buka. Terdapat dua gambar yaitu sisi depan dan sisi belakang. Kita bisa ambil keduanya atau sisi yang terdapat identitas saja.

Saya pilih sisi kartu nama yang ada identitasnya. Kemudian edit nama, jabatan, alamat email, no telepon dan alamat.

cara membuat desain kartu nama
Sumber: abduweb.com

Bisa juga tambahkan logo brand atau perusahaan mu. Caranya klik open dan ambil file gambar, kemudian drag drop gambar ke dalam area desain kartu nama, lalu tempatkan sesuai kebutuhan.

Dengan begitu maka desain kartu nama sudah berhasil kita buat. Sangat cepat kan?. Jika dihitung dengan waktu maka tidak sampai 15 menit. Hasilnya desainya sebagai berikut:

cara membuat desain kartu nama
Sumber: abduweb.com

4. Kesimpulan

Kita telah menyelesaikan tutorial membuat desain kartu nama hanya dalam 15 menit saja. Selanjutnya desain bisa teman teman cetak sesuai kebutuhan.

Jika tidak percaya ini cepat, maka buktikan sendiri. Hehe. Untuk cara cetaknya kapan – kapan saya akan bahas di artikel lainnya. Semoga tutorialnya bermanfaat, dan saya ucapkan terimakasih.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *