Keunggulan Payroll Software Cloud Dibandingkan Payroll Manual

3 Likes Comment
payroll software cloud

Perusahaan selalu menginginkan proses dan kinerja bisnisnya berjalan dengan optimal. Salah satu bagian dari proses bisnis perusahaan adalah payroll. Dalam istilah bisnis, payroll adalah suatu metode penggajian bulanan untuk karyawan sebagai bukti apresiasi perusahaan kepada karyawan atas kinerja selama sebulan. Aplikasi yang bisa perusahaan gunakan adalah Payroll Software Cloud.

Proses payroll manual sering dinilai menyusahkan tim HR karena prosesnya yang rumit dan memakan waktu lama. Oleh karena itu, perusahaan menggunakan Payroll Software Cloud sebagai sarana untuk mempermudah tugas rutin HR.

Keunggulan Payroll Cloud Software

Perusahaan memilih payroll cloud service bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan mendasar mengapa perusahaan menggunakannya. Di bawah ini adalah keunggulan payroll cloud server untuk perusahaan:

1. Akurat

Kemudahan yang ditawarkan oleh Payroll Cloud Service jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan payroll manual bahkan oleh payroll specialist sekali pun. Memang, seperti yang lama diketahui payroll specialist adalah orang yang ahli dan teliti dalam bidang payroll.

Tetapi, bagaimanapun juga payroll specialist masih berpotensi untuk melakukan kesalahan atau human error dalam perhitungannya. Kesalahan hitung maupun human error tidak akan ditemukan dalam payroll cloud software. Sistem yang terintegrasi dengan baik akan mengolah dan menghitung gaji bulanan karyawan yang terdiri dari berbagai elemen berbeda bagi tiap-tiap karyawan.

Baca Juga : Hire Payroll Specialist atau Jasa Payroll Outsourcing

2. Keamanan Data Terjamin

Informasi dan data karyawan adalah hal yang paling penting untuk dijaga karena karyawan adalah sumber daya yang berharga bagi perusahaan. Oleh karenanya, sebisa mungkin perusahaan memperkecil akses oknum tak bertanggung jawab terhadap data dan informasi karyawan.

Penggunaan payroll manual masih menyisakan beberapa celah kecil atas pencurian informasi karena tidak dilapisi oleh sistem khusus yang menjaga keamanannya. Bisa saja oknum tertentu menyelinap ke ruangan HR kemudian membuka buku catatan yang berisi data dan informasi karyawan.

Sementara Payroll Software Cloud mempunyai sistem keamanan yang tinggi, dimana setiap pihak yang terkait harus melalui verifikasi dengan memasukkan password dan nama user yang berkepentingan.

payroll software cloud

3. Payroll Software Cloud Sangat Fleksibel

Payroll service cloud menggunakan server berbasis cloud yang mudah diakses melalui perangkat lain di luar kantor yang terkoneksi dengan internet. Hal ini sangat berguna jika staff HR mempunyai kepentingan mendadak untuk mencari data karyawan dan harus mengakses data software payroll.

Server cloud juga memungkinkan memproses dan menyimpan seluruh data dari jauh sekalipun tanpa terhalang jarak. Jadi, semua akses data dan informasi menjadi lebih efisien dan cepat.

4. Mudah Disesuaikan dengan Perubahan

Regulasi bisnis di sekitar perusahaan sering kali berubah. Begitu pula dengan bisnis perusahaan. Ada masanya sebuah perusahaan tumbuh semakin besar dan memiliki banyak karyawan.

Payroll Software dengan basis cloud mudah disesuaikan dengan perkembangan tersebut. Staf HR cukup tinggal mengakses software payroll kemudian menginput data yang mengalami perubahan. Kemudian tinggal menunggu untuk diproses.

Kemudahan update ini juga memudahkan tim HR untuk beralih sejenak kepada tugas-tugas lain yang perlu perhatian khusus, contohnya pengembangan pelatihan karyawan.


Demikian penjelasan keunggulan payroll software cloud. Semoga dapat membantu Anda dalam mendapatkan software payroll terbaik.

Untuk mendapatkan software payroll terbaik, LinovHR menyediakan layanan konsultasi untuk mendapatkan software payroll yang paling cocok untuk perusahaan Anda. Segera hubungi LinovHR dan rasakan manfaat dari payroll software cloud.

Ikuti terus dan baca artikel – artikel yang menarik lainnya dari abduweb terimakasih.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunai teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *