Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Pilihan Terbaik

15 Likes 1 Comment
aplikasi belajar bahasa inggris

Pada era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini, bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan di kalangan masyarakat. Bahkan hampir ada di setiap kesempatan seperti bekerja, berselancar di dunia maya, bermain game, hingga bepergian ke luar negeri. Biaya tes mahal? Tenang, masih ada beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris yang recommended di bawah ini.

Sejalan dengan hal diatas, kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya ponsel. Hampir semua kalangan, menggunakan ponsel untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Sama halnya dengan anda yang ingin belajar bahasa Inggris, Berikut ini aplikasi belajar bahsa inggris yang bisa anda gunakan.

Sebelum saya berikan daftar aplikasi untuk belajar bahasa inggris, bagi yang suka bahasa jepang bisa pakai apikasi belajar bahasa jepang yang dibahas diartikel lainnya.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk mengikuti kursus. Hal itu karena sekarang banyak yang sudah menyediakan aplikasi belajar bahasa Inggris gratis yang bisa di download pada Android atau iPhone.

Melalui beberapa aplikasi ini, Anda bisa belajar dari nol hingga mahir karena sudah disediakan beberapa materi yang diperlukan. Ingin tahu? Ini dia beberapa Aplikasi belajar bahasa Inggris offline atau online yang perlu diketahui :

1. Duolingo

aplikasi belajar bahasa inggris

Pertama adalah aplikasi Duolingo. Duolingo merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris paling mainstream. Sudah sewajarnya kalau Duolingo disebut mainstream, karena hampir semua pembelajar bahasa Inggris di dunia sangat menyukai aplikasi satu ini.

Saat anda menggunakan aplikasi Duolingo, anda seperti memiliki teman online yang selalu mengingatkan untuk belajar. Anda bisa mengatur sendiri berapa kali sehari anda akan membuka aplikasi dan belajar bahasa inggris.

Jika anda tidak membukanya di jam yang yang sudah anda atur, Duolingo akan memasang alarm dan mengingatkan anda untuk buka aplikasinya. Aplikasi ini termasuk yang terbaik karena sudah di download 100 juta kali.

Selain fitur canggih yang sudah dijelaskan diatas, yang membuat Duolingo keren dibanding aplikasi lainnya adalah fitur belajarnya yang sangat eye-catching. Sehingga memudahkan anda untuk memahami pelajaran bahasa Inggris saat menggunakan aplikasi Duolingo.

Nama AplikasiDuolingo: Learn Languages Free
DeveloperDuolingo
Total Download100,000,000+
Rating Ulasan4,7
Versi TerkiniVaries with device
KapasitasVaries with device
Link DownloadKlik Download

2. Hello English

aplikasi belajar bahasa inggris

Merupakan aplikasi paling populer untuk pemula di tahun ini. Aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi untuk belajar bahasa Inggris terpopuler.

Aplikasi yang dibuat oleh Culture Alley ini sudah menarik perhatian masyarakat Indonesia. Terdapat lebih dari 500 pembelajaran interaktif. Nikmati kemudahan dalam mempraktikkan bahasa Inggris.

Aplikasi Hello English memiliki fitur belajar yang sangat lengkap, mulai dari reading, writing, listening, hingga speaking. Di dalam fitur hello english, ada pula kamus dengan 10 ribu kosakata yang bisa anda gunakan.

Nama AplikasiHello English: Learn English
DeveloperCulture Alley
Total Download10,000,000+
Rating Ulasan4,6
Versi TerkiniVaries with device
KapasitasVaries with device
Link DownloadKlik Download

3. Speak English Fluently

Sama hal dengan namanya, aplikasi ini akan membantu anda untuk fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Dalam aplikasi ini, ada banyak bacaan dan percakapan yang dapat anda praktikkan. Tidak itu saja, setiap harinya topik pelajaran akan terus berganti sehingga anda akan selalu bisa mempelajari hal baru.

Selain banyaknya bacaan dan percakapan untuk dipraktikkan, anda juga bisa praktik listening lhoo. Nantinya anda akan diminta untuk melakukan percakapan dengan robot yang ada di dalam aplikasi.

Aplikasi ini menggunakan aksen Amerika, jadi untuk anda yang ingin mempelajari aksen tersebut aplikasi ini cocok sekali. Sayangnya aplikasi ini tidak menyediakan aksen British atau Australian.

Nama AplikasiSpeak English Fluently
DeveloperMiracle Funbox
Total Download1,000,000+
Rating Ulasan4,4
Versi Terkini5.25
Kapasitas16Mb
Link DownloadKlik Download

4. English Speaking Practice

aplikasi belajar bahasa inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris dasar selanjutnya adalah English Speaking Practice. Nah, kalau aplikasi sebelumnya hanya mampu mengajarkan aksen American, aplikasi satu ini bisa mengajarkanmu aksen-aksen lainnya seperti British atau Australian.

Kurangnya aplikasi English Speaking Practice yaitu hanya menyediakan opsi belajar percakapan bahasa Inggris sehari-hari saja.

Meski begitu, English Speaking Practice sangat cocok untuk anda yang ingin mengasah kemampuan berbicara sehari-hari. Di dalamnya juga materi Business Speaking untuk anda yang ingin bekerja di luar negeri.

Intinya, menggunakan aplikasi ini akan membantu untuk meningkatkan kemampuan interaksi anda dengan sangat baik.

Nama AplikasiEnglish Speaking Practice
DeveloperTalk English
Total Download5,000,000+
Rating Ulasan4,5
Versi Terkini1.1.6
Kapasitas62Mb
Link DownloadKlik Download

5. English Listening and Speaking

aplikasi belajar bahasa inggris

English Listening and Speaking adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang saat ini sedang ramai digunakan. Aplikasi satu ini tidak menuntut anda untuk selalu online, berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang lain.

Di aplikasi ini anda dibebaskan untuk memilih model belajar yang anda sukai. Entah belajar bahasa Inggris online maupun offline. Selain itu, ada banyak conversation yang bisa anda praktikkan dalam aplikasi tersebut. Mulai dari daily conversation sampai percakapan Business level.

Nama AplikasiEnglish Listening and Speaking
DeveloperMiracle FunBox
Total Download1,000,000+
Rating Ulasan4,5
Versi Terkini9.40
Kapasitas16Mb
Link DownloadKlik Download

6. Bussu

aplikasi belajar bahasa inggris

Bussu adalah aplikasi berbasis media sosial yang akan membantu anda belajar bahasa Inggris melalui bantuan manusia asli bukan robot. Jadi saat menggunakan Bussu, anda akan dihubungkan dengan para native speakers yang menggunakan Bussu.

Anda bebas membahas apa saja dengan native speakers, mulai dari belajar grammar sampai tes TOEFL. Selain itu, setelah anda merasa mahir anda juga bisa langsung mengikuti tes bahasa Inggris melalui Bussu. Ada berbagai level tes yang bisa anda ikuti, mulai dari basic sampai advanced.

Kalau anda ingin menikmati fitur lengkap dari Bussu, anda harus memiliki versi premium dari aplikasi ini. Akan tetapi kalau anda hanya ingin praktik bahasa Inggris saja, anda bisa menggunakan versi gratisnya.

Nama AplikasiBusuu – belajar bahasa inggris
DeveloperBusuu
Total Download10.000.000+
Rating Ulasan4,4
Versi Terkini19.0.0.438
Kapasitas29Mb
Link DownloadKlik Download

7. English Conversation Practice

aplikasi belajar bahasa inggris

Aplikasi satu ini akan membantu anda untuk mempelajari seluruh percakapan yang umum terjadi dalam bahasa Inggris. Selain itu yang membuat aplikasi ini berbeda dari lainnya adalah anda diberi kesempatan untuk merekam hasil conversation anda. Jadi anda dapat evaluasi sendiri bagaimana pronunciation saat berbicara.

English Conversation Practice juga memiliki fitur yang keren, yaitu fitur kuis. Jadi bukan hanya praktik speaking dan listening, kemampuan teoretis anda juga akan diuji di sini. Aplikasi ini juga bisa merekam progres belajar anda dari hari ke hari. Jadi anda bisa langsung tahu sejauh mana anda sudah belajar melalui aplikasi ini.

Nama AplikasiEnglish Conversation Practice
DeveloperTalkEnglish
Total Download5.000.000+
Rating Ulasan4,6
Versi TerkiniBervariasi
KapasitasBervariasi
Link DownloadKlik Download

8. Beelinguapp

aplikasi belajar bahasa inggris

Saat menggunakan aplikasi Beelinguapp, anda dapat memilih dua opsi belajar, yaitu opsi speaking atau listening. Jika anda ingin menggunakan opsi speaking, maka aplikasi ini akan meminta anda untuk membaca. Saat anda salah, anda bisa mengaktifkan fitur listening dan membiarkan aplikasi ini membaca sendiri.

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi serupa lainnya, Beelinguapp tidak menggunakan robot lho! Jadi saat anda mendengar bacaan dari aplikasi ini, bacaan tersebut asli berasal dari native speakers.

Nama AplikasiBeelinguapp
DeveloperBeelinguapp Language
Total Download1.000.000+
Rating Ulasan4,6
Versi Terkini2.441
Kapasitas14Mb
Link DownloadKlik Download

9. Babbel

Babbel adalah aplikasi yang sedikit mirip dengan Duolingo, hanya saja Babbel cenderung fokus pada vocabulary dan conversation. Meski demikian kualitasnya hampir mirip, jadi silakan pilih aplikasi mana yang paling cocok untuk anda.

Bisa dibilang ini adalah aplikasi yang ramah untuk anak. Mengapa demikian? Karena menyediakan level sesuai dengan kemampuan. Jadi jika Anda sudah sampai pada level intermediate, tidak perlu lagi belajar dari dasar. Hampir sama dengan Duolingo. Anda bisa memilih salah satu yang terbaik.

Sama seperti beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris, Babbel menyediakan pembelajaran sesuai dengan level kemampuan penggunanya. Jadi jika kemampuan bahasa Inggris anda sudah mencapai intermediate, anda tidak perlu belajar dari basic lagi.

Dengan semua materi excellent yang ditawarkan Babbel, developernya menjadikan Babbel sebagai aplikasi berbayar. Meski demikian, harganya dijamin sesuai kok dengan ilmu yang akan anda dapatkan.

Nama AplikasiBabbel
DeveloperBabbel
Total Download10.000.000+
Rating Ulasan4,5
Versi Terkini20.53.1
Kapasitas102Mb
Link DownloadKlik Download

10. FluentU

aplikasi belajar bahasa inggris

FluentU benar-benar akan membantu anda saat ingin mempelajari bahasa Inggris dengan serius. Di dalamnya, ada berbagai materi dengan berbagai format yang dapat anda nikmati.

Suka membaca? Anda bisa memilih materi berbentuk teks. Lebih suka visual? Tonton saja video-video pembelajaran yang disediakan.

Di samping itu, video-video yang disediakan FluentU tidak akan membuat bosan kok, karena durasinya hanya dua menit. Benar-benar aplikasi belajar bahasa Inggris yang keren.

Akan tetapi untuk menggunakannya secara berkelanjutan, anda harus membayar sebesar 30 dollar /bulannya.

Nama AplikasiFluentU: Learn Languages with videos
DeveloperFluentU
Total Download100.000+
Rating Ulasan3,9
Versi Terkini1.5.0(0.6.9)
Kapasitas63Mb
Link DownloadKlik Download

11. BBC Learning English

aplikasi belajar bahasa inggris

Aplikasi untuk PC, IOS, maupun Android ini dibuat oleh salah satu media internasional yang sangat terkenal, yaitu BBC. Di dalamnya, anda akan menemukan berbagai topik dan bacaan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda.

Selain itu, anda juga dapat menemukan rangkuman materi bahasa Inggris dari level basic sampai advanced di aplikasi ini. BBC Learning English menyediakan silabus materi untuk dibaca tiap harinya.

Kelemahan yang dimiliki BBC Learning English adalah kurang support pada pembelajar bahasa Inggris level beginner. Meski begitu, untuk anda yang sudah intermediate, aplikasi satu ini benar-benar direkomendasikan.

Nama AplikasiBBC Learning English
DeveloperMedia Applications Technologies for the BBC
Total Download1.000.000+
Rating Ulasan4,3
Versi Terkini1.3.0
Kapasitas6,9Mb
Link DownloadKlik Download

12. Memrise

aplikasi belajar bahasa inggris

Ingin pembelajaran bahasa Inggris yang lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan gaya belajar anda? Aplikasi Memrise bisa jadi pilihan. Di sini, anda dapat memilih sendiri mau belajar pada guru online siapa, dan ingin mempelajari materi apa.

Perlu anda ketahui, Memrise tidak menyediakan materinya sendiri. Para native speakers pengguna Memrise-lah yang menyediakannya untuk anda. Tidak usah khawatir, jika anda menggunakan versi gratis, anda tidak akan dimintai biaya apa-apa. Memrise-lah yang akan membayar para guru untuk anda.

To tell the truth, aplikasi ini cocok banget untuk anda yang ingin belajar bahasa Inggris tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Di dalam aplikasi, anda bisa memilih guru seperti apa yang ingin anda dapatkan. Bahkan anda bisa memilih guru dari Indonesia kalau anda mau.

Aplikasi ini pernah mendapatkan Google Play Award 2017 sebagai aplikasi terbaik loh. Hampir sama seperti Duolingo yang menawarkan bahasa Inggris dan berbagai bahasa asing lainnya secara lengkap.

Nama AplikasiMemrise
DeveloperMemrise
Total Download10.000.000+
Rating Ulasan4,6
Versi Terkini2.94_21365_memrise
Kapasitas20Mb
Link DownloadKlik Download

13. Lingbe

aplikasi belajar bahasa inggris

Lingbe merupakan salah satu dari sedikit aplikasi yang menyediakan fitur belajar online langsung dengan native speaker. Dengan menggunakan Lingbe, anda bisa belajar bahasa Inggris langsung dengan native speakers dari luar negeri.

Dan yang membuat aplikasi Lingbe sangat direkomendasikan adalah layanannya yang free of charge, alias Free. Anda dapat belajar langsung dengan para native tanpa harus memberikan bayaran apa pun ke mereka.

Selain itu, anda juga bisa menawarkan diri menjadi guru bahasa Inggris melalui aplikasi ini. Dan mendapatkan koin dari Lingbe untuk setiap pengguna yang memakai jasa anda.

Nama AplikasiLingbe: Praktek bahasa gratis
DeveloperLingbe
Total Download500.000+
Rating Ulasan4,7
Versi Terkini2.4.7
Kapasitas57Mb
Link DownloadKlik Download

14. Rosetta Stone

aplikasi belajar bahasa inggris

Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang tidak bisa bahasa Inggris tapi suka traveling. Sebab aplikasi Rosetta Stone menyediakan berbagai percakapan yang biasa digunakan saat baru bertemu native speakers.

Selain itu, Rosetta Stone juga memfasilitasi jika anda ingin belajar langsung dengan tutor. Dan saat anda praktik berbicara dalam bahasa Inggris, aplikasi ini bisa mengoreksi anda jika terjadi kesalahan pronunciation.

Nama AplikasiRosetta Stone: Learn Languages
DeveloperRosetta Stone Ltd
Total Download10.000.000+
Rating Ulasan4,6
Versi Terkini6.5.2
Kapasitas115Mb
Link DownloadKlik Download

15. Vocabularty Builder-Test Prep

aplikasi belajar bahasa inggris

Apabila  mencari aplikasi yang bisa memperkaya kosakata Anda, test prep sangat direkomendasikan. Aplikasi ini juga menjadi pilihan yang tepat karana kata yang sering muncul berpatokan pada Graduate Record Examination atau GRE. Yaitu tes agar bisa masuk sekolah di Amerika Serikat.

Lebih dari 1200 kata yang sudah dipilih dan diseleksi dengan ketat oleh Expert Tutor. Tapi apabila Anda masih berada di level basic, lebih baik jangan belajar ini dulu ya. Jika sudah pada level intermediate ke atas baru bisa. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitannya berada di atas TOEFL.

Nama AplikasiVocabulary Builder – Test Pre
Developermagoosh
Total Download5.000.000+
Rating Ulasan4,7
Versi Terkini3.3.0
Kapasitas23Mb
Link DownloadKlik Download

16. Learn English Daily

aplikasi belajar bahasa inggris

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwasanya bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat dibutuhkan dalam setiap elemen kehidupan. Kelebihannya Anda bisa berkomunikasi dengan berbagai orang di seluruh belahan dunia. Salah satu aplikasi yang recommended adalah Learn English Daily.

Kemampuan berbahasa Inggris Anda akan dilatih dengan cara mengerjakan soal-soal latihan yang terbarukan setiap harinya. Terdapat grammar dan conversationnya juga. Langsung saja buka Play Store dan install aplikasinya.

Nama AplikasiLearn English Daily
DeveloperKhanh Le
Total Download1.000.000+
Rating Ulasan4,4
Versi Terkini9.3
Kapasitas52Mb
Link DownloadKlik Download

17. Learn English Grammar Quickly

aplikasi belajar bahasa inggris

Tidak hanya menawarkan kemudahan saja tetapi juga kecepatan bagaimana agar sang pengguna mampu belajar bahasa Inggris dengan lebih efektif. Ada dua hal yang ditekankan yaitu grammar dan speaking. Anda juga akan dihadapkan dengan soal layaknya kuis. Bagaimana sudah siap untuk mahir berbicara dan menguasai bahasa Inggris?

Nama AplikasiLearn English Grammar Quickly
DeveloperMonkeys
Total Download100.000+
Rating Ulasan4,6
Versi Terkini3.8
Kapasitas4,2Mb
Link DownloadKlik Download

18. Hello Talk

aplikasi belajar bahasa jepang dan inggris

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang paling populer. Karena tidak hanya membuat Anda mahir berbahasa Inggris, tetapi juga lainnya. Ada 100 bahasa yang bisa Anda pelajari dengan tutor yang profesional.

Caranya sangat unik, Anda akan dibawa masuk ke dalam pertukaran bahasa. Anda akan diminta untuk menulis teks sebanyak 500 karakter dan berbicara selama 5 menit. Ratingnya cukup bagus, yaitu 4.3.

Nama AplikasiHelloTalk
DeveloperHelloTalk Learn Language App
Total Download10.000.000+
Rating Ulasan4,3
Versi Terkini3.8.0
Kapasitas77Mb
Link DownloadKlik Download

Itulah 15 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Pilihan Terbaik 2020 yang bisa anda pakai untuk meningkatkan skill bahasa inggris anda! Anda juga bisa menginstall aplikasi tersebut di laptop, baik Windows maupun Mac.

Apabila ingin leluasa dalam belajar. Bagaimanapun juga masing-masing jelas mempunyai kekurangan. Pilihlah yang paling cocok menurut Anda ya, jangan sampai salah.

Baca Juga:

Tentang Penulis: Aldofuu

Jika kamu bukan anak dari seorang raja, pejabat ataupun ulama. Maka jadilah penulis.

1 Comment

  1. Belajar bahasa Inggris dengab Native Speaker memiliki banyak keuntungan terutama dalam hal Listening dan Speaking Skills. Dan ini akan berbeda jika skills ini diajarkan oleh guru lokal bhs Inggris yang mempunyai kemampuan dalm 2 skills tersebut yang jauh berbeda dibawah native speaker. Terutama dalam pronunciation. Sehingga sang pelajar akan menemukan kesulitan saat bertemu native speaker. Semakin sering berlatih dengan native speaker akan semakin meningkatkan 2 skills tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *