Aplikasi Desain Grafis di PC dan Android

3 Likes Comment
aplikasi desain grafis

Desain grafis merupakan gambar yang digunakan sebagai media peyampai informasi maupun komunikasi secara visual. Untuk membuat gambar grafis tersebut kita membutuhkan bantuan software atau aplikasi desain.

Bagi para desainer profesional pasti sudah sangat memahami semua aplikasi desain. Namun bagi desainer grafis pemula, tentu masih perlu informasi untuk mengetahui software desain grafis yang sesuai untuknya.

Nah, artikel ini akan memberikan rekomendasi software yang bisa temen – temen pakai untuk android maupun PC. Tidak hanya itu karena saya juga akan meberikan ulasan sepintas tentang desain online yang gratis.

Walaupun aplikasi desain yang offline juga sama – sama gratis.

Dari banyak aplikasi desain, aplikasi yang disajikan dalam artikel ini adalah yang populer untuk digunakan pada desainer, baik mahir maupun pemula.

Simak baik- baik informasi tentang aplikasi desain berikut, agar temen – temen tidak salah dalam memilih.

Aplikasi Desain Grafis untuk PC

Ada banyak aplikasi yang biasa desainer pakai menggunakan PC atau komputer. Mulai dari yang mudah digunakan maupun yang rumit.

Berikut ini saya gambarkan sejumlah aplikasi yang familiar dan populer digunakan pada perangkat PC atau komputer.

1. Adobe Ilustrator

aplikasi desain grafis

Salah satu aplikasi yang sering saya gunakan. Entah kenapa. Yang pasti aplikasi Adobe Ilustrator tepat digunakan untuk desain dengan jenis gambar vector.

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa untuk membuat gambar ilustrasi. Selain itu dapat digunakan untuk membuat sketsa, tipografi, logo, bahkan desain yang lebih rumit lainnya.

Dengan adobe ilustrator, desain menjadi lebih menarik dan lebih keren. Seperti beberapa desain brosur vektor (vector) atau desain cover yang saya buat diartikel lainnya.

Untuk mendapatkan aplikasi Adobe Ilustrator sangat banyak cara downloadnya di google. Atau membelinya secara resmi dengan harga yang lumayan mahal.

2. Adobe Photoshop

Aplikasi Desain Grafis

Software edit foto besutan Adobe ini menjadi yang paling populer dikalangan desainer fotografi. Karena dapat mengahasilkan editing gambar yang menakjubkan.

Selain itu, Photoshop juga jadi andalan untuk membuat banner, poster, stiker dan lainnya. Dan termasuk software wajib yang harus dimiliki oleh digital printing atau percetakan.

Tools yang dimiliki Photoshop sangat lengkap bagi sebuah aplikasi desain. Seperti misalnya mengubah tone warna, menghapus background, menggabungkan beberapa foto dan manipulasi gambar lainnya.

Bagi pemula manfaatkan tools editing dasar yang ada di Photoshop. Karena photoshop adalah yang paling populer, maka banya sekali video tutorial di youtube yang bisa dimanfaatkan untuk belajar.

3. Adobe InDesign

Aplikasi Desain Grafis
Sumber: blog.templatetoaster.com

Software yang datang dari Adobe berikut ini memiliki fungsi sesuai namanya yakni desain. Adobe InDesign sangat sesuai untuk endesain layout brosur, cover, buku, majalan online dan majalah digital.

Karena keunggulan dari InDesign adalah membuat layout baik untuk mobile maupun desktop.

Softwarenya cukup mudah digunakan bagi pemula, karena memungkinkan kita untuk melakukan drag and drop pada setiap layer. Selain itu juga dengan mudah kita bisa mengubah ukuran gambar.

Aplikasi InDesain ini memang tak sepopuler aplikasi lainnya seperti photoshop, corel draw maupun ilustrator. Tapi bisa jadi salah satu pilihan untuk dicoba.

4. Corel Draw

Aplikasi Desain Grafis
Sumber: blog.templatetoaster.com

Aplikasi berikutnya adalah Corel Draw, bisa dibilang ini termasuk populer dikalangan desain grafis gambar vektor. Oleh karena itu sering disebut sebagai rival dari Adobe Ilustrator. Ya, karena bermain diarea yang sama yaitu vector.

Jika Photoshop menghasilkan gambar bitmap, maka Corel Draw menghasilkan gambar vektor. Ketahui perbedaan keduanya diartike lainnya, disini.

Selain Photoshop, Corel Draw juga menjadi software andalan yang dimiliki digital printing atau percetakan. Seperti membuat desain undangan, sampul, logo, banner maupun sketsa.

Corel Draw dapat membuat desainer menciptakan desain secara bebas dan bisa membuat objek apapun.

Tersedia banyak tutorial di Youtube untuk membuat para pemula menjadi lebih advance.

5. InkScape

Aplikasi Desain Grafis
Sumber: neowin.net

InkScape masuk dalam kalangan aplikasi desain gambar vector, yang menghasilkan file dengan format SVG. InkScape juga termasuk perangkat grafik yang dapat memenuhi standar XML dan CSS.

Aplikasi ini bersifat cross-platform, atau dapat digunakan disemua OS seperti Windows, Mac dan Linux.

Karena sifatnya yang open source, maka software ini bisa dikembangkan oleh siapapun dan tak usah khawatir dengan lisensinya.

Seperti aplikasi desain vektor lainnya, InkScape dapat membantu kita untuk membuat sketsa dan gambar ilustrasi. Namun fiturnya terbilang tidak selengkap yang dimiliki Corel Draw dan Adobe Ilustrator.

6. GIMP

Aplikasi Desain Grafis
Sumber: blog.templatetoaster.com

Salah satu software desain grafis untuk PC atau komputer yang gratis adalah GIMP. Selain itu aplikasi ini bisa dikembangkan oleh siapapun karena bersifat open source.

Jangan dulu meremehkan yang gratis, karena GIMP bisa menjadi alternatif software setelah Adobe Photoshop. Karena memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan oleh desainer pemula.

GIMP memiliki tampilan yang sederhana dan minimlais, namun memiliki aspek grafis yang berkulitas dan jernih.

7. Google SketchUp

Aplikasi Desain Grafis

Aplikasi google sketchup adalah perangkat software khusus desain grafis yang dikembangkan Tremble. Aplikasi ini disedikan dalam versi gratis dan versi pro atau berbayar.

Google sketchup didesain untuk dapat membuat berbagi desain dan model atau 3D modeling yang dapat diletakan di google earth.

Selain itu sejumlah proyek pemodelan 3D yang dapat dilakukan oleh sketchup adalah arsitektur, arsitektur lanskap, desain interior, dan desain untuk video game.

8. Xara Designer

Aplikasi Desain Grafis
Sumber: i.imgur.com

Aplikasi desain grafis untuk PC yang terakhir adalah Xara Designer. Software ini mengklaim bahwa menjadi aplikasi grafis yang tercepat, selain itu memiliki fitur ilustrasi yang powerfull.

Tidak hanya samapi disitu, Xara menjadi aplikasi edit foto yang tak kalah inovatif dan fiturnya, sangat tepat untuk membantu desain halaman untuk website. Diluar dari kemampuanya dalam menciptakan brosur, desain majalah logo dan lian – lain.

Memang belum sepopuler pendahulu yang lain, tapi fitur – fitur kerenya perlu untuk dicoba.

Aplikasi Desain Grafis untuk Android

Selain PC, temen – temen bisa memanfaatkan gadget atau android untuk membuat desain tetap keren. Bahkan menakjubkan.

Untuk dapat membuat desain di Android maka kita perlu gunakan sejumlah software. Beberapa aplikasi yang populer untuk desain diperangkat Android adalah sebagai berikut.

1. Canva

Aplikasi Desain Grafis

Ini platform yang diatas saya bilang aplikasi desain online. Sebenarnya tanpa aplikasi jika temen – temen buka pake PC atau komputer. Nah disini yang saya bahas adalah versi mobilenya untuk android.

Canva menawarkan kemudahan dalam desain. Karena telah disediakan ribuah template secara gratis untuk di edit.

Template tersebut diantaranya: poster, banner, infografis, kartu nama, cover dan lainnya. Tak sebatas itu, canva juga menyediakan pilihan font keren dan gambar yang mendukung desain jadi lebih bagus.

Canva membuat siapapun dapat menciptakan desain profesional, bahkan tanpa keahlian grafis sekalipun.

Download Gratis Canva Disini

2. Desygner

Aplikasi Desain Grafis

Aplikasi desain kedua adalah desygner, yang memberikan banyak gambar secara gratis termasuk font dan grafi. Berbeda dengan canva yang menghadirkan fitur untuk pro atau premium.

Aplikasi Desygner dapat diandalkan untuk membuat desain presentasi, Logo yang keren, grafis untuk postingan sosial media, mendukung untuk set iklan maupun pemasaran dan layout foto.

Jika fitur di atas adalah sesuai dengan yang temen – temen butuhkan, boleh lah dicoba dulu.

Download Gratis Desygner Disini

3. Sketchbook

Aplikasi Desain Grafis

Aplikasi gambar atau desain yang ringan dengan fitur lengkap yang satu ini adalah SketchBook. Bagi kamu yang seneng benget gambar anime atau desain grafis secara manual, aplikasi ini bisa jadi pilihan.

Sesuai namanya, kita bisa membuat gambar sketsa dengan aplikasi ini. Karena SketchBook menyediakan beragam layer dan model pena.

Bahkan ada lebih dari 10 tipe pena dan kuas untuk membuat sketsa yang keren hanya dari HP.

Download Gratis SkecthBook Disini

4. Adobe Ilustrator Draw

Aplikasi Desain Grafis

Bagi yang sudah akrab dengan Adobe ilustrator maka dengan aplikasi yang satu ini tentu tidak begitu kesulitan menggunakanya. Adobe ilustrator draw cocok untuk para desainer gambar interaktif.

Aplikasi ini juga tetap masih ramah untuk pemula karena banyak fitur yang menunjang. Salah satunya adalah dapat melakukan zoom hingga 64 kali. Selain itu terdapat fitur layer yang memudahkan dan berbagai pilihan pena.

Tapi, aplikasi ini tidak menyediaka template desain yang siap edit seperti canva atau desygner.

Download Gratis Adobe Ilustrator Draw Disini

5. Adobe Photoshop Express

Aplikasi Desain Grafis

Masih soal aplikasi kepunyaan Adobe. Tapi ini diperuntukan bagi desainer yang suka dengan edit foto. Ya tidak jauh berbeda dengan aplikasi versi PC nya.

Fiturnya yang lengkap seperti perspektif koreksi, hilangkan noise, efek buram, penambahan teks, filter efek, kolase dan banyak lagi.

Dengan aplikasi ini kita tak perlu memerlukan waktu lama karena bisa langsung edit dari HP. Dengan begitu mengedit foto jadi lebih mudah tapi tetap berkualitas.

Download Gratis Adobe Photoshop Express disini

6. Adobe Photoshop Fix

Aplikasi Desain Grafis

Lagi – lagi aplikasi dari Adobe. Dan masoh soal aplikasi edit foto yang kali ini bernama Adobe Photoshop Fix. Dengan Aplikasi ini pun kita juga dimudahkan dalam editing foto.

Beberapa fiturnya yang mengagumkan seperti Smooth, Defocus, Liquify dan masih banyak yang lainnya. Menghilangkan atau menghapus area tertentu seperti background, dapat dengan mudah dilakukan oleh aplikasi ini.

Download Gratis Adobe Photoshop Fix Disini

7. Adobe Photoshop Lightroom CC

Aplikasi Desain Grafis

Ini jadi aplikasi terakhir dari Adobe di artikel ini. Walaupun masih ada beberapa aplikasi adobe yang belum dibahas di artikel ini.

Adobe yang satu ini menyediakan dua pilihan fitur yakni fitur gratis dan fitur premium. Untuk fitur gratis yang disediakanantara lain prasetel, profil, kurva, pencampur warna, kejernihan dan efek kabut, kamera pro dan masih banyak lagi.

Hasilkan foto yang menakjubkan dengan Aplikasi Abode Lightroom dengan bantuan fitur kamera canggih yang setingkat pro.

Download Gratis Adobe Lightroom Disini

8. Snapseed

Aplikasi Desain Grafis

Setelah banyak dibahas Aplikasi dari Adobe, kini kita masuk ke aplikasi Snapseed. Aplikasi dari Google LLC ini memiliki 29 fitur dan filter termasuk healing dan kuas dan bisa membuka file format JPG dan RAW.

Sebagian dari 29 fitur di atas diantaranya poles gambar, perspektif, kuas, healing, lens blur, HDR Scape, Vintage, Detail dan banyak lainnya.

Download Gratis Snapseed Disini

9. Designapp Graphic Design

Aplikasi Desain Grafis

Lanjut ke apliasi desain grafis berikutnya, yaitu Designapp Design Graphic. Aplikasi gambar yang menyediakan fasilitas gambar vector hingga 10.000 elemen (bentuk,ikon, lencana dan logo) untuk menjadi bahan desain.

Memiliki lebih dari 600 jenis font yang berbeda, membuat desain jadi lebih menarik. Selain itu kita bisa membuat desain logo hanya dalam beberapa menit saja.

Tidak hanya logo, tapi bisa juga membuat desain poster, kop surat, banner dan sejenisnya.

Download Gratis Desigapp Disini

10. Infinite Design

Aplikasi Desain Grafis

Infinite Design akan membantu membuat gambar 3D hanya dari ponsel androidmu. Selain itu ada beberapa superior fitur yang bisa kamu dapatkan. Seperti Unlimited Layers, Easily Construct Shapes, Draw 3D, Text Tool, Unlimited Undo dan lainnya.

Aplikasi ini juga cocok bagi yang suka menggambar manga maupun komik. Tersedia juga berbagai pilihan import gambar dengan format PNG, JPG, dan SVG.

Download Gratis Infinite Design Disini

11. Afterlight

Aplikasi Desain Grafis

Sampai juga pada aplikasi desain grafis untuk Android yang terakhir. Aplikasi desain android terakhir ini yaktu Afterlight. Aplikasi grafis ini termasuk dalam kategori penyunting foto.

Tersedia banyak fitur yang menunjang proses editing seperti 15 Adjustment Tools, 59 Filters, 66 Textures, Cropping dan Transforming serta Frames. Selain itu aplikasi ini menawarkan banyak fitur pencahayaan yang membuat foto semakin menakjubkan.

Download Gratis Afterlight Disini


Demikianlah 19 Aplikasi yang digunakan untuk desain grafis, baik di PC maupun di Android. Dan ini adalah akhir pembahasan tentang aplikasi desain grafis yang saya rekomendasikan. Baik bagi temen – temen yang pemula maupun yang sudah profesional.

Semoga bermanfaat dan menemukan yang sesuai untuk jadi temain desain mu setiap harinya.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *