Cara Mengirim Video Lewat Gmail

16 Likes Comment
Cara Mengirim Video Lewat Gmail

Pada artikel sebelumnya penulis sudah membahas tuntas cara ganti foto profil gmail, masih seputar tentang gmail tapi kali ini akan membahas cara mengirim video lewat gmail dengan mudah.

Email adalah sebuah fasilitas dari internet yang memungkinkan penggunanya mengirim atau menerima pesan dan juga file lampirannya dengan mudah.

Banyaknya aplikasi chat saat ini, tidak membuat email menjadi tersingkirkan. Bahkan sampai saat ini masih banyak sekali orang yang mengirim pesan menggunakan email.

Salah satu alasan kenapa orang orang lebih memilih mengirimkan pesan melalui email adalah karena dengan email kamu bisa mengirimkan file lampiran sekaligus.

Fitur pengiriman filenya juga jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi chatting biasa.

Pada artikel kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara mengirimkan video lewat gmail.

Namun Sebelum masuk pada bagian bagaimana cara melampirkan file pada gmail, ada baiknya kamu mengetahui jenis dan file apa saja yang dibolehkan untuk dilampirkan.

Jenis file yang tidak bisa dikirim lewat gmail

cara mengirim video lewat gmail
freepik.com

Sebenarnya Gmail melakukan blokir pada sebuah file bukan tanpa alasan. Ketika kamu mengirim suatu file, maka akan muncul “Pesan ini diblokir karena berisi konten yang berpotensi menyebabkan masalah keamanan” di gmail kamu.

Ini karena ada tipe file yang bisa diselipkan virus. Jadi gmail hanya menerima sebagian jenis file yang tergolong aman. Jenis file ini selalu diupdate oleh gmail dan terus berubah.

Berikut adalah format file yang Gmail larang:

.MDE, .MSC, .MSI, .MSP, .MST, .NSH .PIF, .SCR, .SCT, .SHB, .SYS, .VB, .VBE, .VBS, .VXD, .WSC, .WSF, .WSH, .CAB, .ADE, .ADP, .APK, .BAT, .CHM, .CMD, .COM, .CPL, .DLL, .DMG, .EXE, .HTA, .INS, .ISP, .JAR, .JS, .JSE, .LIB, .LNK

Nah jika kamu mengirim file dengan format tersebut tadi, maka gmail akan melakukan block pada file tersebut sehingga walaupun email kamu terkirim file yang kamu lampirkan akan gmail hapus dan tidak terkirim.

Namun jangan khawatir, karena file-file normal seperti foto, video, dokumen, tidak ada yang terblokir. Jadi untuk jenis file normal pada umumnya, tidak apa-apa.

Batas ukuran file yang bisa dikirim lewat gmail

Ukuran maksimal lampiran yang bisa kamu kirim adalah 25Mb. Kamu tidak bisa mengirim file lebih dari batas yang telah gmail tentukan.

Hal ini sebenarnya bisa kamu akali, dengan mengupload file ke cloud storage seperti google drive, dan mengirim link file tsbt lewat email Hal ini tidak akan penulis bahas.

Cara mengirim file lampiran lewat gmail di komputer

1. Masuk ke inbox gmail kamu. Kalau tidak tau, klik link ini : https://mail.google.com/mail/u/0/#inbox , Lalu, silahkan login. Kalau sudah login, nanti akan keliatan laman inbox seperti berikut.

2. Untuk mengirim pesan (berisi file), mulai dengan klik “tulis” seperti pada gambar berikut ini.

3. Setelah itu,  akan muncul kotak “tulis” atau kotak penulisan pesan seperti gambar berikut ini.

cara mengirim video lewat gmail

4. Masukkan alamat email tujuan, Subject atau Judul Email.

5. Untuk melampirkan file, klik “ikon klip kertas” seperti gambar berikut ini.

cara mengirim video lewat gmail

6. Akan muncul jendela pemilihan file, selanjutnya kamu tinggal pilih file yang ingin kamu kirimkan. Jika sudah, klik open, untuk mengupload file.

7. Jika sudah kamu upload, nanti akan melihat file tadi pada bagian seperti pada gambar berikut ini.

cara mengirim video lewat gmail

8. Jika sudah selesai menulis email dan memilih filenya, kamu bisa mengirim pesan tersebut dengan klik tombol “kirim”.

cara mengirim video lewat gmail

9. Jika sudah klik “kirim”, maka pesan dan file lampiran kamu akan terkirim ke alamat email tujuan.

LINK TERKIAT: Cara Memulihkan Akun Gmail

Akhir Kata

Gimana caranya cukup mudah kan?  Terima kasih sudah mengikuti panduan cara mengirim video lewat gmail semoga saja terbantu. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang sedang kesusahan yaa. terimakasih

Baca Juga:

Tentang Penulis: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *