Cara Mengecek Paketan Tri

cara mengecek paketan TRI

Saat ini pemakaian internet sudah menjadi suatu hal wajar dan lumrah, faktanya masih ada banyak orang yang masih merasa bingung untuk cara mengecek paketan Tri (3) yang dimilikinya.

Bisa jadi Kamu juga termasuk salah satu pelanggan baru dari provider 3 sehingga belum terlalu paham dengan fitur layanan yang provider berikan dan cara cek kuota 3.

Bahkan terkadang pengguna lama juga tidak begitu menghiraukan beberapa hal ini. Intinya hanya memakai saja dan jika internet sudah tidak bisa digunakan akan beli paket data baru.

Tidak peduli sudah berapa lama Kamu menggunakan kartu 3 yang jelas berbagai macam fitur pengecekan wajib untuk diketahui.

Sama halnya dengan provider pada umumnya, pihak 3 juga memberikan banyak cara dan fitur yang dirasa sangat mudah dan sederhana. Mungkin saja hal ini sudah Kamu baca dulu namun tidak dihafalkan jadi lupa.

Pernah gak sih kamu lupa dengan nomor HP sendiri? jika iya, ada baiknya kamu baca artikel Cara Mengecek Nomor 3 dengan mudah.

Cara Mengecek Kuota 3 Terbaru 2020

kelebihan dari kuota internet Tri adalah harganya yang terbilang murah. Selain itu, sinyal yang ditawarkan pun tak kalah luas dengan provider-provider lain.

Tersedia juga beragam varian paket internet yang bisa kamu beli, mulai dari paket harian, mingguan, bulanan, hingga paket 4G unlimited juga ada.

Seperti yang telah penulis singgung tadi, seringkali pengguna lupa untuk mengecek kuota Tri miliknya dan berakibat fatal.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak menyenangkan akibat kehabisan kuota internet, maka sebaiknya Kamu mengikuti tutorial cara mengecek paketan internet kartu 3 yang akan penulis ulas lengkap pada pembahasan berikut ini.

1. Cara Mengecekek Paketan Tri (3) Melalui Panggilan Telepon

cara mengecek paketan tri
Freepik.com

Metode pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek jumlah kuota Tri adalah melalui kode dial atau USSD.

Caranya sangat mudah sekali, cukup ketik kode USSD provider Tri maka Kamu akan mendapatkan informasi mengenai detail kuota yang Kamu miliki. Secara lengkap, akan penulis jelaskan berikut ini.

  • Buka aplikasi “Telepon” pada HP Kamu
  • Kemudian ketikkan kode *111# dan tekan “Panggil”
  • Berikutnya pilih opsi “Cek Kuota” yang diberi nomor 4, lalu tekan “Send” atau kirim
  • Setelah itu, akan tertampil beragam pilihan kuota yang ingin kamu cek. Cukup ketikkan kode nomor sesuai paket yang ingin Kamu lihat, lalu tekan “Send”
  • Tunggu beberapa saat maka operator akan mengirim sebuah SMS yang menginformasikan sisa kuota Kamu.

2. Cara Mengecekek Paketan Kuota TRI Dengan SMS

Tips kedua untuk cara mengecek paket 3 yang sedang kamu gunakan adalah dengan mengirim sebuah pesan atau SMS kepada operator. Tenang saja, kalau sekedar mengirim SMS untuk mengecek paketan kuota tidak akan ada biaya.

Baca juga : Cara Transfer Pulsa Tri

Metode ini sangat cocok bagi Kamu yang tidak suka membuang waktu dan ingin serba praktis karena cara ini hanya memerlukan dua tahapan saja. Apa itu? Silahkan ikuti panduan berikut ini.

  • Pertama, buka aplikasi atau menu “Pesan” pada HP Kamu
  • Kedua, buat pesan baru dengan format Info data lalu kirim ke nomor 234
  • Selesai, akan ada SMS balasan berupa pemberitahuan sisa kuota internet yang Kamu miliki.
  • Selain dengan format seperti di atas, Kamu juga bisa mengecek kuota 3 4G dengan format Info kuota 4g kirim ke 234.

3. Cara Mengecek Paketan Tri Menggunakan Aplikasi Bima+

cara mengecek paketan tri

Aplikasi Bima+ merupakan aplikasi khusus besutan Tri yang berguna untuk keperluan telekomunikasi penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi Bima+ ini, kamu bisa melakukan cek kuota dan melihat berbagai macam informasi terkait kartu yang sedang kamu gunakan.

Untuk tahapannya sendiri bisa kamu lihat pada panduannya berikut ini.

  • Download dan Instal terlebih dulu aplikasi bernama Bima+ pada Google Play Store atau pun App Store
  • Setelah itu, buka aplikasi Bima+ dan lakukan login dengan kartu Tri yang Kamu gunakan
  • Kemudian, nanti akan ada kode otentikasi yang akan operator kirim lewat SMS. Masukkan kode tersebut pada aplikasi Bima+ untuk menyelesaikan proses awal login.
  • Berikutnya Kamu akan diarahkan ke laman utama dari aplikasi Bima+ yang berisi segala macam informasi terkait kartu Tri Kamu. Cukup pilih bagian “Akun Saya” lalu pilih lagi “Info Paket” untuk mengetahui detail keseluruhan dari paket yang Kamu miliki.

4. Cara Mengecek Paketan Internet Tri (3) Lewat Online Website

Khusus buat Kamu yang malas menginstall aplikasi Bima+, bisa langsung mengecek kuota lewat situs resmi Tri. Sama seperti tampilan dalam aplikasi, website resmi Tri sangat lengkap.

Nantinya Kamu bisa melihat macam-macam informasi tentang kartu Tri yang sedang Kamu pakai. Untuk prosesnya sendiri, silahkan ikuti panduan berikut ini.

  • Kunjungi situs http://internet.tri.co.id/home
  • Kemudian lakukan login menggunakan nomor Tri Kamu
  • Isi semua form login lalu sistem akan mengirim kode verifikasi melalui SMS, masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia dan tekan tombol “Login”
  • Pada halaman utama situs, klik bagian “Akun bima+” kemudian pilih “Info Paket”

Baca juga : Cara Registrasi Kartu 3

Nanti akan tertampilkan secara lengkap mengenai sisa kuota internet, paket nelpon, dan paket SMS yang Kamu miliki.

5. Cara Cek Sisa Kuota 3 Pakai Komputer

Cara Mengecek Paketan tri

Sebenarnya cara mengecek paketan tri yang satu ini sama saja dengan cara yang sudah penulis bahas.

Bedanya kamu menggunakan situs www.bima.tri.co.id untuk melihat sisa pemakaian kuota dan beragam informasi seputar nomor handphone yang kamu miliki.

Situs tersebut juga mengharuskan kamu login terlebih dahulu, kemudian memasukan nomor handphone serta kode verifikasi. Menariknya lagi, situs Bima Tri bisa kamu akses pada semua perangkat, baik itu handphone ataupun komputer.

Sebenarnya login ke situs internet.tri.co.id sama saja dengan kamu mengakses aplikasi Bima+. Bedanya kamu bisa mengakses situs tersebut dari berbagai perangkat, sehingga mempermudah pengecekan kuota tri.

Penutup

Itulah beberapa cara mengecek paketan Tri (3) terbaru 2020 secara cepat, baik itu untuk melihat masa aktif dan sisa kuota TRI, silahkanpilih yang menurut Kamu paling mudah untuk dilakukan.

Sebelum diakhiri, bagi kamu pengguna tri yang ingin melakukan unreg kartu tri. Bisa ikuti caranya di artikel cara unreg kartu tri.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi buat Kamu pengguna provider Tri (3) atau calon pengguna provider Tri yang sedang kesulitan mengecek sisa kuota dan semoga bermanfaat.

Aldo Faisal Umam
I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.