Cara Download Game Di Laptop

cara download game di laptop

Tidak semua laptop langsung dilengkapi dengan game yang keren, Karena hal inilah banyak juga yang kebingungan bagaimana cara download game di laptop. Maka dalam artikel ini, Abduweb membagikan tips nya secara langsung untuk menambah koleksi game di laptop kamu.

Sebenarnya cara download game di Laptop Windows 7, 8 maupun 10 sangatlah mudah, kamu bisa langsung download lewat aplikasi yang memang sudah tersedia oleh Microsoft.

Atau kamu juga bisa download game lewat situs penyedia game untuk Windwos yang bisa kamu temukan di Internet. Ada banyak sekali situs penyedia game untuk laptop yang bisa kamu gunakan.

Di Google juga ada banyak game menarik yang patut untuk kamu coba. Dengan adanya game, kamu bisa mengilangkan stres dan mengisi waktu luang dengan cara yang menyenangkan.

Hal ini karena game merupakan salah satu media hiburan yang paling menarik dan mudah sekali untuk kamu lakukan.

Hanya dengan bermain game kamu bisa melupakan semua masalah yang ada dan merasa santai saat memainkannya.

Cara Download Game di Laptop PC

Game sangat orang-orang gemari dari semua kalangan usia, baik dari usia anak-anak ataupun hingga usia cukup tua.

Game merupakan salah satu cara merefresh otak karena terlalu banyaknya fikiran dalam sekolah, dunia kerja, ataupun masalah-masalah pada diri kamu.

Akan tetapi kamu jangan lupa bahwa game hanya cara supaya kamu tidak terlalu bosan dalam suatu kegiatan. Dan Bukan berarti kamu terus berlarut-larut dengan game ini kemudian melupakan apa yang menjadi tugas atau kewajiban kamu.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi di Laptop

Kali ini penulis akan memberikan tutorial bagaimana cara download game di laptop ataupun komputer.

Baik yang baru terjun dalam dunia game ataupun yang sudah lama,cara ini akan mudah bila kamu praktikkan. Berikut ini caranya:

1. Windows Store

cara download game di laptop

Cara pertama adalah download game lewat Windows store, Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang sudah Microsoft sediakan untuk penggunaanya.

Kamu bisa download berbagai macam game menarik secara gratis dan ada juga yang berbayar.

Kamu yang perangkatnya Windows 8 dan 10 biasanya softwarenya akan langsung terinstal pada laptop, namun untuk Windows 7 dan pada bawahnya kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu pada situs resmi Microsoft dan menginstallnya.

Perlu kamu ketahui bahwa sebelum kamu download game yang ada pada Windows Store, kamu harus sudah terhubung dengan akun Microsoft kamu, jika belum punya silahkan buat terlebih dahulu.

Jika sudah terhubung, langsung saja ikuti langkah-langkah download game dalam Windows Store berikut ini.

  • Buka aplikasi Windows Store (silahkan cari menggunakan fitur pencarian).
  • Kemudian masuk ke kategori Game.
  • Silahkan pilih game kesukaan kamu yang ingin kamu mainkan.
  • Pilih Install game tersebut.
  • Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai kamu lakukan. Apabila berhasil maka game yang kamu download akan tampil pada menu desktop pada PC kamu.

Apabila saat kamu mau download dan menekan tombol Install kamu nanti kamu akan login pakai akunmu, maka berarti kamu belum menghubungkan akun Microsoft kamu, jadi silahkan hubungkan akun Microsoft kamu terlebih dahulu.

Pernah gak sih kamu sedang main game tiba-tiba ingin meng-screenshot karena mendapat pencapaian yang kamu rasa orang lain juga harus tahu, kalau belum tahu cara screenshot nya bisa baca artikel berikut ini.

2. Steam

cara download game di laptop

ini adalah platform distribusi digital yang bisa kamu gunakan untuk download dan bermain game.

Steam ini mirip seperti Windows Store, namun steam memiliki banyak fitur menarik yang bisa memberikan pengalaman bermain game terbaik kepada kamu.

Dengan menggunakan aplikasi Steam ini kamu juga jadi bisa berkomunikasi dengan para pemain baik itu lewat pesan teks ataupun suara.

Supaya kamu bisa download dan memainkan game yang ada dalam steam store, kamu harus menguduh aplikasi Steam ini terlebih dahulu dalam situs resmi steam.

Jika aplikasi Steam sudah terinstall dengan baik, selanjutnya kamu bisa download aplikasi yang kamu inginkan. Berikut ini adalah langkah-langkah download game dalam platform Steam:

  • Buka aplikasi Steam yang sudah terinstall. Silahkan login menggunakan akun Steam kamu, jika belum punya silahkan buat / daftar terlebih dahulu.
  • Setelah login, silahkan buka menu Store, silahkan pilih menu Games dan pilih Free to Play.
  • Silahkan cari dan pilih game yang ingin kamu mainkan.
  • Kemudian setelah itu silahkan klik menu Play Game.
  • Centang opsi Create dekstop shortcut, kemudian pilih Next.
  • Silahkan tunggu sampai proses download selesai kamu lakukan.

Jika proses download sudah selesai kamu lakukan, game yang kamu unduh akan muncul secara otomatispada Dekstop layar laptop kamu. Sekarang kamu sudah bisa mulai memainkan game tersebut dengan gratis.

3. Cnet

cara download game di laptop

Cnet adalah sebuah situs yang terdapat berbagai jenis aplikasi dan game untuk Android dan Windows yang bisa kamu download. Kamu bisa download dan memainkan game untuk Laptop dengan mudah pada situs tersebut.

Dengan cara yang satu ini kamu bisa langsung mendownload game kesukaan kamu tanpa harus mendownload aplikasi tertentu seperti aplikasi downloader terlebih dahulu.

Cara download pada situs ini juga tidak sulit, berikut adalah langkah-langkah download gamenya :

  • Silahkan buka halaman download game
  • Kemudian silahkan cari dan pilih game yang kamu inginkan.
  • Jika sudah ketemu, silahkan klik DOWNLOAD NOW.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi persetujuan untuk mendownload game tersebut, silahkan kamu pilih opsi simpan berkas dan unduhan akan dimulai.
  • Silahkan kamu tunggu sampai proses download selesai kamu lakukan, setelah itu install game tersebut seperti menginstall aplikasi Windows lainnya. Jika sudah terinstal kamu bisa mulai memainkan game tersebut.

4. Emulator

cara download game di laptop

Apakah kamu ingin memainkan game Android atau Konsol pada Laptop kamu yang sistem operasinya Windows? Jika iya, maka kamu bisa menggunakan emulator untuk melakukannya.

Emulator merupakan sebuah aplikasi yang biasa orang gunakan supaya bisa menjalankan game atau program dari sistem operasi lain agarbisa berjalan pada sistem operasi.

Ada banyak sekali jenis emulator android terbaik yang bisa kamu gunakan pada laptop windows kamu. Berikut ini adalah beberapa emulator yang biasa gamer gunakan pada Windows:

  • BlueStack, merupakan emulator yang bisa kamu gunakan untuk menginstall game dan aplikasi Android. Ada banyak emulator yang memang bisa kamu gunakan, namun bluestack ini adalah salah satu yang paling populer dan banyak penggunanya.
  • PPSPP, adalah emulator yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game-game PSP.
  • PCSX2, adalah emulator yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game konsol PS2 pada Laptop kamu yang menggunakan sistem operasi Windows.
  • ePSXe, adalah emulator yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game konsol PS2 dan PS1 pada Laptop kamu yang menggunakan sistem operasi Windows.

5. Discord Game

techwafer.com

Discord mungkin lebih sering orang-orang kenal sebagai alat komunikasi oleh para gamer saat bermain game, namun ternyata selain sebagai alat komunikasi yang sangat populer, mereka juga menyediakan toko game Windows dimana kamu bisa download aplikasi di sana secara gratis dan berbayar.

Untuk bisa mendownload game yang ada di discord, silahkan kamu download terlebih dahulu aplikasinya dan install seperti biasa.

Jika aplikasi tersebut sudah terpasang, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendownload game yang ada di discord:

  • Buka aplikasi discord yang sudah kamu install sebelumnya.
  • Kemudian pilih menu Store, dan cari game yang ingin kamu mainkan.
  • Setelah itu silahkan pilih Add to Library.
  • Dalam menu Libarary, silahkan pilih Install pad agame yang telah kamu tambahkan sebelumnya.
  • Silahkan tunggu sampai proses installasi selesai, apabila sudah selesai kamu bisa langsung memainkannya dengan cara klik menu Play.

6. GOG

Aplikasi ini merupakan platform yang orang-orang gunakan untuk mendownload berbagai jenis game. Kamu bisa mendownload game gratis dan game berbayar lewat aplikasi GOG.

Untuk bisa download gamenya, kamu harus mendownload dan install aplikasi GOG Galaxy terlebih dahulu.

Pastikan aplikasi GOG tersebut sudah terinstal dengan baik pada Laptop Windows kamu. Berikut adalah langkah-langkah download game windows pada aplikasi GOG Galaxy:

  • Setelah aplikasi GOG Galaxy terinstal, silahkan buka aplikasi tersebut.
  • Silahkan masuk ke menu Store.
  • Pada menu tersebut, silahkan kamu cari game yang ingin kamu download dan mainkan.
  • Setelah game yang kamu inginkan ketemu, silahkan pilih DOWNLOAD AND INSTALL NOW.
  • Silahkan tunggu sampai proses download selesai dan game sudah berhasil terpasang.
  • Setelah terpasang kamu sudah bisa memainkan game tersebut.

7. Situs Resmi Game

cara download game di laptop

Sebagian pengembang game besar biasanya memiliki situs web khusus untuk memberi tahukan pembaruan terbaru ataupun tempat untuk download game tersebut.

Untuk mencari situs resmi dari game, caranya kamu tinggal mengetikkan judul game yang ingin kamu download dalam kolom pencarian google.

Setelah itu akan muncul game situs resmi game tersebut, biasanya ada pada bagian paling atas.

Game yang dibagikan dalam situs resmi game biasnaya berbentuk atau memiliki format .exe yang bisa langsung kamu instal di pc laptop kamu.

Format ini sama seperti saat kamu download game di Cnet, yang membedakan adalah Cnet ini buka situs resmi pengembang game, mereka hanya membagikan file mentahan game itu saja.

8. Epic Games Store

cara download game di laptop

Untuk mendownload kumpulan game gratis dengan kualitas yang sangat bagus. Kalian bisa mencoba situs yang satu ini yaitu epic games store. Ada ribuan game yang tersedia, mulai dari gratis hingga jutaan rupiah.

Berikut cara downloadnya:

  • Download dan install aplikasi epic games.
  • Lalu daftar akun bisa memakai email, login media sosial.
  • Jika sudah klik link yang sudah penulis cantumkan dan maka akan muncul daftar game gratis.
  • Klik gamenya dan klik get.

Penutup

Nah, itulah tadi 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk download game di laptop. Selain untuk laptop, cara ini juga bisa kamu aplikasikan untuk PC yang masih menggunakan Windows 7,8 maupun 10 sebagai sistem operasinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat bermain.

Aldo Faisal Umam
I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.