Cara Melacak No HP Orang Lain

20 Likes Comment
cara melacak no hp

Terkadang kita mendapatkan sms atau telp dari orang tak kita kenal, sebenarnya ada cara untuk melacak no hp orang lain tersebut.

Anda mungkin pernah mendapat pesan nyasar atau tiba-tiba ada nomor yang tidak dikenal menelepon Anda dengan dalih meminta data untuk survei?

Atau nomor Anda yang tiba-tiba mendapatkan sms karena memenangkan hadiah dengan share link di sms? Apakah Anda tidak menyadari bahwa hal tersebut bisa saja penipu atau orang iseng dan perlu mencari cara melacak no HP tersebut.

Jika Anda merasa khawatir dengan hal itu, Anda bisa melacak nomor HP yang Anda rasa itu mengganggu, tapi apakah boleh?

Tentu saja boleh apalagi nomor tersebut sering menganggu Anda atau bahkan memaksa Anda memasukan data pribadi.

Oleh karena itu, berikut ini cara melacak nomor ponsel tidak dikenal, tidak hanya itu Anda juga bisa pakai cara melacak no hp ini untuk melacak nomor ponsel yang hilang.

ARTIKEL TERKAIT : “Cara Melacak HP yang Hilang”

Cara Melacak No HP yang Hilang

Di zaman serba teknologi seperti ini, tentunya untuk melacak nomor HP tidak sulit Anda lakukan karena perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Pastinya hal tersebut memudahkan Anda untuk mencari cara melacak no HP orang yang hilang dengan fitur teknologi yang sudah tersedia, terutama pada bagian akses internet atau data yang sudah pasti sangat memudahkan Anda untuk melacaknya.

Sementara melacak nomor HP juga memiliki fungsi tersendiri bagi penggunanya seperti melacak nomor teman yang sudah tidak ada kabarnya, ataupun bisa melacak HP yang hilang.

Jika Anda memiliki fungsi tersebut tentunya bisa Anda manfaatkan untuk pribadi Anda ataupun menolong orang lain. Berikut beberapa tips atau cara melacak no HP lewat internet.

1. Bantuan WA Web (WhatsApp Web)

cara melacak no hp melalui whatsapp

Cara pertama untuk melacak nomor hp atau ponsel yang hilang adalah menggunakan WA Web. Bagaimana caranya, simak ulasanya berikut ini.

Pertama, Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika melacak no HP lewat WA yaitu dengan mengaktifkan WhatsApp di web melalui komputer ataupun PC Anda.

Kedua, Cara kedua buka pesan paling terakhir orang yang ingin Anda lacak lokasinya, sebenarnya fungsi dari membuka pesan terakhir ini untuk mendapatkan alamat IP seseorang. Apabila pesan terakhir tersebut sudah berlalu dari beberapa hari sebelumnya maka yang harus Anda lakukan yaitu mengajak orang untuk dijadikan target Anda untuk bisa mengirim pesan kembali.

Ketiga, Dengan begitu, alamat IP seseorang pun bisa Anda dapatkan dengan dengan mudah dan tidak akan mengalami kesulitan apapun.

Keempat, Jika Anda sudah membukan pesan terakhir pada WhatsApp web, tekan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard secara bersamaan dan masuk langsung ke Task Manager.

Kelima, Setelah itu, tekan tombol Windows+R secara bersamaan juga setelah Task Manager sudah muncul. Selanjutnya ketik cmd dan tekan Enter.

Keenam, Jika sudah muncul command prompt pada layar PC, kemudian ketik netstat lalu tekan Enter agar mendapatkan alamat IP yang sesuai dengan keinginan Anda.

Ketujuh, Catat alamat IP yang sudah didapatkan di command prompt. Langkah yang paling terakhir yaitu dengan membuka website.  Website yang harus dibuka untuk mendapatkan alamat IP seseorang banyak disediakan di internet.

Terakhir, Masukkan alamat IP yang sudah Anda dapatkan.

Baca Juga: Aplikasi Pelacak Nomor HP Terbaik di Android

2. Menggunakan Bantuan Google Maps

Layanan pemetaan atau persebaran web yang sudah disediakan oleh Google.

cara melacak no hp melalui google maps

Tentunya banyak sekali fitur yang Google Maps tawarkan seperti layanan publik yang sudah tersedia seperti peta jalan raya, peta citra lewat satelit, kondisi lalu lintas, panorama 360 derajat, dan perencanaaan rute untuk bepergian ataupun perjalanan meski itu dari luar negeri.

Selain itu, Google Maps juga memiliki beberapa fitur yang sudah di sediakan untuk kebutuhan Anda seperti:

My Location, Driving directions, Business Listings, Transit & Walking Directions, Information Trafics, Street View, dan Latitude yang sudah disediakan oleh Google Maps sebagai salah satu kebutuhan yang mungkin nanti Anda bisa pakai saat bepergian.

Jika Anda sudah menggunakan Google Maps tentunya untuk melacak nomor HP pun tidak sulit untuk digunakan.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melalui bantuan Google Maps dan sharing lokasi, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk melacak nomor HP seseorang. Anda juga bisa memakai aplikasi termux.

a. Bantuan Google Maps

Untuk bisa melacak dan menemukan no hp yang hilang dengan bantuan google maps adalah sebagai berikut:

Langkah Pertama

Buka aplikasi Google Maps, selanjutnya untuk bisa melacak nomor yang tidak aktif, bisa menggunakan fitur Google Earth lalu hubungkan koneksi internet secara online.

Selanjutnya untuk menghemat pemakaian kuota aplikasi Google Maps, sebaiknya Anda mengatur koneksi lewat internet yang berdasarkan waktu atau time based.

Langkah Kedua

Saat aplikasi Google Maps Anda buka, maka masuk saja di bagian menu option lalu masuklah di friend list atau disebut daftar teman. Maka nanti bisa memilih add friend atau menambah teman di dalam menu opsi.

Selanjutnya invite, teman, keluarga, tetangga yang ingin nomornya Anda lacak. Pastikan terlebih dahulu nomor HP yang ingin dilacak sudah menerima invite.

Langkah Ketiga

Selanjutnya klik kontak target yang ingin Anda lacak dengan menggunakan aplikasi Google Maps maka secara otomatis nomor yang Anda lacak akan memberitahu target lokasi atau keberadaan nomor yang Anda lacak tadi. Bantuan ini juga bisa dilakukan lewat Facebook.

b. Sharing Lokasi

Masih dengan google maps, kali ini kamu bisa lacak nomor hp mu dengan menghunakan Sharing Lokasi.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan buka aplikasi Google Maps pada handphone yang ingin Anda lacak.
  • Selanjutnya klik tombol menu ikon garis horizontal di pojok kiri atas, lalu pilih menu lokasi dan masukkan ke halaman bagian lokasi
  • Kemudian klik tombol mulai pada layar aplikasi Google Maps.
  • Nanti akan muncul rentan waktu berbagi lokasi selama 1 jam atau sampai dinonaktifkan selanjutnya klik yang lainnya.
  • Lalu Anda bisa mengisi nomor atau alamat email yang nanti dipakai sebagai proses melacak nomor HP pihak target. Barulah nanti mengirimnya. Biasanya ini dilakukan oleh penipu online.

3. Find My iPhone  (IOS)

Selain menggunakan bantuan WA atau WhatsApp dan Google Maps, bagi pengguna IOS bisa gunakan fitur Find My Iphone, berikut ini caranya.

  • Cara melacak no HP seseorang bisa menggunakan Find My iPhone dengan membuka website webiCloud.
  • Lakukan log in dengan account Apple milik Anda yang ada pada iPhone.
  • Buka fitur Find My Iphone. Apabila iPhone dalam keadaan mati dan tidak terhubung tanpa internet sama sekali.
  • Maka hal tersebut akan memberitahukan bahwa iPhone tersebut dalam keadaan offline dan hal yang harus Anda lakukan yaitu menunggu iPhone tersebut sampai kembali menjadi mode online tanpa diketahui.

4. Minta Bantuan Provider HP

Selain menggunakan aplikasi pelacak atau situs yang sudah disediakan untuk melacak nomor HP seseorang, Anda juga bisa melacak no HP tersebut dengan menggunakan provider telepon seluler.

Untuk cara menggunakannya Anda bisa lihat dari cara berikut ini.

a. Telkomsel

  • Lakukan panggilan ke no *250# dan selanjutnya akan muncul beberapa menu pilihan seperti “Lihat/Edit daftar teman”
  • Masukkan nomor HP yang Anda ingin lacak kemudian langsung daftarkan.
  • Kirim sms “TEMAN <spasi> Nama <spasi> Nomor” yang akan Anda cari lalu kirim ke nomor 2500.

b. Indosat

Informasi untuk Anda yang menggunakan provider Indosat, provider yang satu ini sebenarnya memiliki 2 jenis layanan untuk melacak no HP yaitu UMB (dial) atau melalui sms.

Proses pelacakan dengan menggunakan provider ini cukup akurat karena menggunakan lokasi dari BTS. Berikut cara untuk melacak nomor HP menggunakan provider indosat:

  • Lakukan panggilan ke *777*6*6#. Selanjutnya akan muncul menu “Lokasi GPS keluarga, lokasi belanja, dan lokasi lainnya”
  • Pilih salah satu dari menu tadi seperti “Lokasi Belanja” itu lakukan melalui cara UMB (Dial).
  • Untuk sms Anda bisa melakukannya dengan cara “Cari >spasi< nomor HP” yang akan dilacak selanjutnya kirim ke nomor 9111.
  • XL
  • Lakukan panggilan ke nomor *123*573*1*1# dengan mengirim sms menggunakan format berikut ini “CARI spasi Nomor HP yang akan Anda cari”
  • Kirim ke nomor 9455 dan untuk memblokir nomor XL cara yang bisa Anda lakukan yaitu sms dengan format berikut “BLOCK spasi Nomor HP yang terblokir” lalu kirim ke 9455.

c. 3 dan Axis Menggunakan HRL Lookup

Sebenarnya aplikasi HRL bukan lokasi untuk menemukan nomor HP yang hilang tetapi aplikasi ini di peruntukan untuk yang kartu provider yang terdaftar pada area tertentu. 

Cara yang harus Anda lakukan yaitu menggunakan aplikasi HRL Lookup. Caranya berikut ini:

  • Download terlebih dahulu aplikasi HRL Lookup di playstore dan lakukan penginstalan.
  • Buka aplikasi HRL Lookup dan masukkan nomor HP pada kolom yang tersedia selanjutnya tap “Check”.
  • Nanti akan muncul nomor provider yang Anda masukkan seperti kota, negara, provider, dan yang lainnya untuk menemukan nomor yang akan kamu lacak.

Cara berikutnya bisa gunakan Dial Up untuk provider tri yaitu dengan lakukan panggilan ke *111*1#. Setelah itu akan muncul tampilan nomor HP dan informasi jumlah pulsa dan layanan lainnya.

Dial nomor Tri di atas itu untuk yang lupa nomor HP namun HP nya tidak hilang. Jadi masih bisa di cek pakai Dial Up.

Penutup

Dengan mengetahui cara untuk melacak nomor HP dengan langkah – langkah tersebut.

Tentunya akan memudahkan untuk melacak nomor tersebut dengan mudah dan tanpa mengalami kesulitan saat mencari.

Maka cobalah cara-cara tersebut saat dalam situasi genting seperti menolong seseorang yang HPnya hilang ataupun melacak nomor yang tak dikenal.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *