Cara Bisnis Online Di Facebook

12 Likes Comment
Cara Bisnis Online Di Facebook

Cara bisnis online di media sosial itu bagaimana? Terutama di facebook dan memakai akun pribadi. Untuk lebih jelasnya lagi simak penjelasan dibawah ini.

Banyak orang yang menggunakan profil Facebook pribadi mereka untuk berjualan.

Memang cara jualan online di Facebook menggunakan akun pribadi masih jadi pilihan banyak orang.

Profil pribadi sebenarnya hanya untuk bersosialisasi dengan di Facebook.

Batas pertemanan pun yang bisa ditambahkan pun hanya mentok 5.000 teman saja.

Suka atau tidak, kamu pasti menemukan orang-orang yang berjualan dengan profil Facebook pribadi mereka.

Biasanya yang melakukan ini kebanyakan ibu rumah tangga yang mau cari penghasilan sampingan dan baru saja menikah.

Padahal Facebook sendiri sudah memberikan fitur Facebook Page untuk berjualan tanpa harus menggunakan profil yang sifatnya lebih privat.

Nah Jika kamu berniat berjualan di Facebook, ada beberapa tips dan cara jualan online di Facebook untuk pemula yang bisa digunakan tanpa harus membuat kesal orang lain.

Cara Bisnis Online di Facebook Secara Gratis

Berikut dibawah ini akan saya berikan cara melakukan bisnis online di facebook, simak baik-baik ya supaya tidak salah paham.

1. Perbanyak Teman Yang Tertarget

cara bisnis online di facebook

Jika kamu ingin menjadikan bisnis online di facebook sebagai salah satu ide bisnis jangka panjang.

Maka kamu harus terlebih dahulu menambah jumlah teman tertarget di profil facebook kamu.

Facebook memang membatasi jumlah pertemanan hingga mencapai jumlah 5000 orang per akun.

Namun kamu bisa menggunakan fitur follow dan membuat postingan kamu menjadi publik, hingga bisa tetap diakses orang lain walaupun tidak merupakan salah satu dai list pertemanan facebook kamu.

Semakin banyak teman dan followers yang kamu miliki maka akan semakin banyak yang bisa melihat postingan tentang jasa dan produk bisnis online yang kamu promosikan tersebut.

2. Sering Update Status

Ya, kamu memang di tuntut untuk lebih sering dan rajin mengupdate status yang berkaitan dengan promosi barang maupun jasa bisnis online yang sedang kamu geluti tersebut.

Kamu memiliki target di mana semua orang atau teman-teman di facebook dapat mengetahui dan berminat dalam menggunakan maupun membeli produk dan jasa yang kamu tawarkan bukan?

Maka lebih seringlah dalam mengupdate status kamu tersebut. Oang orang akan lebih tau dan tertarik jika kamu lebih kreatif dalam mengupdate status kamu.

Tidak perlu meng copy-paste status yang sama setiap menitnya, ini malah dianggap spam dan orang-orang akan mulai berhenti mengikuti kamu loh!

Tapi pintar-pintarlah memilih waktu yang tepat dalam melakukan promosi.

ARTIKEL TERKAIT : “Cara Jualan Yang laris di Instagram”

3. Promosi Di Grup Yang Relevan Dengan Produk Kamu

cara bisnis online di facebook

Melalui sistem pencarian, maka kamu bisa melakukan pencarian bebarapa grup yang memiliki member aktif yang tentunya sehubungan dengan jenis dan tema dari bisnis online yang sedang kamu tawarkan.

Ada 2 langkah yang saya sarankan dalam melakukan pengoptimalan grup ini, yaitu dengan mencoba memposting jasa maupun produk bisnis online kamu secara berkala kedalam group dan lihat bagaimana responnya.

Cara kedua adalah dengan mencari lapak serupa yang di posting kedalam grup dan lihat yang mengomentari maupun memberikan like.

Kemudian tambahkan jadi teman, karena itu merupakan calon pembeli yang potensial.

4. Buat FansPage

Melakukan pembuatan fanspage juga bisa kamu pertimbangkan untuk cara bisnis online di facebook.

Ada banyak jasa yang menwarkan jual beli like untuk sebuah facebook fanspage untuk menaikan ranting fanspage kamu.

Namun, masih ada beberapa cara lain seperti mengundang teman-teman facebook kamu untuk membantu memberikan like fanspage kamu tersebut.

Jangan lupa untuk melakukan pengelolaan yang baik, jawablah semua pertanyaan dengan fast respon dan sopan.

Orang-orang lebih suka menggunakan jasa sebuah bisnis yang pelayanannya baik dan fast respon.

5. Tingkatkan Edge Rank

Bisnis yang berpotensial adalah yang banyak mendapatkan pelanggan dan orang minati.

Sedangkan jika kamu menggunakan facebook sebagai wadah berbisnis online, maka setidaknya kamu harus menaikan edgerank profil facebook kamu terlebih dahulu. Postingan kamu akan ada di newsfeed atau beranda sebagian besar teman-teman facebook kamu walaupun telah lama di posting atau bukan status baru. Cara untuk menaikan edgerank adalah :

  • Konsisten memposting status hingga sebagian teman akan sadar dan mengetahui tentang profil facebook kamu, banyaknya kunjungan ke profil akan otomatis menaikan level edgerank.
  • Setakan link maupun foto dan video di setiap postingan kamu. Daripada kamu hanya memposting status bisnis online yang hanya berupa tulisan, lebih baik kamu menyertakan video, gambar maupun lin terkait, tentunya ini akan menambah minat dari para pembaca untuk mengetahui lebih lanjut isi dari postingan kamu.
  • usahakan postingan kamu menarik hingga mendapatkan banyak komen, like bahkan share. Setiap ada yang menglike maupun mengomen dan menshare status yang telah kamu buat beberapa waktu yang lalu, maka akan tetap muncul di “beranda” facebook teman kamu.

6. Cara Bisnis Online di Facebook Dengan Spam Like

Walaupun mungkin “menggangu” untuk sebagian orang namun ini diperlukan dalam melakukan cara bisnis online di facebook.

Kamu tentunya mebutuhkan banyak like agar postingan kamu tetap berada di halaman utama beranda facebook teman-teman facebook kamu.

Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan like, ada banyak fasilitas gratisan yang menawarkan fasilitas boom like, namun kamu juga harus berhati-hati terhadap pencuian data akun atau bahkan terkena hack.

7. Strategi Penjualan

Jika kamu mampu dan ahli dalam melakukan promosi maka kamu akan mampu juga menarik minat para calon pembeli.

Berikan beberapa buti real dari servis, jasa maupun produk bisnis yang kamu tawarkan.

Misalnya foto-foto barang asli, memberikan testimoni pelanggan sebelumnya dan memberikan promo atau diskon.  

8. Manfaatkan Marketplace

cara bisnis online di facebook

Fitur ini dari Facebook yang khusus untuk para penggunya menjual barang dagangannya. Biasanya ada yang menjual produk baru hingga produk second/cuci gudang.

Mirip-mirip cara listing produk di OLX sih. Kelebihannya orang yang tertarik dengan produk kamu bisa langsung terhubung ke Facebook Messenger untuk bernegosiasi.

Saya pernah melakukan ini namun menurut saya tidak efektif. Kebanyakan yang menghubungi meminta sistem COD untuk pembayarannya.

Jadi kalau kamu mau lancar berjualan di Facebook Marketplace ya gunakan saja fitur COD di JNE atau kurir lainnya. Syukur-syukur kalau orangnya mau transfer langsung.

Akhir Kata

Menggunakan akun Facebook pribadi untuk berjualan ada kelebihan dan kekurangannya.

Kamu perlu pintar-pintar mengatur strategi agar tidak dianggap sebagai orang yang menggunakan Facebook untuk berjualan saja.

Menghargai orang lain dengan tetap bersosialisasi dengan tema-teman kamu juga harus dilakukan untuk menjaga relasi.

Demikianlah, beberapa cara jualan online di Facebook dan beberapa tips tambahan diatas bisa dilakukan supaya kamu bisa menemukan orang yang tepat yang benar-benar cocok untuk menjadi customer kamu. Selamat mencoba.

Kalau kamu suka artikel seputar bisnis, bisa klik link berikut ini ya.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Aldo Faisal Umam

I like a teacher who gives you something to take home to think about besides homework.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *