Desain grafis terlalu rumit bagi yang belum mahir, apalagi tidak bisa desain sama sekali. Bisa jadi iya bisa juga tidak. Faktanya banyak orang yang tetap berhasil di Toko Online walaupun tidak bisa mendesain kebutuhan grafis untuk menunjang tokonya.

Padahal gambar produk yang menarik pasti lebih menimbulkan sisi keseriusan dari toko tersebut. Ketimbang hanya foto seadanya.

Ketika Anda yang dalam kategori tidak bisa atau skill pas – pasan. dan Anda dalam keadaan harus bukin desain untuk kebutuhan apapun. Maka pilihannya ada tiga yaitu beli atau minta tolong jasa desain, belajar desain dulu terus hasilnya kurang bagus, atau minta bantuan teman biar dikasih gratis.

Jika banyak uang, sewa jasa desain ga masalah. Kalau belajar dulu bisa lama, nanti ga mulai – mulai usahanya. Minta bantuan temen itu juga kalau mau.

Maka, teman – teman butuh cara sederhana lainnya selain hal tersebut.

Kabar baiknya adalah dalam artikel ini Anda mendapatkan informasi tentang cara cepat, bisa jadi sangat cepat untuk membantu bagi teman – teman yang tidak bisa desain.

Kalau bisa cepat bikin desain berarti ga perlu belajar grafis dong?.

Untuk soal itu terserah masing – masing, tapi perlu diingat bahwa saya tidak ada maksud untuk mengatakan bahwa tidak perlu bisa desain. Karena dengan ini saja sudah cukup. Tentu tidak.

Bagi para desainer grafis beneran atau yang belajar tetap lanjutkan. Karena keahlian grafis akan menghasilkan desain yang orisinil dan lebih bagus.

Desain yang bisa Anda buat seperti brosur, kartu nama, sertifikat, banner, poster, frame produk, sampul dan lainnya.

Ada dua cara yang ingin saya sampaikan disini. Yang pertama secara offline dan yang kedua secara online. Tapi tenang aja, dua – duanya sama mudahnya.

Membuat Desain Grafis Jadi Mudah dengan Bantuan Freepik

Mendesain mulai dengan kanvas kosong atau dari nol lebih susah dibanding sudah ada templatenya. Iya kan?. Maka dari itu di freepik gudangnya.

Freepik Gambar
Image: Freepik.com

Freepik menawarkan banyak sekali pilihan desain, yang saya kira semua kebutuhan desain bisa diserahkan ke Freepik. Mau nyari jenis Vektor, Photo, maupun Psd dengan kualitas terbaik ada disini. Untuk saya pribadi biasa pakai ketiganya, tentu tergantung kebutuhan.

Seperti tampilan gambar di atas, Freepik menyediakan gambar dengan format vektor, photo dan psd. Anda bisa memulainya dengan melakukan pencarian pada search area. Perlu di ketahui bahwa kata kunci pencarian yang anda masukan adalah dalam bahasa inggris. Misal, frame, background, infographic, cover, dan lainnya.

Untuk memulainya silahkan kunjungi link atau alamat nya yaitu Freepik.com. Berikut saya contohkan dengan kata kunci Banner.

pencarian vector freepik
Image: Freepik.com

Banyak sekali rekomendasi gambar dari hasil pencarian dengan kata kunci Banner. Selanjutnya tinggal Anda download. Untuk cara mendownloadnya Anda bisa kunjungi artikel lainnya yaitu download vektor premium gratis selamanya di Freepik.

Edit menggunakan Adobe Ilustrator atau Corel Draw untuk gambar Vektor dan bisa di Photoshop untuk gambar Psd. Cara mengeditnya mudah. Bahkan sangat mudah. Bisa dibilang Anda tinggal edit teks, tambah atau modifikasi gambarnya, kan sudah ada templatenya.

Tentu karena ini Offline maka harus pake software, bisa pakai Corel Draw atau Adobe Ilustrator. Supaya lebih jelas soal editing saya masukan ke pembahasan di artikel lainnya. Silahkan baca caranya editnya disini.

Untuk kebutuhan presentasi ada banyak pilihan Inforgraphic di Freepik. Kemudian untuk kebutuhan kartu ucapan, seperti selamat idul fitri, hari buruh, hari ibu, dan hari besar lainnya juga ada banyak templatenya di Freepik. Selamat mencoba.

Contoh Desain Infographic
Image: Freepik.com

Membuat Desain Profesional Secara Online di Canva

Jika sebelumnya di Freepik kita melakukan edit secara offline, kali ini menggunakan Canva langsung bisa mendesain saat itu juga secara online tanpa tambahan software apapun.

Canva menyediakan banyak template yang langsung di disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Seperti template sertifikat, template kartu nama, template poster, template brosur, template logo dan banyak lagi.

Enaknya di Canva adalah Anda bisa langsung edit tanpa donlwoad, langsung unduh hasilnya kalau sudah beres. Bisa dengan cepat di aplikasikan sesuai kebutuhan masing – masing. Supaya lebih jelas langsung kunjungi website nya di Canva.com.

Tampilan canva awal
Image: Canva.com

Cara memulainya Anda bisa masukan kata kunci di kolom pencarian atau mulai dengan klik tombol Creat a Design. Saya misalkan mencari template poster.

pencarian canva
Image: Canva.com

Nah, kita langsung di arahkan ke halaman editor gambarnya. Untuk Canva jelas lebih simple dari Freepik. Cara editnya sangat mudah, siapapun bisa melakukanya. Tinggal kita edit teks atau tambah gambar, langsung selesai.

Edit Online Canva
Image: Canva.com

Cara lengkapnya Anda bisa liat tutorialnya di website Canva.com, disana sudah di sediakan. Tapi untuk yang tidak mau repot nyari bisa cek pada link – link dari Canva yang saya tautkan di sini.

Sebagai penutup, perlu diketahui desain yang kita dapat dari Freepik maupun Canva memang gratis. Tapi karena gratis maka kita hargai penciptanya dengan hanya menggunakannya untuk kebutuhan kita dan tidak untuk dijual kembali. Kecuali desain tersebut sudah sangat di modifikasi sehingga sangat tidak sama dengan aslinya.

Semoga dapat membantu. Kritik, saran maupun masukan tetap saya nantikan dan bisa dikirimkan melalui laman kontak.