Jurnal Ilmiah, Pembahasan Lengkap

12 Likes Comment
Jurnal Ilmiah

Jika kamu adalah mahasiswa, dosen maupun peneliti pasti sudah tak asing dengan jurnal ilmiah. Karena bagi seorang dosen wajib menulis jurnal atau publikasi jurnal setiap semester.

Kemudian bagi kalangan mahasiswa, sebagian besar kampus sudah menerapkan kewajiban publikasi jurnal ilmiah untuk syarat kelulusan dan yudisium maupun wisuda.

Sedangkan untuk kalangan peneliti jurnal digunakan sebagai media untuk diseminasi secara luas dari hasil penelitiannya.

Bagi Anda yang masuk dalam kategori diatas pasti sudah mengenal apa itu jurnal, bagaimana cara penyusunanya sampai tersusun menjadi satu artikel ilmiah.

Terdapat sejumlah jenis jurnal ilmiah yang perlu kamu tahu seperti jurnal terakreditasi atau sinta, jurnal nasional bereputasi, jurnal internasional, dan lainnya.

Apakah anda mencari jurnal ilmiah bidang akuntansi, kesehatan, pendidikan, ekonomi, teknik dan sebagainya. Mudah – mudahan bacaan dalam artikel ini bisa jadi solusi.

Link Terkait: Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Jurnal Ilmiah Adalah

Dilansir dari laman wikipedia bahwa Pengertian jurnal ilmiah adalah publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan.

Jurnal juga merupakan media diseminasi atau publikasi ilmiah karya tulis ilmiah atau hasil penelitian yang berbentuk kumpulan artikel dari beberapa penulis menggunakan media jurnal online maupun cetak.

Jurnal memiliki frekuensi terbit tertentu, seperti 6 bulanan, 4 bulanan atau 3 bulanan bahkan bulanan. yang memuat naskah ilmiah dalam rumpun ilmu tertentu sesuai kaidah penulisan.

Baca sampai habis ya, karena konten artikel ini sangat lengkap membahasan semua hal tentang jurnal, Terimakasih.

Terbitan Jurnal Online dan Jurnal Cetak

Syarat legat sebuah jurnal bisa terbit adalah memiliki ISSN yang didaftarkan melalu LIPI. ISSN terbagi menjadi 2 yaitu ISSN Online dan ISSN Cetak. Apa fungsinya?

Fungsinya adalah untuk ISSN online atau e-issn agar penerbit bisa mempublikasi jurnal dalam media elektronik, sedanf ISSN cetak atau p-issn agar bisa menerbitkan dalam media cetak (tercetak).

Seperti apakah jurnal ilmiah itu?, silahkan lihat gambar dibawah ini.

jurnal ilmiah abduweb

Contoh diatas adalah portal jurnal online menggunakan aplikasi OJS atau Opern Journal System. Gambar tersebuh menunjukan satu volume dan nomor jurnal dengan tampilan daftar isi.

Sedangkan jika salah satu daftar isi kita klik maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

jurnal ilmiah abduweb

Untuk jurnal cetak, tentu tampilan nya dalam bentuk buku tercetak atau jidil. Hanya saja saat ini jurnal cetak sudah mulah jarang digunakan karena sudah beralih ke online dan elektronik.

Perbedaan Jurnal Nasional dan Internasional

Bagi kamu yang sedang nyari jurnal internasional maupun jurnal nasional, awas jangan sampe keliru. Karena tidak semua jurnal yang berbahasa inggris bisa kita sebut sebagai jurnal internasional loh.

Ingat ya, tidak selalu jurnal berbahasa inggris disebut jurnal internasional

Jurnal Nasional

Jurnal nasional pasti sudah jelas bahwa penulisnya berasal seluruhnya dari dalam negeri. Selain itu kriteria jurnal nasional bisa kita simak pada penjelasan dibawah ini.

Pertama, merupakan terbitan ilmiah yang memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.

Kedua, Memiliki ISSN atau (International Standard Serial Number) yang didaftar melalui PDII LIPI.

Ketiga, Penulisan dengan bahasa nasional setiap negara yang dalam hal ini bahasa Indonesia, hanya sebagian kecil yang berbahasa asing (inggris)

Keempat, Editorial atau dewan redaksi berasal dari dalam negeri semuanya

Kelima, Penulis dalam setiap terbitannya juga berasal dari dalam negeri seluruhnya.

Keenam, Memiliki terbitan versi cetak maupun online dalam OJS

Ketujuh, Selanjutnya untuk jurnal nasional memiliki reputasi dan indexing tingkat rendah sampai menengah. Misalnya hanya terindex Google Scholar, Index Garuda, atau Index Sinta dan neliti.

Jurnal Internasional

Ingat, jangan hanya karena berbahasa inggris bisa jadi jurnal internasional. Ketahui tentang kriteria jurnal internasional sebagai berikut:

Pertama, Karya ilmiah yang memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.

Kedua, Memiliki ISSN (International Standard Serial Number).

Ketiga, Ditulis dengan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok.

Keempat, Memiliki terbitan versi online atau diterbitkan dalam OJS

Kelima, Dewan redaksi yang tercantum merupakan pakar dibidangnya yang berasal dari 4 negara.

Keenam, Terbitan pada setiap nomornya melibatkan author atau penulis berasal dari 4 negara

Ketujuh, Terindex oleh database internasiomal bereputasi seperti Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search atau lainnya sesuai pertimbangan tim pakar dikti

Macam – Macam Jurnal Ilmiah

Kali ini kita masuk pada pembahasan macam – macam jurnal, ada jurnal apa saja sih yang perlu kita tahu sebelum kita menerbitkan jurnal. Biar tak salah menerbitkan.

Seperti yang sudah kita bahasa sebelumnya, bahwa terdapat jurnal nasional dan internasional. Kemudian jurnal nasional terbagi menjadi 2 dan internasional juga terbagi 2. Sebagai berikut:

Jurnal Nasional Terakreditasi

Pertama adalah jurnal nasional yang terakrediasi, jurnal kategori ini adalah yang telah melewati proses akereditasi melalui laman arjuna dikti http://arjuna.ristekdikti.go.id/.

Yang merupakan laman untuk pengajuan akreditasi jurnal nasional. Penerbit yang jurnalnya lolos akreditasi akan mendapatkan peringkat berdasarkan penilaian.

Peringkat tersebut adalah sinta, mulai dari sinta 1 sampai dengan sinta 6. Semakin tinggi peringkat sinta (sinta 1) maka jurnal tersebut semakin berkualitas.

Jurnal Ilmiah Nasional Biasa

Selanjutnya adalah jurnal nasional biasa, maksudnya biasa adalah jurnal ilmiah ber ISSN yang belum mendapatkan akreditasi Arjuna atau peringkat sinta.

Jurnal ini tetap baik dan aman untuk publikasi, terlebih jika jurnal tersebut sudah terindex google scholar, garuda, dan lain lain. Karena index sebagai standar reputasi jurnal jika belum terakreditasi.

Jurnal Internasional Bereputasi

Untuk kategori jurnal internasional, yang pertama adalah jurnal internasional bereputasi. Yang pasti ini adalah jurnal internasional sesuai kriteria yang ada pada bahasan sebelumnya soal jurnal internasional.

Jurnal internasional ini menjadi bereputasi karena terindex scopus, baik predikat Q1. Q2, Q3 maupun Q4. Selain scopus yang juga mendapat pengakuan sebagai jurnal dengan reputasi adalah yang terindex Web of Science (WoS).

Jurnal Ilmiah Internasional Biasa

Jurnal internasional berikutnya adalah jurnal internasional biasa, karena belum terindex Scopus maupun Web of Science.

Namun jurnal ini termasuk dalam kategori jurnal internasional sesuai kriteria jurnal pada bahasan sebelumnya.

Bidang Ilmu dalam Jurnal Ilmiah

Jika kamu sedang mencari jurnal untuk tempat publikasi hasil penelitian, tugas akhir atau pengabdian ada hal yang perlu diperhatikan. Yaitu pilih bidang yang relevan atau scope rumpun ilmunya masuk.

Jangan sampai jurnal mu bidang ilmu akuntansi masuk ke jurnal teknik sipil atau teknik mesin bahkah kesehatan.

Merujuk pada laman ISSN LIPI bahwa penerbit jurnal harus memilik bidang ilmu untuk mengkategorikan keilmuan publikasinya.

Lantas bagaimana jika ada jurnal yang terbit dengan scope lebih dari 1 bidang ilmu, berarti itu mendaftaran ke ISSN LIPI dengan bidang ilmu umum.

Bidang ilmu jurnal ilmiah berdasarkan pendaftaran ISSN pada LIPI adalah sebagai berikut:

  1. Umum
  2. Agama
  3. Bahasa
  4. Biologi
  5. Budaya
  6. Ekonomi
  7. Farmasi
  8. Fisika
  9. Geologi
  10. Hukum
  11. Informatika
  12. Instrumentasi
  13. Kedokteran
  14. Kelautan
  15. Kesehatan
  16. Kehutanan
  17. Kimia
  18. Komunikasi
  19. Manajemen
  20. Matematika
  21. Militer
  22. Pariwisata
  23. Pemasaran
  24. Pemerintahan
  25. Pendidikan
  26. Perairan
  27. Perikanan
  28. Pertanian
  29. Peternakan
  30. Politik
  31. Psikologi
  32. Sastra
  33. Sejarah
  34. Seni
  35. Sosial
  36. Statistika
  37. Teknik
  38. Transportasi

Itulah 38 kategori keilmuan dalam jurnal ilmiah sesuai regulasi dalam pendaftaran ISSN ke LIPI. Namun apakah bisa masuk berbeda rumpun ilmu?

Jawabanya bisa iya bisa tidak. Jawaban nya jadi iya jika sebuah jurnal memiliki bidang ilmu umum, maka semua ilmu bisa masuk dalam jurnal tersebut.

Selain itu jika kita punya jurnal bidang ilmu komunikasi atau pemasaran, maka bisa masuk ke kategori sosial tidak harus seusai bidangnya. Karena kategori sosial lebih luas dan bidang mencakup komunikasi maupun pemasaran.

Lebih detil saya contohkan dalam tabel berikut ini:

NoBidang StudiRumpun Jurnal
1Pemasaran, ManajemenEkonomi
2Informatika, Kesehatan, Pertanian, PendidikanUmum
3Sejarah, Pendidikan, Psikologi, Ekonomi, HukumSosial

Jika Anda membutuhkan publikasi cepat, bisa klik link berikut ini : Mau Publikasi Jurnal.

Siapa Pengelola Jurnal Ilmiah?

Nah, buat yang sedang mencari penerbit untuk publikasi jurnalnya, ini informasi yang perlu Anda simak. Setidaknya ada tiga unsur pengelola terbitkan berkala atau jurnal.

1. Penerbit Asosiasi Profesi atau Lembaga Keilmuan

Pengelola jurnal atau terbitan berkala yang pertama adalah dari organisasi atau kelompok keilmuan. Seperti contohnya Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer) menerbitkan jurnal Computer Science and Information Technologies

Selain itu ada adalah Ikatan Dokter Indonesia menerbitkan jurnal dengan nama Majalah Kedokteran Indonesia. Dari organisasi PPNI juga mengeluarkan jurnal dengan nama Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Itulah beberapa contoh penerbit jurnal dari kalangan organisasi keilmuan atau profesi. Hanya sebagian dari banyak jurnal yang dikelola organisasi keilmuan. Sebagai tambahan berikut ini contoh jurnal lainnya.

2. Penerbit Lembaga Pendidikan (Perguruan Tinggi)

Kalangan penerbit yang kedua adalah dari lembaga pendidikan atau perguruan tinggi. Bagi para dosen dan mahasiswa pasti sudah tahu, karena hampir kabanyakan perguruan tinggi memiliki jurnal nasional.

Universitas Indonesia pasti punya jurnal, UGM Jogja juga punya jurnal, Universitas Riau, Universitas Lampung, Universitas Brawijaya, Universitas Sultan Hasanudin juga pasti punya jurnal.

Bahkan ditempat saya kuliah dan kamu kuliah pasti punya jurnal. Jika belum tau, coba deh tanya ke dosen.

Tapi jika ternyata belum punya, ya berarti kampus tersebut budaya ilmiah belum tumbuh atau mungkin lebih senang menerbitkan jurnal diluar kampusnya.

Berikut adalah contoh beberapa jurnal ilmiah yang dikelola oleh lembaga pendidikan dalam hal ini perguruan tinggi.

3. Penerbit Umum (Non Asosiasi dan Perguruan Tinggi)

Kategori penerbit yang ketiga ini adalah dari kalangan umum yakni bukan dari asosiasi maupun lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi.

Kok boleh ya jadi penerbit dari kalangan umum?, iya karena dalam persayaratan pengajuan ISSN pada LIPI tidak ada aturan yang melarang penerbit dari kalangan umum.

Dalam hal ini bisa perusahaan, organisasi sosial, lembaga swasta maupun sejenisnya.

Apasajakan contoh jurnal yang terbitanya berasal dari kalangan umum atau penerbit umum, sebagai berikut:

Susunan Jurnal Ilmiah

Susunan dan penulisan jurnal atau karya ilmiah yang paling mudah kamu lakukan adalah dengan meminta template dari pihak jurnal atau penerbit dan ikuti sistematikanya.

Namun, secara umum susunan dalam penulisan naskah ilmiah yaitu tersusun dan terdiri dari sistematika yang terkenal dengan istilah IMRAD (Introduction, Method, Result, And Discussion)

1. Introduction, istilah yang sama dengan pendahuluan

2. Method, berisi metode penelitian

3. Result, hasil dan pembahasan penelitian

4. Discussion, kesimpulan hasil penelitian

Susunan atau sistematika dalam penulisan jurnal ilmiah setidaknya memuat empat hal tersebut atau IMRAD, walaupun setiap penerbit membuat sistematika yang berbeda namun garis besar kontenya tentu sama.

Jadi, sebelum menulis artikel atau naskah ilmiah perhatikan dulu ya cara penyusunannya. Untuk lebih detail soal ini akan saya bahas pada artikel lainnya.

Situs Referensi Jurnal Ilmiah

Berikut ini terdapat 10 list situs atau webiste tempat kita mencari referensi jurnal ilmiah, baik yang gratis maupun yang berbayar. Beberapa portal jurnal tersebut adalah sebagai adalah:

  1. garuda
  2. ISJD LIPI
  3. Neliti
  4. Moraref
  5. Proquest
  6. Sciencedirect
  7. Pubmed
  8. Ebsco
  9. Microsoft Academic
  10. Google Scholar
  11. DOAJ
  12. Copernicus

Info Publikasi Jurnal Ilmiah Cepat Terbit Setiap Bulan

Berikut ini adalah info penting khusus bagi siapapun yang membutuhkan penerbitan jurnal cepat terbit setiap bulannya:

  • Mahasiswa yang publiaksi jurnal untuk tugas akhir
  • Publikasi jurnal untuk yudisium bagi mahasiswa
  • Mahasiswa publikaasi jurnal untuk wisuda
  • Dosen yang menerbitkan jurnal penelitian
  • Publish jurnal untuk kewajiban kepangkatan dosen
  • Dosen yang publikasi jurnal untuk diseminasi
  • Guru yang publikasi jurnal untuk kepangkatan
  • Dan siapapun yang membutuhkan publkasi jurnal ilmiah

Kalau bisa publish cepat, kenapa harus nunggu terlalu lama.

Anda bisa langsung publikasi di jurnal – jurnal yang kami kelola sebagai publisher atau penerbit jurnal. Keuntunganya adalah cepat terbit, terbit setiap bulan dan jaminan pasti publish. Silahkan klik konsultasi.

Klik Konsultasi

Kalimat Penutup

Demikian penjelasan yang panjang lebar tentang jurnal ilmiah, mulai dari pengertiannya, perbedaan setiap jurnal, jenis – jenis jurnal, contoh bidang ilmu jurnal ilmiah dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Jika memiliki pertanyaan seputar publikasi maupun penerbitan jurnal silahkan bisa hubungi melalui laman atau menun kontak. Dan bisa juga klik tombol konsultasi diatas.


Tanya Jawab Jurnal

Apa Pengertian Jurnal Ilmiah?

Merupakan terbitan berkala dengan frekuensi terbit tertentu, seperti 6 bulanan, 4 bulanan atau 3 bulanan bahkan bulanan. yang memuat naskah ilmiah dalam rumpun ilmu tertentu sesuai kaidah.

Apa itu Jurnal Nasional ?

Jurnal dengan bahasa nasional negara terntentu, penulis, dan reviewer dalam satu negara.

Apa itu Jurnal Internasional?

Jurnal dengan bahasa internasional PBB (inggris, arab, prancis, rusia, tiongkok) dengan penulis dan reviewer lebih dari 4 negara

Siapa penerbit jurnal?

Terdiri dari 3 kalangan yakni kalangan asosiasi keilmuan, kalangan lembaga pendidikan (perguruan tinggi) dan kalangan umum

Apa itu jurnal akreditasi sinta

Adalah jurnal ilmiah yang telah terakreditasi oleh Arjuna Dikti dengan peringkat Sinta 1 sampai dengan Sinta 6

Ada berapa jenis jurnal?

Jurnal nasional biasa, jurnal nasional bereputasi atau terakreditasi sinta, jurnal internasional biasa, jurnal internasional bereputasi

Berapa lama jurnal bisa terbit?

Tergantung frekuensi terbitan pada setiap jurnalnya, bisa setiap 6 bulan, setiap 4 bulan, 3 bulanm bahkan setiap bulan

Bagaimana cara publish jurnal?

Terpenting adalah sudah punya naskah, kemudian cari jurnal dengan bidang ilmu yang relevan dengan naskah tersebut, lakukan submit dan tunggu sampai diterima

Bagaimana supaya cepat terbit?

Cari jurnal atau publisher yang menerbitkan jurnal setiap bulan sekali atau bulanan

Berapa biaya publikasi jurnal?

Tidak ada standar khusus, harga di tentukan oleh masing – masing penerbit. Maka paling benar adalah langsung kontak ke jurnal yang di tuju

Simak video tentang akreditasi jurnal ilmiah elektronik berikut ini:

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *