Cara Mencari dan Menemukan Jurnal yang Terindex Scopus

10 Likes 1 Comment
cara mencari jurnal scopus

Terdapat lebih dari 22 ribu artikel dan 5 ribu penerbit jurnal di database scopus seperti yang dijelaskan oleh wikipedia. Scopus juga menjadi ukuran jurnal internasional yang bereputasi dan berkualitas. Namun bagaimana cara mencari jurnal yang terindex scopus?

Tentang cara mencari jurnal scopus nanti kita bahas di sini secara detail, namun sebelum itu perlu di ketahui bahwa tidak semua jurnal internasional pasti terindex scopus. Dari 1.682 jurnal terakreditasi di Indonesia, hanya ada 38 jurnal saja yang terindex scopus.

Maka sebelum kita menerbitkan ke jurnal internasional yang terindex scopus. Kita bisa cek terlebih dulu, jurnal tersebut telah terindex scopus atau tidak. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya, untuk tahu cara maka lanjutkan baca artikelnya sampai habis.

Cara Mencari Jurnal yang Terindex Scopus

Simak dengan baik ya, ini dua cara untuk mengetahui jurnal internasional yang sudah terindex scopus.

1. Melihat langsung Index Scopus ke Homepage Jurnalnya

Cara ini terbilang sederhana, namun cara ini bisa dilakukan hanya jika kita telah mengetahui nama jurnalnya. Saya misalkan dengan satu jurnal yang kita temukan dari hasil googling atau rekomendasi dari tempat lain yaitu jurnal “International Journal of Electrical and Computer Engineering”.

Cari jurnal tersebut di google atau langsung kunjungi websitenya, maka kita bisa liat melalui informasi didalamnya.

cara mencari jurnal yang terindex scopus
Sumber: IJECE

Gambar diatas yang ada dalam kotak warna merah adalah petunjuk bahwan jurnal tersebut telah terindex scopus predikat Q2. Maka dengan ini cukup untuk menyimpulkan jurnal tersebut terindex scopus.

Jika websitenya tidak ada informasi tersebut maka cara berikutnya masuk pada menu About -> Polices -> Abstracting and Indexing. Maka akan muncul list indexingnya.

cara mencari jurnal scopus
Sumber: IJECE

Pada bagian indexing sesuai gambar di atas terdapat informasi terindex scopus (lihat panah pada kotak merah). Jika kata scopus tersebut di klik maka akan terdapat informasi lebih detail.

2. Dengan Cara Mencari Jurnal Scopus melalui Scimago Jr

Cara ini terbilang yang paling benar dan efektif. Iya karena Scopus dan Scimago masih satu atap. Maka semua jurnal yang terdapat di portal atau database Scimago Jr maka bisa dipastikan jurnal tersebut telah terinde4x scopus.

Langsung saja caranya adalah kunjungi website Scimago Jr. Maka kita akan menemui tampilan homepage nya seperti berikut ini.

cara mencari jurnal yang terindex scopus
gambar: Scimago Jr

Berikutnya lakukan pencarian melalui kolom pencarian sesuai gambar di atas. Untuk kata kunci pencarian bisa menggunakan nama jurnal, ISSN atau penerbit. Sebagai contoh saya misalkan satu jurnal dengan keterangan berikut:

  • Nama Jurnal: International Journal of Technology
  • ISSN: 20869614
  • Penerbit: Faculty of Engineering Universitas Indonesia

Menggunakan Nama Jurnal

Kita coba menggunakan nama jurnal terlebih dulu, masukan nama jurnal di atas pada kolom pencarian. Kemudian hasilnya akan muncul banyak jurnal dengan nama yang mirip.

cara menemukan jurnal scopus
Gambar: Scimago Jr

Pencarian menunjukan 139 hasil yang mirip dengan jurnal yang sedang kita cari. Maka untuk menemukanya kita cari satu per satu, atau menggunakan fitur find (ctrl+f).

Menggunakan ISSN Jurnal

Pencarian berikutnya bisa dengan menggunakan ISSN dari jurnal tersebut, caranya copy ISSN masukan ke pencarian tanpa tanda strip (-).

cara mencari jurnal scopus
Gambar: Scimago Jr

Menggunakan ISSN terbilang ampuh dan tepat sasaran, karena langsung muncul 1 hasil pencarian yang tepat. Dengan jurnal telah ditemukan.

Menggunakan Penerbit Jurnal

Pencarian ketiga yang bisan kita lakukan di Scimago Jr adalah dengan memasukan nama penerbit jurnalnya.

cara mencari jurnal scopus
Gambar: Scimago Jr

Pencarian menggunakan nama penerbit juga menunjukan hasil yang sangat efektif, langsung ketemu jurnal yang dicari.

Pesan: Jika dengan tiga bentuk pencarian di atas tetap tidak ada maka jurnal tersebut bisa dipastikan tidak ada di database Scimago dan Scopus. Kecuali ada salah atau typo. Begitulah kira – kira.

Demikianlah 2 cara yang bisa kita gunakan saat ingin mencari jurnal yang terindex scopus. Share jika bermanfaat dan berikan saran maupun diskusi dikolom komentar.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

1 Comment

  1. Hey are using WordPress for your blog platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own. Do you require any html coding expertise to make your own blog?
    Any help would be really appreciated!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *