Cara Mengecek Paketan Indosat

15 Likes Comment
cara mengecek paketan indosat

Pada zaman yang apa-apa serba smartphone seperti sekarang, pulsa dan paket data internet adalah hal yang wajib kamu perhatikan ketersediaannya, makanya kali ini Abduweb akan menjelaskan bagaimana cara mengecek paketan Indosat ooredoo.

Oh iya, terlebih lagi paket data yang siklus pengisiannya kamu lakukan mingguan atau bulanan. Kalau kuota habis tanpa disadari, bisa-bisa pulsa yang kamu punya tersedot tanpa sisa.

Itulah fungsi penting dari tersedianya layanan cek paketan internet dari semua operator telekomunikasi yang ada di Indonesia, termasuk salah satunya Indosat Ooredoo.

Biasanya, selain lewat cara manual (kode dial, SMS, atau panggilan) setiap provider telekomunikasi seperti Indosat Ooredoo juga telah menyediakan layanan digital berupa aplikasi yang bisa diunduh oleh penggunanya.

Fungsi dari aplikasi ini adalah supaya pengguna bisa mengetahui berbagai informasi seputar nomor dan kartu SIM yang digunakannya.

Tanpa perlu repot-repot menghapal kode UMB atau cara manual untuk mengecek pulsa dan kuota internet Indosat Ooredoo atau berbagai operator lainnya.

Sayangnya, aplikasi ini biasanya hanya bisa kamu gunakan secara online dengan menggunakan paket data internet.

Kalau dalam kondisi kurang beruntung, misalnya saat pulsa dan paketan data habis bersamaan, tentu Kamu tidak bisa mengecek paketan kuota lewat aplikasi provider Indosat, yaitu aplikasi MyIM3.

Baca juga : Cara Transfer Pulsa Indosat

Cara Mengecek Paketan Indosat

Berikut ini ada beberapa cara mengecek kuota Indosat yang bisa Kamu coba. Jika Kamu mengalami kesulitan untuk memantau penggunaan paket data yang telah Kamu beli, silahkan menggunakan salah satu cara melihat kuota Indosat berikut ini.

1. Cara Mengecek Paketan Indosat lewat SMS

cara mengecek paketan indosat
Freepik.com

Cara cek kuota ini gratis alias nggak ada pungutan biaya sama sekali. Kamu cukup membuka menu pesan pada HP, kemudian cukup ketik “USAGE” lalu kirimkan ke nomor 363. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul balasan mengenai informasi lengkap jenis paket yang kamu gunakan beserta sisa rincian kuota yang masih kamu miliki.

2. Cek kuota Indosat lewat Dial USSD

Cara yang kedua ini merupakan yang paling umum dan banyak orang-orang gunakan. Kamu cukup jalankan aplikasi telepon seperti biasanya, kemudian tekan nomor *363# atau *123#. Lalu tekan atau pilih dial up atau telepon dengan nomor kartu internetmu.

Tunggu beberapa saat, akan muncul beberapa opsi. Pilih atau balas nomor 7 yaitu “INFO” dengan cara mengetik 7 lalu tekan “send”.

Setelah itu, pilih opsi cek kuota dengan membalas nomor 1. Kamu bisa memilih paket apa yang ingin kamu periksa kuotanya.

Baca juga : Cara Registrasi Kartu Indosat

3. Cara Mengecek Paketan Indosat lewat Aplikasi MyIM3

cara mengecek paketan indosat
Download Aplikasi

Cara ini berbeda dengan yang sebelumnya tanpa mengeluarkan biaya lebih. Melalui MyIM3 ini kamu harus mendownload dan install terlebih dulu aplikasinya dulu melalui PlayStore. Buka aplikasi ini langsung, pilih bahasa sesuai keinginan.

Kamu akan dimintai izin untuk akses penggunaan VPN, maka tekan tombol “mengerti”.

Setelah itu akan muncul opsi Data Saving Mode, tekan Continue lalu Ok. Kemudian, ketika diminta untuk mengakses lokasi, akses telepon dan sms tekan “mengerti” dan “izinkan”.

Kamu bisa login menggunakan nomor HP setelah memasukkan kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor handphone.

Lalu akan muncul tampilan berkamu Aplikasi MyIM3 lengkap dengan fitur untuk mengecek kuota.

Selain bisa mengecek kuota secara langsung, kamu juga bisa mengetahui masa aktif kartu, bisa isi pulsa, membeli paket lain, memeriksa informasi tagihan, dan menemukan lokasi Outlet Indosat.

Namun untuk mengakses aplikasi ini kamu harus online atau butuh kuota internet.

4. Cara cek kuota internet Indosat Pada iOS

cara mengecek paketan indosat
Download Aplikasi

Bagi kamu yang punya handphone berbabis iOS, kamu bisa melakukan mengecek paketan internet menggunakan cara ini. Cara yang satu ini hampir sama saat lewat aplikasi MyIM3 sebelumnya. Download terlebih dulu MyIM3 melalui AppStore.

Buka langsung, kemudian masuk atau sign-in. Kalau kamu belum punya akun, buat atau daftarkan terlebih dulu melalui menu sign-up. Isikan data kamu secara lengkap dan benar.

Masuklah pada menu utama “home” aplikasi. Pada menu tersebut kamu bisa langsung melihat sisa kuota Indosat yang masih kamu miliki. Sama seperti sebelumnya, kamu membutuhkan koneksi internet.

5. Cara mengecek paketan internet Indosat menggunakan modem

Bagi kamu yang menggunakan modem Indosat, untuk mengecek paketan kuota internet tidak perlu repot-repot melepaskan kartu lalu menaruhnya pada handphone.

Kamu bisa mengeceknya langsung melalui aplikasi bawaan modem. Cara hampir sama dengan SMS atau USSD.

Cukup dengan mengirimkan sms menggunakan modem secara manual. Pilih menu atau icon SMS, kemudian ketikkan “USAGE” lalu kirim ke nomor 363.

Tapi, ada beberapa modem yang mengharuskan untuk menginstal aplikasi Mini Mobile Data terlebih dulu.

Penutup

Terkadang sebagian orang merasa tak acuh dengan sisa kuotanya. Untuk menghindari paketan internet tiba-tiba habis, perlunya cek sisa kuota indosat yang kamu pakai secara rutin.

Dengan adanya artikel ini Penulis harap kamu bisa mengontrol penggunaan kuota dan dapat menghemat sisa kuota Indosat yang kamu miliki.

Oh iya ada satu hal lagi, pastikan kamu secara rutin mengecek paketan kuota yang kamu miliki ya. Dengan rutin mengecek kuota, Kamu bisa tahu kapan harus membeli paket data yang baru. Semoga bermanfaat.

Jika kamu suka dengan pembahasan mengenai internet atau artikel-artikel seputar kartu perdana seperti Telkomsel, Xl dan lainnya. Bisa baca disini.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *