Cara Melacak Lokasi Seseorang Tanpa Diketahui

12 Likes Comment
cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui

Seiring dengan majunya teknologi, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk bersosial media, chatting, sampai melakukan hal-hal cukup nyeleneh, seperti cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui orangnya.

Hal ini bisa dilakukan kalau ponsel kekinian sudah memiliki fitur GPS, sehingga lokasi terkini bisa dikirim secara real-time dan akurasinya tinggi.

Pelacakan lokasi seseorang dari ponselnya dilakukan karena beberapa hal, salah satunya adalah mengetahui di mana mereka berada atau sengaja memata-matai.

Jika Anda melakukan hal ini untuk tujuan tertentu seperti mengawasi orang agar tidak bahaya, maka silakan dakukan. Namun, kalau tujuan untuk hal negatif, maka Anda harus hati-hati. Berikut cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui.

Baca Juga: Cara Melacak HP yang Hilang

Cara Melacak Lokasi Seseorang Tanpa Diketahui

Ada banyak cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui lewat HP. Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya apakah berhasil atau tidak, simak beberapa cara di bawah ini, lalu praktikkan sampai benar-benar berhasil.

Menggunakan WhatsApp

Cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui lewat WA atau whatsapp bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama secara langsung dengan menggunakan aplikasi dan kedua melalui HLR Lookup. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Langsung Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Sebenarnya, cara ini tidak benar-benar aman, karena mudah sekali diketahui seseorang. Pasalnya, Anda harus meminta seseorang untuk mengirimkan status live dari lokasi ke pesan.

Apabila niat Anda ingin secara diam-diam, keadaan seperti itu tidak memungkinkan. Pasti mereka akan curiga, apalagi lokasi live memiliki durasi waktu yang cukup panjang.

Jika tidak ingin mereka tahu, tentu Anda harus melakukan pengiriman lokasi live secara diam-diam melalui ponselnya. Selama mereka tidak sadar Anda melakukannya, lokasi bisa terus dicek.

Namun, kalau mereka mengetahuinya dan segera mematikan live, Anda akan sulit memantau lagi secara real time. Berikut cara membagikan lokasi dengan fitur live.

  • Buka halaman chat dari seseorang yang akan dipantau lokasinya. Minta mereka mengirimkan lokasi live dengan dalih tertentu. Cara lainnya adalah Anda harus bertemu dulu, agar bisa melakukannya dari ponselnya.
  • Tekan tombol tautan atau ikon paper clip.
  • Pilih Location.
  • Kalau mau mengirim lokasi saat itu dan tidak bergerak, gunakan “Send your current location”.
  • Gunakan “Share Live Location”, jika ingin memantau karena ada perpindahan tempat.
  • Atur durasi live location sesuai kebutuhan.

2. HLR Lookup

Cara kedua bisa dilakukan dengan aplikasi bernama HLR Lookup, yang terintegrasi dengan data WhatsApp yang Anda miliki. Jika Anda ingin mencoba menggunakannya, maka simak beberapa langkah di bawah ini.

  • Unduh aplikasi HLR Lookup dari Play Store. Jika sudah, segera pasang dan jalankan seperti aplikasi biasanya.
  • Jika sudah terbuka, masukkan nomor dari orang yang akan dipantau atau dimata-matai lokasinya. Nomor yang digunakan adalah nomor dari WhatsApp yang digunakan.
  • Selanjutnya akan segera tampil lokasi seseorang sesuai dengan Home Location Register.
  • Selama ada pesan dari orang tersebut, Anda bisa melacaknya.

Perlu digarisbawahi, kalau metode ini tidak benar-benar akurat memberikan data dari seseorang sesuai dengan HLR, terkadang akurasinya cukup jauh.

Namun, setidaknya aplikasi ini bisa digunakan untuk memperkirakan, kira-kira dia berada di daerah mana.

Selain itu, HLR Lookup lebih aman saat digunakan, Anda tidak perlu sampai diam-diam mengirimkan live location agar mengetahui lokasi akurat.

Anda cukup memasukkan nomornya saja sampai akhirnya selesai. Jadi, kemungkinan terjadi konflik karena Anda memata-matai relatif kecil.

Melacak Via Nomor HP

Jika Anda melacak secara diam-diam, maka harus dilakukan dengan cara yang aman. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan nomor HP.

Anda bisa memanfaatkan layanan dari Google Maps, agar tahu posisi paling akurat dan real time. Berikut beberapa langkah yang harus Anda terapkan.

  1. Membuka Google Maps terlebih dahulu, pastikan aplikasinya sudah yang paling baru agar tidak ada masalah.
  2. Selanjutnya, masuk ke Option dan dilanjutkan ke Friend List atau Daftar Teman.
  3. Tambahan nomor dari orang yang ingin Anda lacak, misal ingin melacak keluarga, teman, pacar, anak, atau pasangan.
  4. Nomor HP yang mau dilacak harus menerima undangan dan setuju. Untuk urusan ini, Anda bisa diam-diam melakukannya dan menyetujui hal itu saat memegang ponselnya.
  5. Selanjutnya, target akan muncul di Google Maps dan bisa dilacak di mana saja lokasinya saat itu. Jadi dalam sekali waktu, Anda bisa melacak banyak orang dengan cepat.

Menggunakan Aplikasi Pelacak Lokasi HP

Anda bisa menggunakan aplikasi pelacak lokasi HP untuk mengetahui di mana saja orang yang sedang Anda cari. Unduh aplikasi seperti Phone Tracker by Number di ponsel Android.

Jika Anda ingin terhubung dengan HP orang lain, maka pastikan mereka menyetujui undangan dan juga mengunduh aplikasinya.

Secara umum, aplikasi ini memang tidak bisa kita gunakan untuk acara rahasia atau diam-diam.

Namun, kalau Anda ingin melakukannya secara diam-diam, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang aplikasi pada ponsel seseorang secara diam-diam dan menyembunyikannya. Jadi, saat Anda ingin tahu di mana posisinya, cukup cek melalui aplikasi.

Aplikasi ini sebenarnya banyak digunakan oleh orang tua yang ingin mengawasi keberadaan anaknya. Dengan begitu, orang tua tidak akan khawatir ketika sudah memasangnya dan melihat di mana saja anaknya berada atau bergerak.

Cara Melacak Lokasi Seseorang Tanpa Diketahui Via Email

Jika Anda memiliki masalah kehilangan ponsel Android karena jatuh di jalan atau mungkin dicuri, maka lokasinya bisa dilacak dengan baik.

Hal ini bisa dilakukan, asal Anda sesegera mungkin mengetahui kehilangannya dan melakukan pengecekan menggunakan Email. Ikuti semua urutan langkah di bawah ini dengan saksama.

  1. Masuk ke akun Gmail atau Google yang Anda miliki melalui PC. Rekomendasi untuk menggunakan browser Chrome dari Google.
  2. Pilih ikon titik berjumlah sembilan di pojok kanan atas, bersebelahan dengan avatar atau foto yang Anda miliki.
  3. Buka menu Akun atau Account lalu pilih Aktivitas Saya.
  4. Selanjutnya cari strip tiga di atas, lalu pilih Kontrol Aktivitas.
  5. Dari sana akan terlihat di mana posisi dari ponsel terakhir.

Find My iPhone (iOS)

Jika yang hilang adalah iPhone, maka caranya akan berbeda lagi. Anda bisa melakukan pelacakan dengan mudah melalui fitur Find My iPhone. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Gunakan aplikasi Find My iPhone atau melalui website iCloud.com/find.
  2. Isi semua data yang diminta dan tandai kalau perangkat sedang hilang.
  3. Biasanya, perangkat akan terdeteksi dengan getaran atau akan muncul pesan di bagian layar yang bisa diubah atau meminta orang yang menemukannya menghubungi nomor tertentu.
  4. Melalui layanan ini, Anda juga bisa hapus data otomatis di ponsel agar tidak digunakan orang lain.

Baca Juga: “Aplikasi Pelacak Nomor HP Terbaik

Penutup

Cara melacak lokasi tersebut bisa kamu lakukan, apapun jenis ponsel yang Anda miliki saat ini, baik itu Android atau iPhone. Pelacakan di atas, umumnya akurat meski beberapa metode seperti pelacakan via WhatsApp memiliki kemungkinan gagal tinggi.

Pasalnya, aplikasi ini sering dibuka sehingga seseorang akan merasa curiga. Hal penting lain yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pelacakan tanpa diketahui orang lain adalah mengetahui risikonya.

Jika orang yang diketahui posisinya sampai tahu dan akhirnya marah atau menuntut, maka hal itu akan menjadi masalah yang besar. Namun, selama orang tersebut baik-baik saja, Anda bisa melakukannya dengan hati-hati.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Abdurokhim

Suka menulis dan punya ketertarikan dalam dunia teknologi, bisnis dan desain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *