Cara Membuat Background Di Word

14 Likes Comment
cara membuat background di word

Bagaimana cara membuat background di Word? Kamu akan tahu jawabannya ada pada pembahasan ini secara lengkap dengan gambar.

Menambahkan Background bisa menggunakan gambar kamu sendiri atau Cuma pemberian warna, jelas memberikan kesan yang menarik untuk sebuah tampilan dokumen pada Ms Word.

Pengaturan aslinya background Ms Word yang hanya berwarna putih polos, jelas tidak enak untuk orang-orang pandang. Dengan kamu menambahkan background sesuai selera pastinya dapat mempercantik lembar kerja pada Word.

Selain itu, Kamu juga bisa membumbui efek watermark atau tanda air dalam sebuah background. Lebih daripada itu untuk efek seperti background yang transparan juga dapat Kamu lakukan.

Manfaat Menambahkan Background di Microsoft Word

cara membuat background di word

Ada beberapa manfaat dari penggunaan background atau layar belakang ini, berikut manfaatnya:

  • Tampilan lembar kerja jadi lebih menarik terlihat dengan adanya penambahan background.
  • Memperjelas maksud atau memberikan suasana yang lebih jelas dari tulisan.
  • Pembuatan background pada Word menjadikan dokumen lebih formal dan resmi.

Jadi tidak ada salahnya kamu menambahkan background pada lembar kerja Ms Word kamu. Langsung saja, berikut langkah-langkah membuat background di Microsoft Word.

Cara Membuat Background di Microsoft Word

Ada beberapa cara buat menambahkan background pada Microsoft Word, mulai dari menggunakan gambar atau foto sendiri sampai memakai warna solid.

1. Membuat Background di Word Menggunakan Gambar Sendiri

Kamu bisa mengganti background pada dokumen Microsoft Word dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Background di Ms Word

1. Buka software Microsoft Word terlebih dalu kemudian pilih Blank document (Halaman Kosong).

2. Lalu, masuk ke tab menu Page Layout klik dropdown menu Watermark pilih Custom Watermark untuk membuka pengaturan tampilan latar belakang Word.

3. Pada menu Printed Watermark, pilih Picture watermark lalu klik tombol Select Picture untuk membuka tempat lokasi penyimpanan gambar.

4. Nanti akan muncul file gambar pada komputer kamu.

cara membuat background di word

5. Pilih gambar mana yang bagus untuk kamu jadikan background pada lembar kerja dokumen tersebut, jika sudah Kamu tekan tombol Insert untuk memasukannya.

6. Pada pop up Printed Watermark, klik tombol OK untuk save.

cara membuat background di word

7. Nah, setelah itu Kamu tunggu sebentar saja selama proses pergantian background tersebut. Adapun hasilnya seperti gambar berikut.

Gambar akan secara otomatis terlihat transparan agar tulisan atau teks mudah orang-orang baca dan tidak menyakitkan mata pembaca.

Untuk cara mengganti background dengan gambar lainnya pada Microsoft Word kurang lebih sama seperti ini.

Baca juga : “Cara Membuat Garis Putus-Putus di Word”

2. Membuat Background Berwarna di Word

Kamu juga dapat menambahkan background warna-warni pada Microsoft Word dengan beberapa step berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Background Berwarna di Word

1. Buka dan jalankan Software Microsoft Word tersebut atau Bisa dengan membuka file yang ada atau ingin membuat dokumen baru juga bisa.

2. Kembali lagi ke tab menu Page Layout, laulu klik dropdown menu Page Color untuk memilih warna untuk background.

cara membuat background di word

3. Penulis kali ini memilih warna biru untuk warna latar belakang pada dokumen Word, hasilnya seperti berikut ini.

4. Jika Kamu ingin mendapatkan efek lainnya Kamu klik saja pada Fill Efects untuk mengatur tampilan latar belakang yang lebih menarik.

5. Pada bagian Fill Effects ini Kamu bisa membuat background texture, pattern, gradient, dan picture. Bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan Kamu ya.

6. Kamu juga bisa membuat background pada Word hanya 1 halaman saja dengan cara tersebut. Jadi background hanya berwarna untuk halaman yang sudah kamu atur tersebut. Kamu tinggal menyesuaikan saja dan pilih mana lembar kerja yang ingin Kamu ubah warnanya. Kamu bisa tekan tombol OK untuk simpan perubahannya.

Baca juga : “Cara Membuat Bingkai Di Word”

3. Cara Membuat Watermark di Word

Nah, buat Kamu yang ingin menambahkan watermark pada lembar kerja dokumen Microsoft Word. Watermark berguna untuk memberikan label pembuat dokumen tersebut semacam untuk melindungi file tersebut dari pembajakan.

Langkah-langkah membuat watermark di word

1. Buka Microsoft Word Kamu untuk lembar kerja baru atau membuka berkas file kamu.

2. Kamu bisa buka tab menu Design, lalu klik dropdown menu Watermark. Pada bagian Confidential pilih style bisa miring (diagonal) atau lurus horizontal juga sudah tersedia.

cara membuat background di word

3. Dalam contoh ini penulis memilih watermark bergaya horizontal menyamping kanan dan kiri. Hasilnya tulisan hak cipta atau DO NOT COPY tepat berada tengah-tengah dokumen Word.

cara membuat background di word

4. Nah, buat Kamu yang ingin merubah watermark Do Not Copy dengan tulisan watermark sendiri pada Word bisa dengan cara berikut ini.

5. Silakan Kamu buka dropdown menu Watermark lalu arahkan kursor ke bawah kemudian pilih Custom Watermark untuk membuka pengaturan penulisan watermark.

6. Nanti akan tampil menu pop up Printed Watermark Kamu pilih Text watermark di bawahnya terdapat serangkaian pengaturan yang bisa Kamu ubah seperti tulisan watermark yang dapat kamu buat sesuai selera.

cara membuat background di word

Dalam contoh ini Penulis memakai brand Web ini yaitu Abduweb.com sebagai watermark atau tanda air pada lembar kerja dokumen Word. Caranya dengan memasukkan tulisan tadi pada bagian Text dalam menu pop up Printed Watermark tersebut.

7. Dalam pengaturan ini Kamu bisa mengubah ukuran font, jenis font, warna, layout tulisan bisa miring atau horizontal sampai dengan mengatur watermark menjadi transparan.

8. Hasilnya bisa Kamu lihat bahwa tulisan watermark itu sudah berubah dan bukan tulisan Do Not Copy lagi seperti default watermark MS Word.

Baca juga : “Cara Membuat Pangkat Pada Word”

Akhir Kata

Nah, Itulah Tutorial cara membuat background di Microsoft Word menggunakan gambar sendiri ditambah dengan pemakaian latar belakang yang berwarna tentu saja dapat membuat tampilan dokumen Ms Word lebih unik.

Selain itu penambahan pengaman watermark atau tanda air pada lembar kerja Microsoft Word tentu saja dapat memberikan rasa aman pada setiap dokumen yang kamu buat khususnya untuk dokumen yang bersifat rahasia atau memiliki hak cipta.

Oh iya, Kamu dapat mempraktikan membuat background pada Word ini pada semua versi Microsoft Word mulai dari tahun 2007, 2010, 2013, 2016, dan 2019 pada komputer atau laptop Kamu.

Semoga Artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu, kalau kamu ingin menambah ilmu baru seputar Ms word atau hal seputar teknologi. Bisa klik Link berikut ini.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *