Google adalah mesin pencari paling populer di Indonesia. Saking populer nya alexa rank senantiasa menjadikan nomor 1 di seluruh dunia. Ada lebih dari 5 milyar pencarian per hari di google. Maka melihat posisi website kita di google menjadi hal yang penting. Termasuk mengecek peringkat website kita secara berkala.

Banyak faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya peringkat sebuah website di google maupun di internet. Beberapa faktornya adalah jumlah traffic dan kecepatan website. Walaupun masih banyak faktor lainnya.

Artikel ini akan memebrikan Anda informasi sekaligus tips yang mudah untuk mengecek peringkat website kita saat ini. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi Anda yang sedang aktif mengelola websitenya.

Sebelumnya proses mengecek peringkat web kita bagi menjadi dua. Pertama, mengecek ranking website berdasarkan keyword pada wesbite kita dan peringkatnya pada mesin pencari google.

Kemudian yang kedua melihat peringkat website secara keseluruhan di internet. Untuk yang kedua ini silahkan bisa dibaca pada artikel lainya disini, iya klik disini.

Cara Mengecek Peringkat Website di Google Berdasarkan Keyword

Apa yang dimaksud dengan peringkat berdasar keyword?. Maksudnya adalah setiap website hukumnya pasti mengandung keyword, hal ini dikarenakan website memiliki isi atau konten, misalnya artikel. Nah, ada diperingkat berapa sih keyword atau artikel kita di google?. Mari kita cek.

Pertama, menggunakan Ubersuggest

Ubersuggest adalah tools yang dibuat oleh mbah nya SEO yaitu Neil Patel yang salah satu fungsinya adalah riset keyword dan page rank. Untuk dapat menggunakanya silahkan hajar langsung ke situsnya yaitu klik tautan ini Neil Patel. Kemudian lakukan cara berikut:

  • Masukan nama domain
  • Ubah negara menjadi indonesia
  • Langsung klik search
  • Bisa liat gambar dibawah ini ya.
Mengecek Peringkat Website
sumber: Neilpatel.com

Bisa kita liat ya, gambar diatas menggunakan contoh web saya sendiri. Kemudian hasil nya akan menampilkan banyak informasi termasuk diantaranya adalah peringkat website kita di google. Mari lanjut liat gambar berikutnya.

cek ranking webiste
sumber: neilpatel.com

Hasil tampilannya akan seperti gambar diatas. Namun untuk mendapatkan informasi. Untuk lebih detail bisa scroll kebawah. Sebaiknya untuk menggunakan situs ini kita login terlebih dulu agar informasinya lebih lengkap.

Lanjut, silahkan klik pada organic keyword. Hal ini untuk melihat banyaknya keyword kita di google yang telah ter index. Hasilnya lita dibawah ini.

cek peringkat situs web abduweb
sumber: neilpatel.com

Saya contoh pada web saya sendiri. Terlihat diatas diberi kotak warna merah pada bagian keyword yang memiliki posisi 1 (satu). Saya perjelas, peringkat satu.

Position di atas adalah peringkat artikel atau page kita kita google seacrh. Kemudian pada bagian disebelah kanan terlihat persaingan webiste dengan keyword yang sama. Nampak abduweb.com nongkrong diposisi puncak.

Jika artikel atau keyword kita masuk dalam posisi 10 besar maka bisa dipastikan kita masuk di halaman pertama google.

Kita bisa gunakan website denngan keyword yang sama sebagai acuan untuk kita melakukan optimasi agar website atau artikel kita bisa mengalahkan artikel lainnya untuk naik ranngkinya secara bertahap.

Misal teman – teman merasa keyword yang muncul pada list diatas tidak sesuai dengan harapan, atau mungkin berbeda dengan yang ditargetkan. Maka bisa ketik langsung keyword yang dimaksud pada kolom search diatas. Saya misalkan pada gambar di bawah ini ya.

mengecek rangking web
sumber: neilpatel.com

Setelah pencarian di ganti dengan keyword, bahkan keyword yang lebih pendek (short tail) dari sebelumnya. Masih memiliki posisi di halaman pertama google.

Kedua, menggunakan SERPRobot

SERPRobot adalah tools atau situs yang menyediakan layanan SERP. Fitur yang disediakan adalah pengecekan ranking website untuk mendapatkan hasil yang akurat

Masih memiliki fungsi yang hampir sama dengan ubersuggest, namun SERPRobot tampil dengan bentuk yang lebih simple. Bagi teman – teman yang belum tahu apa itu SERP, bahwa SERP (Search Engine Result Page) adalah darftar halaman yang ditampilakn mesin pencari terhadap suatu kueri atau kata kunci.

Nah, kebetulan tools ini namanya mengandung kata SERP. Oke, langsung kita coba tools nya dengan ikuti langkah berikut:

  1. Klik alamat webnya SERPRobot
  2. Klik Free SERP Check
  3. Pilih negara Indonesia
  4. Masukan nama domain mu
  5. Masukan salah satu kata kunci yang akan di cek
  6. Jangan lupa centang Captcha nya
  7. Kemudian klik SERP Check Now
cek peringkat situs
sumber: serprobot.com
mengecek peringkat situs
sumber: serprobot.com

Masih tetap sama saya gunakan website ini untuk sample nya. Hasil pengecekan kata kunci nya akan menampilkan 10 halaman teratas untuk keyword tersebut. Lihat gambar berikut:

mengecek peringkat website
sumber: serprobot.com

Kita bahas hasil pengecekan di atas. Terlihat bahawa keyword yang saya pakai ada di peringkat satu pencarian google (lihat kotak merah pertama). Kemudian dalam 10 besar artikel dengan keyword yang sama tetap masih di posisi teratas.

Top ten atau 10 artikel pertama di mesin pencari sama artinya dengan artikel tersebut ada di page one aatu halaman pertama search engine. Peringkat berapa nih website mu sekarang?. Sekali – kali boleh lah ya di cek.

Teknik dengan dua cara diatas ini sangat memabntu bagi temen – temen yang ingin riset keyword, mencari ide kata kunci, atau melihat tingkat persaingan yang ada. Seperti kita menggunakan google keyword planer, bedanya disini kita bisa liat ada di peringkat berapa halaman website kita selama ini.

Cek Kesesuaian dengan Pencarian di Google

Untuk lebih meyakinkan bahwa hasil pengecekan diatas sesuai dengan konsisi pada google search, mari kita cek langsung. Buka google kamudian ketikan kata kunci yang sama dengan pengecekan di atas.

cara mengecek peringkat website
sumber: google.com

Seperti yang kita lihat, hasil pengecekan melalui Ubersuggest dan SERPRobot dengan google search sama persis. Namun, terkadang terdapat perbedaan sedikit karena google memperbaharui secara lebih cepat sedangkan dua website di atas butuh waktu untuk dapat mengindex perubahan di website kita.

Selanjutnya untuk mengecek perngkat website secara global dan keseluruhan, bisa temen – temen bacar artikel lainnya yaitu teknik mengecek rangking website di internet.