Cara Membuat Gmail

14 Likes Comment
cara membuat gmail

Sebelumnya penulis sudah membahas tentang cara memulihkan akun gmail yang terhapus, masih satu bahasan tentang gmail tapi kali ini penulis akan membahas cara membuat gmail.

Electronic Mail atau yang lebih sering kita sebut dengan E-mail adalah salah satu layanan secara online yang dapat mempermudah komunikasi jarak jauh Kamu.

Dengan menggunakan email kita dapat bertukar informasi layaknya menggunakan surat namun lebih cepat dan juga lebih efisien.

Layaknya Kamu berkirim surat melalui pos, menggunakan email Kamu juga harus memiliki alamat yang lengkap dan jelas. Untuk memuat sebuah alamat email tidaklah begitu rumit.

Banyak penyedia layanan e-mail yang bisa Kamu gunakan, dan salah satunya yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah Gmail dan Yahoo Mail.

Manfaat Membuat Gmail

cara membuat gmail
freepik.com

Gmail adalah layanan e-mail dari Google yang bisa Kamu nikmati secara gratis. Meskipun gratis, namun layanan ini memiliki fitur yang sangat lengkap.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan jika menggunakan layanan email dari Gmail:

1. Keamanan yang baik

cara membuat gmail

Gmail punya sistem pemindaian virus dan malware yang sangat baik. Gmail akan memindai semua lampiran file sebelum Kamu mengunduhnya dari server Google.

Dengan begitu komputer Kamu akan aman dari serangan virus yang terdapat dalam sebuah lampiran email. Selain virus dan malware, Gmail juga bisa mengidentifikasi email spam dengan sangat baik.

Apapun email spam yang masuk tidak akan dimasukkan ke dalam inbox, melainkan langsung dipindahkan ke dalam folder spam. Bahkan, beberapa spam yang berbahaya akan dimasukkan langsung ke folder sampah.

2. Integrasi dengan layanan Google

Dengan menggunakan Gmail, maka Kamu akan terhubung dengan berbagai macam layanan Google yang lainnya. Sebut saja YouTube, Google Drive, Flickr, Google+, Google Maps, dan lainnya.

Dengan begitu Kamu tidak perlu lagi mendaftar satu persatu di berbagai situs tersebut karena Kamu bisa melakukan login hanya dengan satu akun saja.

3. Kapasitas penyimpanan gratis 15 GB

cara membuat gmail

Ketika mendaftar Gmail, Kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Dengan kapasitas tersebut dipastikan Kamu tidak akan kehabisan ruang untuk menyimpan email beserta lampirannya.

Pasalnya menurut penelitian, rata-rata pengguna email hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 2 GB saja.

4. Mendukung lampiran hingga 25 MB

Jika Kamu ingin mengirim file besar melalui email, maka Gmail dapat menjadi pilihan yang terbaik. Pasalnya, Gmail memungkinkan Kamu untuk mengirim sebuah email dengan lampiran sebesar 25 MB.

Jika sebuah foto memiliki ukuran sebesar 1 MB, maka dipastikan Kamu dapat mengirim 25 foto secara sekaligus.

5. Mendukung layanan email lain

Jika Kamu memiliki sebuah akun meial yang menggunakan POP3, maka Kamu juga dapat mengaksesnya langsung melalui Gmail.

Dengan begitu Kamu kini tidak perlu menggunakan aplikasi yang terpisah untuk membuka berbagai akun email yang Kamu miliki.

6. Auto categories

Semenjak bulan Juli 2013 Google telah memperkenalkan fitur baru berupa auto categories. Dengan fitur ini semua email yang masuk akan terkategorikan berdasarkan fungsinya masing-masing.

Secara pengaturan normal ada 5 kategori yang disediakan oleh Google yakni ‘Primary’, ‘Social’, ‘Promotions’, ‘Updates’, dan ‘Forums’.

Selain kelima kategori tersebut Kamu juga dapat menambah kategori lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Dengan adanya fitur ini maka email yang masuk akan menjadi rapi dan Kamu tidak akan kebingungan ketika mencarinya.

Akan tetapi selain memiliki berbagai kelebihan tadi, Gmail juga memiliki beberapa kekurangan dengan layanan email yang lainnya.

7. Iklan

cara membuat gmail

Google tampaknya tidak bisa lepas dari iklan, termasuk dalam layanan emailnya ini. Ketika membaca email yang masuk, Kamu akan melihat sebuah iklan yang ditargetkan untuk Kamu.

Namun mengingat Gmail merupakan layanan gratis, maka keberadaan iklan rasanya sulit untuk dihindari.

8. Minim integrasi sosial media

Gmail hanya mengintegrasikan layanannya dengan Google+. Hal ini tentu sangat mengecewakan bagi Kamu yang lebih sering menggunakan Facebook atau sosial media yang lain selain milik Google.

9. Tampilannya kurang menarik

Entah sudah berapa tahun Gmail tidak melakukan perombakan tampilan secara besar-besaran. Saat Gmail merupakan penyedia layanan email dengan tampilan paling membosankan.

Sekarang Google sudah menyediakan layanan Inbox sebagai alternatif dari Gmail.

Cara Membuat Gmail

Nah jika Kamu sudah memutuskan untuk menggunakan layanan email dari Gmail, maka kini saatnya kita berlanjut ke langkah-langkah pembuatannya.

Untuk yang pertama, mari kita mengulas cara membuatnya dengan menggunakan PC atau dari situs desktopnya.

1. Buka Gmail

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah membuka situs Gmail disini. Klik tombol warna biru bertuliskan “Buat Akun” yang terletak pada bawah kotak untuk login.

Selanjutnya Kamu akan dibawa ke halaman untuk mengisi berbagai macam data.

2. Isi data dengan lengkap

Pada halaman selajutnya Kamu mengisi kolom data yang sudah disediakan, seperti nama depan dan nama belakang.

Tentukan juga nama pengguna yang ingin Kamu gunakan. Nama pengguna ini akan menjadi alamat dari email Kamu ke depannya.

Buatlah nama pengguna yang mudah untuk diingat. Jika nama pengguna tersebut sudah ada yang memakainya, maka Kamu harus menggunakan nama yang lainnya.

Gmail juga akan menyarankan beberapa pilihan nama pengguna yang mungkin cocok untuk Kamu gunakan.

Setelah menentukan alamat email, kini Kamu harus membuat kata sandi atau password untuk email tersebut. Buatlah password yang berisi kombinasi dari huruf, angka, dan juga simbol.

Hal ini bertujuan agar password tersebut tidak mudah diketahui atau ditebak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Setelah selesai, silahkan tulis kembali kata sandi tersebut pada kolom konfirmasi.

Langkah selanjutnya adalah mengisi semua kolom data yang tersedia seperti tanggal lahir, jenis kelamin, dan tempat tinggal.

Isilah semua kolom tersebut dengan data yang benar untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Selanjutnya tuliskan juga nomor telepon yang Kamu miliki. Nomor telepon tersebut berfungsi untuk kezmanan gkamu ketika login serta untuk mengembalikan password jika Kamu lupa.

Jika tidak ingin memasukkan nomor telepon, maka Kamu juga dapat memasukkan alamat email yang lain jika memilikinya.

3. Selesaikan proses registrasi

Setelah semua data terisi, sekarang masukkan dua kode CAPTCHA yang tertulis pada gambar. Kode ini berfungsi untuk memastikan bahwa Kamu bukanlah bot.

Jika kode yang ditampilkan sulit untuk dibaca, maka Kamu dapat menggantinya dengan mengklik tombol refresh. Kamu juga dapat mengklik tombol speaker agar kode tersebut komputer bacakan.

Kamu juga dapat melewati proses pengisian kode CAPTCHA ini dengan menceklis opsi “Lewati verifikasi ini”. Opsi tersebut tepat berada pada atas gambar kode CAPTCHA.

Namun jika Kamu menceklisnya, maka Kamu akan diverifikasi oleh pihak Gmail melalui panggilan telepon. Bawahnya ceklis juga pernyataan persetujuan terhadap layanan Google dan berbagai kebijakan privasinya.

Langkanlah waktu Kamu sejenak untuk membaca isi dari kesepakatan tersebut agar tidak ada kesalahpahaman kemudian hari. Jika sudah, silahkan klik tombol “Langkah berikutnya”.

4. Registrasi Google Plus

Karena setiap pemilik akun Gmail akan mendapatkan akun Google Plus, maka Kamu harus melengkapi beberapa data dari media sosial milik Google tersebut.

Silahkan masukan foto dan data lainnya jika ingin langsung melengkapinya. Namun jika Kamu ingin melengkapinya kemudian hari, silahkan langsung klik “Langkah berikutnya”.

Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail”. Kamu kemudian akn dibawa ke kotak masuk dari akun email yang baru saja Kamu buat.

Nah, sekarang proses registrasi telah selesai dan Kamu dapat langsung mengirim atau menerima email dari orang lain.

Akhir Kata

Banyak sekali fungsi dari penggunaan Gmail ini, mulai dari bertukar informasi sampai media social. Kamu juga bisa terhubung dengan aplikasi google lainnya hanya dengan mennggunakan gmail saja.

Hangout, google drive merupakan salah satu contoh aplikasi milik google yang bisa terkoneksi dari akun gmail kamu.

Bahkan gmail merupakan salah satu layanan email yang open source.

Yang artinya layanan yang terbuka untuk kamu download. Buat kamu yang ingin membuka sebuah bisnis ataupun komunitas.

Pastikan kamu sudah mendaftarkan akun gmail kamu terlebih dahulu. Supaya bisnis maupun komunitas kamu sudah punya email yang resmi sesuai dengan nama bisnis kamu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *