WiFi di Laptop Hilang

21 Likes Comment
wifi di laptop hilang

Pernah merasakan waifi di laptop hilang tiba – tiba?, jangan khawatir. Ada cara untuk mengembalikan wifi di laptop yang mendadak hilang. Kerena hilangnya sinyal internet bisa menjadi masalah serius.

Saat internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan umat manusia, tersambung ke dunia maya adalah menjadi hal yang wajib.

Mau menggunakan PC, laptop, atau ponsel sekalipun, koneksi harus tetap ada. Dengan begitu, Anda masih bisa melakukan banyak hal mulai dari mengunjungi media sosial, berbelanja, sampai bekerja.

Nah, karena internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup, kehilangan koneksi adalah hal yang sangat mengerikan. Apalagi kalau Anda sering menggunakan laptop untuk bekerja.

Bila WiFi di laptop hilang begitu saja tanpa sebab, Anda tidak akan bisa melakukan apa-apa. Oleh karena itu, simak cara mengatasi hilangnya WiFi pada berbagai jenis laptop atau OS berikut.

LINK TERKAIT : “Cara Mengetahui Password Wifi”

Kenapa WiFi di Laptop Hilang?

WiFi pada Windows 7 atau Windows 10 tidak akan hilang begitu saja, atau menu yang ada di bawah mendadak berkurang. Kalau komputer atau PC Anda mengalaminya, berarti ada masalah yang terjadi.

wifi di laptop hilang

Masalah ini bisa berupa masalah besar atau sederhana yang mudah teratasi. Laptop yang mengalami hal ini biasanya bermasalah pada:

  1. Sistem pada Windows yang mengalami error. Akhirnya, sinkronisasi antara perangkat keras dan lunak mengalami gangguan.
  2. Mengalami masalah pada driver. Biasanya, perangkat keras yang terpasang pada PC atau laptop memiliki driver yang menyambungkan antara hardware penerima WiFi dan sistem. Kalau driver rusak, error, atau butuh upgrade, masalah seperti ini bisa terjadi.
  3. Mengalami kerusakan perangkat keras akibat korsleting, terjatuh, atau lainnya.

Cara Mengatasi WiFi di Laptop Hilang

Apabila masalah lambang WiFi di laptop hilang menyebabkan banyak masalah, khususnya dalam hal kerjaan, segera atasi. Anda bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini dengan saksama.

1. Memutakhirkan Driver WiFi

Permasalahan WiFi yang hilang agak sulit terdeteksi masalahnya. Oleh karena itu, mencoba berbagai cara mulai dari yang termudah ke paling sulit harus kita lakukan, agar laptop bisa kembali bisa terkoneksi dengan internet.

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memutakhirkan driver WiFi.

Biasanya, driver akan melakukan pemutakhiran sendiri kalau disetting otomatis.

Namun, kalau Anda baru saja melakukan install ulang dan ternyata tidak bisa kita gunakan, berarti driver yang ikut kita pasang adalah versi lawas.

Anda bisa melakukan pemutakhiran dengan membuka website resmi dari komputer atau laptop yang kita pakai.  

Biasanya, akan ada versi driver yang dibutuhkan sesuai tipe laptop yang digunakan. Segera unduh driver untuk WiFi yang paling cocok, lalu segera pasang.

Kalau driver cocok, logo atau simbol WiFi akan muncul kembali dan Anda bisa segera menyambungkannya ke internet.

2. Memasang Ulang Driver dari WiFi

Selain melakukan pemutakhiran dari jenis driver yang kita gunakan untuk WiFi, Anda juga bisa melakukan pencopotan, lalu pasang kembali.

Driver yang mengalami gangguan dan rusak, biasanya memunculkan masalah kalau tidak diuninstall terlebih dahulu. Untuk melakukan pasang ulang driver, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

  • Gunakan fitur pencarian atau search yang ada pada laptop.
  • Ketikkan Device Manager, jika sudah muncul segera klik untuk masuk.
  • Gulir ke bawah dan temukan Network adapters.
  • Pilih paling atas atau sesuai dengan nama hardware yang digunakan.
  • Segera lakukan pemasangan dengan melakukan klik kanan.
  • Restart laptop yang Anda miliki untuk membersihkan semua sisa file.
  • Sebelumnya, siapkan dahulu driver yang akan digunakan untuk install ulang.
  • Pasang seperti biasa dan kalau sudah selesai lakukan restart.
  • Kalau tidak ada masalah pada hardware, WiFi bisa digunakan kembali.

3. Mengganti Channel Router

Tidak bisa ditangkapnya WiFi, bisa saja terjadi karena router yang kita pakai bermasalah. Cara ini bisa teratasi dengan mengganti channel pada router.

Caranya dengan masuk ke menu admin dari router melalui komputer yang Anda miliki. Selanjutnya, ubah channelnya dari otomatis ke angka 1 agar bisa digunakan.

Cara ini umumnya mengatasi masalah WiFi yang hilang dan tidak bisa kita gunakan. Kalau setelah melakukan cara tersebut tapi tidak kunjung membaik, berarti ada masalah dengan hardware atau driver yang solusinya sudah tampil di atas.

4. Mematikan WiFi Sudah Enable

Pada kondisi tertentu, penggunaan WIFI pada laptop bisa mengalami Disable. Dampaknya, meski Anda berada pada area yang memiliki jaringan cukup baik, internet tidak bisa kita gunakan dengan baik.

Kalau masalah ini terjadi, Anda harus mengembalikan statusnya jadi enable, sehingga koneksi bisa diterima dengan baik. Lakukan langkah berikut untuk mengembalikan koneksi:

  • Buka Control Panel lalu temukan Network and Internet.
  • Selanjutnya segera masuk ke Network and Sharing Center.
  • Ubah pengaturan adapter dengan melakukan klik pada menu Change Adapter Settings.
  • Lakukan pengecekan driver WiFi, kalau statusnya disable, ubah jadi enable.
  • WiFi bisa kita gunakan setelah aktifkan kembali.

5. Melakukan Install Ulang Windows

Kalau Anda sudah frustasi dengan beberapa cara di atas dan tidak ada perubahan sama sekali, coba lakukan install ulang Windows.

Lakukan cara ini kalau Anda sudah mencurigai terjadinya masalah pada sistem laptop. Jadi, mau tidak mau harus kita kembalikan ke versi original.

Sebelum melakukan install ulang, ada baiknya untuk melakukan backup pada data yang dianggap penting, khususnya di C.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan install ulang seperti biasanya. Kalau Anda tidak bisa melakukan sendiri, lebih baik dilakukan di tukang servis agar tidak muncul masalah lain.

6. Menggunakan WiFi Eksternal

Anda bisa menggunakan WiFi eksternal kalau kemungkinan masalahnya ada pada hardware.

Jadi, daripada melakukan pembongkaran dan memakan biaya yang jauh lebih besar, lebih baik menggunakan WiFi eksternal saja. Alat ini bisa kita gunakan dengan cara menancapkan langsung ke USB serta menginstall driver.

WiFi jenis ini pengunaanya secara umum cukup mudah, dan bisa kamu aplikasikan ke banyak perangkat. Bahkan komputer biasa pun bisa. Hal yang paling penting yaitu koneksi yang Anda miliki harus bagus, sehingga Anda bisa internetan lagi.

7. Mengganti Wireless Card

Apabila Anda ada dana lebih untuk mengganti hardware dari WiFi yang ada pada laptop, segera lakukan.

Namun, pastikan wireless card memang yang rusak, ya. Dengan begitu, Anda tidak harus beli wireless card baru, padahal yang lama tidak rusak.

Setelah wireless card diganti dan driver baru dipasang, Anda bisa segera menggunakan koneksi internet kembali.

Cara terakhir ini bisa kita lakukan, kalau sudah tidak ada solusi lain yang lebih mudah baik dari penggantian driver sampai ke install ulang.

LINK TERKAIT : “Cara Mengganti Password Wifi”

Kesimpulan

Setelah membaca cara mengatasi tanda WiFi di laptop hilang, kita bisa membuat kesimpulan, kalau ada banyak masalah yang menyebabkan logo atau simbol WiFi hilang.

Kalau logonya tidak ada dan saat ditekan tidak muncul atau menerima daftar jaringan, berarti ada masalah yang terjadi dan harus segera kita atasi.

Cara mengatasi ikon WiFi di laptop hilang di atas, ada yang mudah dan ada yang cukup menguras uang. Apalagi, kalau sampai mengganti perangkat keras dari laptop.

Jika Anda tidak mau mengeluarkan banyak uang, coba dulu semua cara di atas dari yang termudah. Kalau memang tidak ada yang berhasil baru wajib kita lakukan penggantian.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *