Cara Memulai Bisnis

12 Likes Comment
cara memulai bisnis

Usaha bisnis yang sukses tidak tumbuh dalam semalam. Butuh kerja keras berbulan-bulan dan bertahun-tahun untuk berubah menjadi tujuan impian Anda. Untuk itu bagi ada yang akan berbisnis, ketahui dulu cara memulai bisnis. Terlebih bagi yang benar – benar baru pemula.

Cara memulai bisnis sederhananya adalah Anda harus memiliki pemikiran tentang sebuah bisnis itu sendiri, yang kemudian pemikiran itu Anda wujudkan.

Mikir bisnis aja tidak, apalagi bisa punya bisnis, Iya toh. Banyak yang bisa mikir bisnis tapi tidak bisa mewujudkannya. Maka dua hal itu harus Anda miliki.

Bicara soal mikir bisnis. Satu hal yang mendasar saat akan memulai bisnis adalah tentang ide bisnis. Untuk cara menemukan ide bisnis yang kreatif, baca artikel ide bisnis kreatif.

Berikut ini adalah cara memulai bisnis online mulai dari 0 hingga bisa menjadi sukses. Anda bisa menggunakan panduan ini sebagai bekal pengetahuan memulai sebuah bisnis baru.

Cara Memulai Bisnis, Mulai Dari Mana ya?

Bagi Anda yang mencari langkah atau cara memulai bisnis untuk pemula, dberikut ini adalah panduan yang baik dan benar untuk Anda gunakan.

Siapapun bisa menggunakan cara ini, entah itu ibu rumah tangga atau mahasiswa yang ingin menjual baju muslim dengan hijab, daster,  catering layanan tour dan travel dan sebagainya.

1. Pastikan untuk Melakukan Riset

Penelitian sangat penting. Begitu banyak hal yang dapat Anda pelajari dan dieksplorasi hanya dari beberapa jam Googling dan berselancar di Internet.

Sebenarnya, riset ini adalah langkah pertama yang Anda perlukan untuk menentukan kelayakan ide bisnis Anda. Sangat penting untuk jujur pada diri sendiri.

Jika tampaknya ide Anda telah banyak dilakukan oleh pebisnis online shop lain, dapatkah Anda melakukannya dengan lebih baik?

Atau Anda bisa menawarkannya lebih murah daripada harga pesaing? Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan sulit dan dapatkan feedback dari teman-teman.

2. Tulis Rencana Bisnis yang Menarik

cara memulai bisnis

Siapapun yang serius dengan bisnis startup, mereka harus menulis rencana bisnis. Demikian pula cara memulai bisnis baru yang bisa Anda lakukan.

Hal pertama tulis ide-ide Anda, catat saja produk atau layanan Anda. Apakah Anda ingin berbisnis baju anak online, frozen food, pertamini, usaha properti, laundry, ternak ayam pedaging atau telur dan sebagainya.

Jika sudah menemukan bisnis yang ingin digeluti, maka coba jelaskan produk, bagaimana Anda berencana memasarkan dan menjualnya; apa model penetapan harga Anda; siapa pesaing Anda; dan apa keahlian Anda.

Misal ingin berjualan franchise Thai Teaatau fried chicken, perhatikan apakah pesaing sekitar Anda menjual lebih murah dari Anda? Bagaimana pelayanan yang mereka berikan dan seperti apa rasa produk yang ditawarkan?

3. Mengenal Produk Atau Layanan Anda Secara Dekat

Ketahui produk Anda secara dekat dengan 2 hal. Pertama, terbuat dari apa itu? Artinya, Anda perlu tahu apa saja bahan produk ice cream, maka Anda perlu menjelaskan kelebihan apa yang Anda miliki dengan produk itu?

Kedua, apa saja fitur dan apa manfaatnya? Ada perbedaan dan Anda perlu memahami perbedaannya.

Jika Anda menjual es krim yang rendah lemak, fiturnya mungkin:’kami menggunakan pemanis alternatif’ tetapi manfaatnya adalah ‘makanan kami lebih sehat untuk Anda’.

4. Tulis Rencana Pemasaran Anda Berdasarkan Penelitian Anda

Dalam fase penelitian, Anda harus dapat menentukan bagaimana orang-orang pada niche atau segmen Anda tampaknya melakukan pemasaran mereka.

Menentukan rencana pemasaran akan memberi Anda ide untuk bagaimana Anda ingin melakukan pemasaran sendiri.

Apakah menggunakan Google Adwords; Facebook Marketing; mengandalkan referensi dari mulut ke mulut atau sesuatu yang sama sekali berbeda?

Buat daftar poin-poin yang menggambarkan siapa klien ideal Anda dan juga sekumpulan poin yang menjelaskan bagaimana Anda akan memberi tahu mereka tentang bisnis Anda.

5. Lakukan Proyeksi Keuangan Anda

Cara memulai bisnis tanpa modal memang sangat sulit, kecuali bisnis yang Anda bangun adalah model dropshpping atau reseller pakaian online dari importir.

Jika Anda hanya mempunyai modal kecil namun ingin sekali berbisnis, maka Anda bisa berencana untuk mengumpulkan dana kecil-kecilan. Bisa juga Anda mengumpulkan modal dari saham online atau forex.

6. Munculkan Nama Bisnis dan Strategi Merek Anda

cara memulai bisnis

Nama bisnis jelas sangat penting. Anda juga harus pertimbangkan apakah nama domain yang tidak mainstream. Anda bisa memilih nama bisnis yang pendek, dapat dikenali, mudah diingat dan bermakna.

Setelah nama bisnis dan nama domain Anda pilih, saatnya untuk bekerja pada strategi branding Anda. Merek adalah tentang membangun kredibilitas dengan audiens target Anda.

Anda dapat menggunakan desainer profesional untuk membuat logo bisnis dengan harga terjangkau.

7. Mulai Penggalangan Dana Untuk Bisnis Anda

Penggalangan dana bermula dengan 2 pertanyaan sederhana: Berapa banyak yang Anda butuhkan? Berapa banyak ekuitas yang ingin Anda jual?

Langkah nomor 7 ini membawa Anda kembali ke langkah 2 dan 5 yakni Rencana Bisnis dan Proyeksi Keuangan Anda.

Jika Anda memproyeksikan kerugian pada tahun pertama  450.000, Anda mungkin harus mengumpulkan dan 600.000 – 750.000.

8. Siapkan Sistem Akuntansi Anda

cara memulai bisnis

Sangat penting untuk mengelola akuntansi Anda dengan benar. Anda dapat menggunakan akuntan freelance atau paruh waktu untuk menghemat uang dan Anda bisa fokus mengembangkan produk dan layanan Anda lainnya.

9. Pastikan Anda Memiliki Asuransi Bisnis

Asuransi memang selalu tampak seperti buang-buang uang namun jika Anda berhadapan dengan kejadian pencurian,  kebakaran, atau tuntutan hukum, asuransi ini sangat membantu.

Bagi kebanyakan bisnis, pertanggungan asuransi adalah suatu keharusan untuk bertahan hidup.

10. Mendirikan Kantor atau Ruang Kerja Dengan Harga Terjangkau

Apakah Anda benar-benar membutuhkan kantor untuk memulai bisnis atau dapatkah Anda menghemat uang dan bekerja dari rumah hanya bermodal kuota internet? Saat memulai bisnis cobalah untuk menghemat uang sebaik mungkin.

Jika Anda memutuskan untuk membuat ruang kantor, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan, yakni adanya koneksi internet kecepatan tertinggi dan sebuah komputer untuk operasional.

11. Buat Situs Web yang Profesional

Sebuah situs web yang profesional membuat semua orang tahu bahwa bisnis Anda serius. Ibaratnya web ini adalah kartu bisnis virtual atau etalase untuk semua produk dan layanan Anda.

Seluruh nusantara atau bahkan dunia dengan jutaan penduduknya dapat Anda jangkau dengan menggunakan web bisnis.

Untuk membuat website yang profesional anda perlu domain dan hosting serta tampilan dan fungsi website yang menunjang sekaligus menarik

12. Pasarkan Bisnis dan Ukur Hasil Anda

Dengan kehadiran Internet yang menguntungkan, Anda bisa mengiklankan bisnis dengan harga terjangkau dan mengukur laba atas investasi dengan setiap rupiah yang Anda keluarkan.

Dua media paling jelas untuk memulai bisnis adalah dengan Google Adwords dan iklan Facebook. Google juga menawarkan alat gratis luar biasa yaitu Google Analytics yang melacak semua yang terjadi pada situs web Anda.

Jika mensetting dengan benar, Anda dapat mengetahui dengan tepat berapa setiap lead untuk layanan atau penjualan biaya produk Anda per saluran pemasaran.

13. Mulai Berjualan

Tanpa penjualan, maka bisnis Anda tidak akan sukses dan menguntungkan. Jumlah penjualan adalah urat nadi bisnis yang bisa mengukur kesuksesan untuk pemula.

Baik Anda memulai usaha fotokopi, pulsa elektrik, menjual hijab printing, tanaman hidroponik atau bisnis rumahan lainnya, penjualan adalah hal vital.

14. Evaluasi Bisnis Anda

Apakah produk Anda menghadapi masalah logistik? Apakah ada masalah manufaktur dalam memperoleh bahan baku?

Penting untuk memastikan semua masalah produk terpecahkan dalam minggu pertama peluncuran untuk memastikan konsumen tertarik pada merek Anda.

15. Minta Feedback Pelanggan

Pelanggan Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi tentang kinerja produk atau layanan Anda di pasar.

Berikan formulir kepuasan pelanggan dengan produk Anda untuk mengetahui seberapa menariknya bisnis Anda

Memulai bisnis bukanlah petualangan semalam, butuh waktu untuk berkembang dan pada waktunya, Anda pasti akan melihat keuntungan di bisnis meningkat.

Langkah-langkah memulai bisnis di atas sudah berusaha kita berikan dan tuliskan untuk dapat di jadikan referensi. Namun, tetap Anda sesuaikan dengan konteks bisnis Anda masing – masing.

Selamat memulai bisnis, semoga berhasil.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *